Bagaimana menghindari kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pebisnis pemula.

Memulai usaha sendiri adalah langkah tepat untuk mengembangkan diri dalam dunia bisnis dan mendapatkan pengalaman baru yang menantang. Selain tentu saja memberikan peluang mendapatkan penghasilan yang tidak dibatasi seperti saat menjadi seorang karyawan.

Namun memulai sebuah usaha artinya memasuki dunia baru yang boleh jadi benar-benar asing, dan karena itu ada banyak pebisnis pemula yang melangkah tertatih-tatih dan melakukan banyak kesalahan di awal memulai usaha.

Menurut Richard Branson membuat kesalahan adalah bagian dari proses membangun perusahaan; cepat keluar dari lingkaran kesalahan itu adalah yang paling penting. Ini semua bagian dari dinamika kewirausahaan, yang membutuhkan stamina dan tekad yang kuat.

Tetapi cara anda melangkah ke depan tidak sepenuhnya belum dipetakan: Ketika anda melihat sebuah kesempatan yang tidak pernah terjadi kepada orang lain, ada langkah-langkah tertentu untuk mengubah visi anda menjadi kenyataan.

Anda harus merumuskan rencana bisnis yang inovatif, mencari pendanaan, mempekerjakan orang yang tepat untuk melaksanakan rencana tersebut, dan kemudian melangkah mundur dari peran anda dalam bisnis pada saat yang tepat.

Langkah-langkah dari Richard Branson untuk menghindari beberapa kesalahan yang umumnya dibuat oleh pengusaha pemula.

1. Tetap pada Target.
Sebuah kesalahan sering dikaitkan dengan langkah pertama adalah ditandai dengan ketidakmampuan pengusaha pemula dengan jelas dan ringkas menyampaikan idenya.

Sebuah kesalahan yang terkait adalah kurangnya fokus.  Banyak pengusaha akhirnya berlari ke berbagai arah, bukan mengambil langkah-langkah tegas ke arah target mereka.

Definisikan tujuan dan strategi dengan jelas, kemudian membentuk ruang waktu pelaksanaan dan pencapaian. Jangan biarkan kemungkinan lain atau impian yang tak jelas mengalihkan perhatian anda dari mencapai tujuan anda.

Merencanakan dan menargetkan pencapaian terlalu jauh adalah juga berbahaya. Jika produk atau jasa anda masih di papan gambar, jangan teralihkan oleh rencana untuk versi masa depan. Sebagai panduan umum, menunggu dua atau tiga tahun ke depan adalah yang terbaik, tetapi sifat bisnis anda dan umpan balik dari investor anda akan membantu anda menentukan seberapa jauh di depan yang anda harus rencanakan.

Jadilah fleksibel. Hanya dikarenakan kurangnya perencanaan bisa menjadi masalah, seorang pengusaha sukses akan terus menyesuaikan rencana dan pelaksanaannya sesuai perkembangan yang terjadi tanpa kehilangan pandangan terhadap tujuan akhir.

2. Jadilah realistis tentang biaya.
Jangan remehkan Binis baru ketika memperkirakan dana yang anda akan perlukan - Anda hanya akan mengurangi peluang keberhasilan anda. Menjaga pengeluaran anda di bawah kontrol adalah penting, tapi jangan bingung membedakan antara kapitalisasi dengan biaya.

Pada tahun 90-an, David Neeleman mengatakan kepada saya (Richard Branson) bahwa dia membutuhkan $ 160 juta pada modal awal untuk JetBlue - suatu jumlah yang besar, jauh lebih besar dari sebagian besar pendatang baru industri sejenis butuhkan. Sebagian besar orang yang disebut "ahli" mengejek gagasan tersebut dan meragukan ia akan dapat menemukan uang dan meluncurkan maskapai penerbangan berbiaya rendah ketika perusahaan sejenis yang didirikan telah gagal satu demi satu, tetapi ia melakukannya dan berhasil mendapatkan pendanaan.

Faktanya, JetBlue adalah salah satu maskapai penerbangan paling sukses yang pernah diluncurkan sepanjang masa, dan ternyata keuntungan diperoleh maskapai penerbangan tersebut hanya dalam enam bulan setelah peluncuran pada tahun 2000.

3. Pekerjakan orang yang dibutuhkan, bukan orang yang anda sukai.
Sering terjadi anda menempatkan teman dekat, kerabat untuk staf bisnis baru anda, ini mungkin menjadi kesalahan serius. Jika mereka tidak berhasil, meminta mereka untuk keluar dari bisnis anda akan sangat sulit.

Ketika Virgin memulai bisnis baru, kami selalu menyewa tim inti orang pintar yang sudah tahu industri dan risiko yang terkandung di dalamnya. Memperkerjakan orang ahli yang berpengalaman berarti menyediakan sumber pengetahuan yang berguna untuk mencari solusi ketika masalah muncul, ingat tidak ada orang yang memiliki semua jawaban, termasuk anda.

Salah satu tujuan anda harus mencari seorang manajer yang benar-benar faham visi anda, dan kepada siapa anda dapat yakin suatu hari nanti menangani bisnis anda,  sehingga anda dapat melakukan langkah berikutnya.

4. Tahu kapan harus keluar dari aktifitas operasional bisnis anda.
Seorang pengusaha besar tahu kapan waktunya telah datang untuk meninggalkan peran CEO. Ini tidak mudah, tetapi harus dilakukan.  Beberapa pengusaha membina seorang manajer yang menjadi hebat. Dalam kasus Richard Branson sendiri, mengelola operasional bisnis sehari-hari akhirnya membosankan.

Mundur bukan berarti memalingkan anda pada bisnis anda. Di Virgin, saya selalu terlibat dalam peluncuran sebuah bisnis baru, dan kemudian saya secara bertahap menyerahkan kontrol ke tim manajemen baru. Tetapi tidak peduli telah berapa lama waktu berlalu sejak saya berada di pucuk pimpinan, jika saya melihat sesuatu yang tidak disukai, saya sama sekali tidak malu-malu campur tangan membenahi manajemen dan melakukan tindakan-tindakan yang tegas.

Pendiri tidak perlu ragu untuk kembali melibatkan diri ke dalam operasional bisnis mereka bila diperlukan - Contoh: Larry Page, pendiri Google yang untuk sementara kembali berperan sebagai CEO di Google pada bulan April.

Sumber artikel: Richard Branson on How to Avoid Common Startup Mistakes

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon