Pertimbangan dalam memilih form kotak komentar yang baik

Menyediakan form kotak komentar pengunjung sangat penting dalam sebuah website atau blog bisnis. Namun ada banyak pertimbangan yang penting dalam memilih form kotak komentar untuk blog bisnis anda.

Komentar pengunjung merupakan cara anda berinteraksi dengan pengunjung blog anda, dan juga sebagai media untuk pengunjung memperkenalkan diri plus memasarkan blognya kepada pengunjung yang lain. Selain tentu saja cara mudah blogger mendapatkan backlink dari blog dofollow.

Dari banyaknya komentar yang diberikan oleh pengunjung blog, anda bisa menilai seberapa bagus, populer, berkualitas artikel yang anda tulis, dan seberapa besar manfaat yang dapat anda berikan kepada pembaca artikel anda.

Lalu setelah sekian lama memilih menggunakan form kotak komentar tertentu seperti form komentar standar blogger.com, barangkali anda bermaksud memilih kotak komentar yang lain, yang menurut anda lebih bagus dari pada kotak komentar bawaan blogger.com. Ada banyak website yang menyediakan aplikasi kecil berupa form kotak komentar, dan anda bisa memilih salah satu darinya untuk dipasang di blog anda.

Beberapa diantaranya yaitu kotak komentar dari intensedebate.com, disqus.com dll. Anda bisa memilih salah satu darinya. Tergantung dari pilihan anda, anda bisa memilih yang terbaik menurut anda.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kotak komentar standar blogger.com memiliki banyak kekurangan disamping tentu saja beberapa kelebihannya. Salah satu kekurangan kotak komentar standar blogger.com adalah pengunjung yang hanya memiliki akun online berupa akun facebook dan akun twitter tidak bisa memberikan komentar dengan login menggunakan akun tersebut. Ini tentu saja akan menjadi alasan mengapa facebooker dan twitter tidak berkomentar di blog anda.

Padahal kita tahu blogger, facebooker, twitter, webmaster adalah empat jenis pengunjung blog yang bisa dianggab mewakili semua pengunjung internet.

Pertimbangan dalam memilih form kotak komentar.

Apapun jenis kotak komentar anda, beberapa hal berikut ini sebaiknya anda pertimbangkan dalam memilih kotak komentar.

1. Pertimbangkan untuk memilih form kotak komentar yang bisa mengakomodasi semua jenis pemilik akun online.

Memasang kotak komentar yang memungkinkan semua pemilik akun online bisa memberikan komentar adalah cara agar anda lebih bisa berinteraksi dengan banyak jenis pengunjung internet.

Seperti yang saya tulis dibagian awal artikel ini bahwa ada beberapa jenis kotak komentar yang tidak menyediakan opsi login untuk pengguna yang hanya memiliki akun online tertentu. Seperti form komentar dari blogger.com yang tidak menyediakan opsi login untuk facebooker dan twitter, kemudian kotak komentar intensedebate yang tidak menyediakan opsi login menggunakan akun blogger.com dll.

Jadi bila anda memasang kotak komentar standar blogger.com artinya blog anda tidak "facebooker friendly", lalu bila anda memasang kotak komentar intensedebate.com blog anda juga tidak "blogger.com frienly". Namun umumnya pemilik akun blogger.com adalah juga mereka yang telah memiliki blog, sehingga meskipun tidak bisa menggunakan akun blogger.com untuk login, form komentar intensedebate.com juga menyediakan "hadiah" untuk blogger pemberi komentar berupa sebuah link otomatis yang berbentuk "link teks" menuju posting terakhir blogger pemberi komentar.   

Atau anda bisa memasang kotak komentar facebook, kotak komentar ini memberi kemudahan bagi facebooker untuk berkomentar di blog anda. Namun bila anda memasang kotak komentar facebook di blog anda, anda juga masih harus memasang kotak komentar lain untuk jenis pengunjung "yang tidak suka" berkomentar sebagai facebooker.

Jadi pertimbangkan untuk memilih kotak komentar yang memberikan kemudahan untuk semua jenis pengunjung internet.

2. Pertimbangan berikutnya adalah apakah anda bermaksud memberikan backlink untuk blogger pemberi komentar.

Salah satu tujuan orang memberikan komentar di blog anda adalah karena menginginkan backlink. Karena itu anda bisa memberikan izin pemberian backlink atau meniadakan opsi pemberian backlink, dan biasanya form komentar pengunjung menyediakan settingan untuk tujuan tersebut. 

Komentar yang ada di artikel blog anda bisa berdampak baik untuk optimasi artikel anda di search engine, dan memberikan link dofollow untuk pemberi komentar di artikel blog anda bisa juga berdampak buruk untuk SEO artikel anda.

Sebuah link eksternal dofollow yang menggunakan kata kunci utama artikel anda seringkali akan melemahkan posisi artikel anda di search engine. Mengapa demikian?. Sebuah link yang menggunakan kata misalnya "pemasaran online" diartikan oleh search engine sebagai pemberitahuan bahwa teks link tersebut adalah sesuatu yang tekait dengan pemasaran online. 

Dan bila dalam artikel anda ada teks link "pemasaran online" yang merupakan sebuah link menuju website lain, maka untuk kata kunci tersebut artikel anda menjadi lemah.

3. Pertimbangan lainnya adalah gunakan form kotak komentar yang baik dan tetap tampilkan komentar yang telah ada.

Ini yang sering terjadi. Anda mengganti form komentar pengunjung dan anda menghilangkan (tidak menampilkan) komentar yang sudah ada di artikel anda. 

Komentar di blog anda sangat bernilai,  karena itu sudah sepantasnya anda tetap menampilkan komentar dari pengunjung blog anda. Namun seringkali penggantian form kotak komentar akan menghilangkan komentar yang sudah ada. Yang perlu anda lakukan adalah hanya menghilangkan form kotak komentar, tidak untuk teks komentar.

Lalu bagaimana cara mengganti kotak komentar dan tetap menampilkan teks komentar yang sudah ada?. Artikel mendatang akan membahasnya.

Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
media gadget
admin
16 Januari 2012 pukul 08.04 ×

makaish untuk infonya mas, saya lagi nyari membuat komentar di intensedebate malah nyasar ke mai..hee

Reply
avatar
abdul majid
admin
16 Januari 2012 pukul 23.22 ×

MEDIA GADGET: Terima kasih juga telah berkunjung.

Reply
avatar
Madhi
admin
1 April 2012 pukul 17.43 ×

Nice info...
makasih gan, sangat membantu sekali :)

Reply
avatar
abdul majid
admin
1 April 2012 pukul 21.35 ×

MADHI: Terima kasih kembali Madhi, saya bersyukur jika artikel diatas bisa membantu.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon