Membangun brand Indonesia melalui popularitas komodo

Saya sangat tertarik dengan pemilihan tujuh keajaiban alam dunia yang digagas oleh new7wonder.com, karena Taman Nasional Komodo yang ada di Indonesia menjadi salah satu nominasi tujuh keajaiban tersebut..

Barangkali artikel ini nampak menyimpang dari tema situs ini,  yaitu informasi dan panduan bisnis online, akan tetapi disini saya mengaitkan ajang pemilihan tujuh keajaiban alam dunia yang digagas website new7wonder.com.ini dengan membangun brand Indonesia  

Bila Komodo dikaitkan pada Indonesia sebagai sebuah brand, akan melekat pada kata Indonesia sesuatu yang berhubungan dengan tempat tinggal satwa langka yang merupakan binatang purba berbentuk kadal terbesar di dunia. Komodo yang paling besar mencapai panjang lebih dari 3 meter, dengan ukuran  lingkar tubuh sebesar buaya dewasa. Kalau saya boleh katakan komodo adalah buaya darat. Seperti halnya buaya sungai, sebagai binatang buas,  Komodo adalah binatang pemakan daging.

Mungkin timbul pertanyaan dalam benak anda kenapa dalam artikel ini saya katakan Indonesia sebagai sebuah brand. Semoga paragraf dibawah ini dapat menjelaskannya.

Apa yang terlintas dalam benak anda bila mendengar kata Swiss, jam tangan ?. Negara Swiss terkenal sebagai produsen jam tangan paling terkemuka di dunia. Lalu kalau saya menulis kata Amerika Serikat, mungkin dalam benak anda tergambar sebuah negara produsen pesawat tempur dan persenjataan  canggih di dunia, sistem operasi komputer Windows, lalu Google dll. Kalau mendengar kata Arab maka identik dengan negara kaya penghasil minyak bumi utama di dunia. 

Lalu bila anda mendengar kata Indonesia apa yang timbul di benak anda ?,  sebuah negeri kaya sumber daya alam tapi banyak penduduknya miskin, atau mungkin negara pengekspor pembantu rumah tangga terbesar di Asia.

Bila kita berpikir optimis dan positif kata Indonesia identik dengan negeri yang memiliki pulau Bali yang merupakan tujuan wisata alam dan wisata budaya terkenal di dunia, negeri yang memiliki budaya memakai busana yang dikenal dengan nama batik yang populer sebagai busana khas Indonesia, dan diproduksi di dalam negeri,  tempat berdirinya candi budha terbesar di dunia  yaitu Borobudur yang merupakan karya anak bangsa yang sangat menakjubkan. Lalu bagaimana kalau ditambah lagi dengan satu-satunya di dunia tempat berdiam binatang purba yang berbentuk kadal raksasa.

Dengan masuknya nama Komodo sebagai salah satu nominasi 7 keajaiban alam dunia, nama Indonesia sebagai satu-satunya tempat berdiam  komodo di dunia mendapatkan berkah yang luar biasa. Apalagi bila Taman Nasional  Komodo berhasil menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Ini hal yang  cukup membanggakan, dan bernilai jual yang tinggi. Karunia seperti ini patut disyukuri dan semaksimal mungkin dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat

Sebagai satu-satunya tempat berdiam kadal terbesar di muka bumi, maka pulau komodo adalah aset yang sangat berharga bagi dunia khususnya pencinta satwa langka, dan Indonesia patut berbangga karenanya.

Sedikit negara di dunia ini yang memiliki karunia alam yang luar biasa, karunia alam yang bila dikelola dengan baik akan menjadi lahan bisnis yang bernilai jual tinggi.

Terlepas dari apakah hasil voting di website tersebut nantinya bisa dianggap mewakili pilihan mayoritas masyarakat dunia, setidaknya ini juga cara membangun Indonesia sebagai sebuah brand, dan untuk tujuan tersebut mari kita dukung dan ikut serta melakukan voting untuk menjadikan Komodo sebagai salah satu dari 7 keajaiban alam dunia.

Silahkan kunjungi  http://www.new7wonders.com

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon