Cara memunculkan ide menulis untuk mengisi konten blog

Kebanyakan dari kita sering mendapatkan kesulitan memulai menulis untuk mengisi konten blog.  Karena itu kita perlu mengetahui cara  mudah menulis ketika kita tidak tahu apa yang harus ditulis untuk memperbarui konten blog.

Sebenarnya ada banyak cara memunculkan ide untuk menulis sebuah artikel, ide menulis terkadang akan muncul setelah kita mengunjungi suatu tempat, membaca sebuah buku, majalah, koran, dll. Bahkan kegiatan apapun yang kita lakukan diluar rumah seringkali memberikan sebuah ide, dan dari ide yang muncul tersebut anda bisa tuangkan dalam sebuah artikel.

Tapi bila semua yang and lihat, apapun yang anda dengar, dan kegiatan apapun diluar rumah yang anda lakukan tidak dapat memunculkan sebuah bahan penulisan barangkali cara yang saya lakukan dapat anda coba.

Untuk menulis artikel yang sedang anda baca ini saya mulai dengan membuka wordpad, lalu menggerakkan jari-jemari saya di atas tombol keyboard menulis rangkaian kata menjadi kalimat yang menceritakan tentang kesulitan saya menulis, jadi bahan tulisan saya kali ini sebenarnya menceritakan kesulitan saya menulis di blog dan kesulitan menentukan apa yang harus ditulis.

Sebenarnya sejak kemarin saya telah berpikir, merenung, namun sampai saat setelah beberapa menit membuka wordpad lalu menekan jari diatas tombol keyboard,  saya masih tidak bisa memutuskan mau menulis apa. Akhirnya kesulitan memulai menulis adalah apa  yang menjadi bahan tulisan saya.

Barangkali anda bingung, saya sendiri juga tak mengerti. Mungkin ini rahasia cara menulis. Cara mudah memulai menulis artikel di blog itu sebenarnya sederhana yaitu menekan jari-jemari di atas tombol keyboard. Ya, benar, menekan jari-jemari diatas keyboard untuk membuat kalimat apa saja.

Setelah menulis banyak kalimat perlahan-lahan anda akan menemukan ide tentang apa yang hendak anda tulis. Setelah itu kalimat-kalimat yang anda tulis akan mulai membentuk sebuah artikel yang memiliki sebuah topik tertentu. Setelah anda menemukan topik tertentu untuk artikel, anda segera dapat lebih terarah menulis yang sesuai dengan topik yang anda temukan.

Sebagaimana kita ketahui bila ingin memiliki blog yang bagus,  kita harus selalu memperbarui konten blog secara rutin, maksudnya kalau anda biasanya menerbitkan tulisan terbaru tiap selasa, maka setiap selasa berikutnya anda sebaiknya menerbitkan tulisan baru.

Secara rutin menerbitkan tulisan terbaru karya anda sendiri menunjukkan keseriusan anda mengelola blog, dan menggambarkan seberapa mampu anda menulis artikel asli karya anda.

Bila seorang pengunjung  mengenal blog anda sebagai sebuah blog yang memiliki tema yang jelas, dan pengunjung tersebut tertarik pada tulisan anda, mungkin ia akan kembali berkunjung dan berharap menemukan tulisan terbaru. Dan bila pengunjung tersebut telah rutin mengunjungi blog anda mungkin ia akan menyimpulkan bahwa anda selalu menerbitkan artikel pada hari atau tanggal tertentu secara rutin. Bila polanya berubah atau anda biarkan blog anda tidak memiliki artikel yang baru selama sebulan misalnya, besar kemungkinan sang pengunjung setia akan beralih ke lain hati.

Karena alasan itulah saya berusaha sekuat tenaga memotivasi diri untuk selalu menerbitkan artikel secara rutin.  Dan ketika tiba saatnya saya harus menerbitkan artikel terbaru dan tidak memiliki bahan penulisan, yang saya lakukan adalah membuka wordpad lalu menekan jari-jemari diatas tombol keyboard, membuat kalimat apa saja.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Enry Mazni
admin
23 Januari 2011 pukul 21.31 ×

ya saya juga bingung kalo mo postingan apa ya yang mo ditulis..hehehe ampe saya jarang posting...
oh ya tx for coming to my blog...keep visit me ya

Congrats bro Enry Mazni you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon