Perbandingan tingkat kesuksesan jualan secara online dan konvensional

Perbandingan tingkat kesuksesan jualan secara online dan jualan secara konvensional untuk produk yang sama mungkin bisa digambarkan dengan berita dari Koran berikut ini.

Prestasi tim merah putih di ajang Piala AFF menular ke toko online yang menjual pernak-pernik tim nasional yang dilatih Alfred Riedl. Penjualan mereka selama bulan ini melonjak hingga 30 persen ketimbang bulan lalu. Selain kaos tim nasional bergambar burung garuda di dada, pembeli juga banyak memesan jaket, syal, sarung tangan, dan sepatu bola

Mengapa penjualan secara konvensional lebih sukses dari pada secara online.


Penjualan di toko online semacam KaosBola.com dan Munyie.com mengalami peningkatan cukup besar. Tetapi, dibandingkan dengan pedagang kaos dadakan di seputaran Stadion Gelora Bung Karno, penjualan mereka terbilang masih kalah banyak. (kompas.com, 31-12-2010)

Perbandingan tingkat kesuksesan sebuah usaha toko online dengan pedagang kaos dadakan tersebut, disamping karena perbandingan jumlah pengunjung yang melihat produk yang dijajakan sang penjual kaos dadakan dan jumlah pengunjung yang mengunjungi website toko online, adalah juga menggambarkan bagaimana pola berbelanja masyarakat Indonesia kebanyakan.

Dalam memilih suatu produk biasanya pembeli melakukan hal-hal mendasar ini yaitu: melihat, menyentuh, memperkirakan, harga. Melihat seberapa menarik dan indah tampilan sebuah produk. Menyentuh seberapa haluskah dirasakan bila sang produk bersentuhan dengan kulit, lalu menerkah seberapa kuat atau berapa lama sebuah produk tetap pada keadaan semula hingga nampak usang, dan terakhir berapa harga produk.

Mayoritas pembeli tetap saja merasa puas bila bisa menyentuh secara pisik barang yang mau dibeli dan itu adalah wilayahnya toko offline. Sedangkan di toko online pembeli hanya bisa menerka kwalitas suatu produk hanya dengan melihat gambar yang dipajang di sebuah website, dalam hal ini aspek menyentuh terabaikan.

Sebelum memutuskan membeli suatu produk pakaian, konsumen pasti ingin melihat model produk dengan jelas, bagaimana cara pakaian dijahit, apa bahan dasar yang digunakan, seberapa tebal dasar yang digunakan, bagaimana bentuk susunan benang membentuk selembar dasar,dll. Kalau gambar yang ditampilkan berkwalitas rendah sehingga detail gambar produk menjadi tidak nampak, tentu tidak bisa memberikan penjelasan yang maksimal tentang produk yang ditawarkan. .

Pengunjung yang kritis tidak akan dapat diyakinkan dengan kalimat manis yang kita tulis. Karena pengunjung toko online hanya bisa melihat produk yang kita tawarkan tanpa bisa menyentuhnya, meyakinkan pengunjung tentang bagusnya sebuah kwalitas produk yang dijual di toko online menjadi usaha yang sangat sulit, salah satu cara yang sangat penting adalah menampilkan gambar dengan detail yang sangat jelas.


SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng