Membuat blog tampil beda dengan User generated content

Dengan sangat banyaknya konten online yang berisi tentang tofik yang sama,  termasuk yang ada di situs kita,  menjadi sangat perlu untuk membuat situs yang kita kelola tampil beda. Artikel ini mencoba membahas beberapa cara untuk membuat situs tampil berbeda dengan kebanyakan situs sejenis. Salah satu pilihan yang bagus adalah menyajikan konten yang "melibatkan pengunjung", atau istilahnya user generated content. (UGC).

UGC sangat membantu untuk menjadikan situs kita tampil berbeda dengan memiliki konten yang situs lain tidak miliki.  Kita perlu meluangkan waktu dan usaha untuk fokus mencari tahu apa isi yang situs kita harus miliki,  yang akan menambah nilai di mata penggunjung.

Menambahkan UGC ke situs adalah hal yang terkait dengan membuat terjadinya keterlibatan pengunjung, bukan misalnya dengan menerbitkan artikel yang lebih banyak dalam sehari. Update Google Panda menjadikan keterlibatan pengunjung juga adalah salah satu faktor peringkat SEO,

Sebagai contoh UGC yang efektif, seperti yang banyak dilakukan situs ternama dengan mempersilahkan pengunjung menyumbangkan artikel, dan dengan memberikan izin menyisipkan beberapa link menuju situs sang penulis. Tapi untuk situs kecil yang tidak populer nampaknya cara ini tidak begitu membuat pengunjung tertarik.

Memanfaatkan traffik kunjungan situs kita.


Salah satu hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah "memanfaatkan" trafik kunjungan yang sudah anda miliki di situs anda. Hal ini dapat menambahkan dan mewarnai konten yang bernilai di situs anda. Seperti banyaknya komentar di situs anda. Membuat UGC dengan cara ini mensyaratkan bahwa situs anda sudah memiliki banyak kunjungan perhari.

Anda perlu mempertimbangkan membuat kotak komentar Facebook yang kini sudah sangat populer..

Komentar Facebook memperkecil kemungkinan terjadinya komentar dari orang yang memanfaatkan alamat email atau link situs orang lain misalnya, hal ini dikarenakan untuk berkomentar pengunjung harus terlebih dahulu login ke akun facebook mereka

Banyak yang berpendapat bahwa sekarang ini Google mengindeks Komentar Facebook. Ini berita yang sangat bagus untuk SEO,  karena itu berarti bahwa semua komentar melalui kotak komentar facebook akan menyumbangkan nilai untuk artikel yang kita tulis.

Cara lain untuk membuat UGC adalah dengan menyediakan kolom survey dari pengunjung. Mempersilahkan pengunjung menjawab daftar pertanyaan kemudian memberikan reward kepada pengunjung. Reward bisa berupa satu buah hadiah bulanan berupa barang atau produk jualan kita misalnya.

Hendaknya survey tersebut terkait dengan tema situs kita.  Jajak pendapat atau polling yang relevan sangat bagus untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung dengan situs kita.

Hasil survey dapat kita publikasikan yang tentu saja ini menjadi bahan untuk mengisi konten situs kita

Memanfaatkan Media sosial


Jika anda sudah memilik follower di media sosial semisal facebook, twitter, googe+ anda memiliki orang yang potensial sebagai pengunjung setia di blog anda dan sekaligus telah membangun sebuah saluran memasarkan konten situs anda.

Membangun komunitas ini cukup mudah bagi perusahaan dengan brand ternama, tetapi butuh proses yang cukup panjang bagi kita yang kurang dikenal.Tapi membangun keterlibatan kita di media sosial sangat penting dilakukan.

Anda sebaiknya seperti kebanyakan blogger termasuk saya lakukan adalah menampilkan facebook fans page di situs anda.
.
UGC seperti  yang dijelaskan diatas adalah tentang membuat terjadinya keterlibatan pengunjung di situs kita bukan semata menyajikan konten yang banyak. Hal yang paling penting adalah mengetahui apa konten yang menarik minat pengunjung yang sesuai dengan tema situs kita.


Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
4 Januari 2012 pukul 15.58 ×

terima kasih,menambah wawasan saya tentang bagaimana membangun sebuah blog dengan langkah yang anda uraikan diatas.SALUD

Reply
avatar
abdul majid
admin
4 Januari 2012 pukul 22.45 ×

SEPUTAR INTERNET: Terima kasih juga telah memberikan komentar, Langkah-langkah diatas sudah umum dilakukan oleh kebanyakan blogger.

Reply
avatar
Unknown
admin
8 Maret 2012 pukul 21.57 ×

hebatttttt,,,,bisa tambah lg nie ilmu n pengalaman nya,,,makasih ea master,,,,,,salam kenal dari blog pemula
http://riisckymiza.blogspot.com/

Reply
avatar
budenk
admin
20 Maret 2012 pukul 17.07 ×

terimakasih mas. ilmu nambah lagi.

thanks a lot

Reply
avatar
abdul majid
admin
20 Maret 2012 pukul 22.49 ×

BUDENK: Terimakasih juga telah berkunjung. Semoga ilmu saya juga ikut berkembang seiring manfaat yang hadir bersama artikel saya.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon