Masdoyok roboh ditendang google bangkit dengan domain lain themasdoyok.com

Artikel ini berisi pujian untuk Muhammad Hidayatullah yang dahulu kita kenal sebagai pemilik blog masdoyok.co.cc.  Pujian terlontar setelah mengunjungi blog lain masdoyok yang ber URL themasdoyok.com, dengan title "majalah blogger".

Sepertinya era masdoyok.co.cc telah habis atau dihabisi oleh google.  Menyadari retaknya bangunan blog masdoyok.co.cc yang sulit direnovasi, maka masdoyok beralih pada bangunan lain dan juga menggunakan software dan hosting gratis di blogger.com.  Langkah cerdas untuk tetap bersahabat dengan google.

Satu atau dua bulan yang lalu saya sempat kecewa dengan tampilan blog masdoyok yang digunakan sebagai pengganti blog masdoyok.co.cc yang hilang dari listing google.  Masdoyok menghadirkan blog yang terus terang tidak enak dipandang, karena tampilannya yang tidak eye catching atau tidak menarik, tidak enak dilhat mata, yang mengesankan ketidakseriusan kembali ngeblog dari seorang blogger master.

Lalu saya juga bertanya-tanya apakah mungkin masdoyok tidak lagi serius berkecimpung di dunia perblogan, karena vakum demikian lama sejak hilangnya situs domain .co.cc dari listing google.   Dan hari ini saya iseng-iseng mengetikkan kata kunci "masdoyok" di kotak searching google, lalu hadir sebuah nama themasdoyok.com.  Padahal semula semasa blog .co.cc masih jaya kata kunci "masdoyok" terkait dengan situs masdoyok.co.cc.

Kesan pertama yang hadir begitu masuk mengunjungi blog tersebut adalah perasaan takjub.  Kali ini saya pantas acungi dua jempol untuk theme yang digunakan di blog masdoyok ini.  Tampil dengan warna dominan biru putih dengan header berwarna putih dihiasi tulisan nama domain warna merah.  Sebuah kombinasi yang saya rasa sedang sangat populer saat ini ( seperti warna dominan situs facebook.com), dan mirip dengan pewarnaan yang digunakan di situsnya Mas Abel "mashable.com"

Satu widget yang tidak dihadirkan untuk hiasan blog themasdoyok.com ini adalah members google friends connect, yang dahulu ( domain masdoyok.co.cc) jumlahnya mencapai beberapa ribu members.  Entah kenapa widget tersebut dihilangkan.  Satu lagi yang tidak saya temukan adalah link arsip blog.  Jadi saya tidak bisa menemukan artikel lama yang ditulis masdoyok.

Seperti kebanyakan blogger lain termasuk blog bisnis online saya ini, masdoyok juga nampaknya lebih suka menyediakan widget facebook fans page yang jumlah penyukanya telah mencapai lebih dari 100 penyuka.  Sebuah jumlah yang lumayan untuk blog baru masdoyok (maksudnya baru dipopulerkan mengambil alih popularitas masdoyok.co.cc) yang umurnya baru beberapa bulan, kalau dihitung dari sejak hilangnya situs masdoyok.co.cc dari listing google.

Hanya sayangnya mas Muhammad Hidayatullah tidak menggunakan nama domain masdoyok.com. Dan ketika saya coba mengunjung domain masdoyok.com saya malahan dibawa ke situs "entah dimana dan gimana".  Domain masdoyok.com sepertinya dimiliki orang lain, itulah barangkali yang menjadi alasan masdoyok menggunakan nama domain themasdoyok.com.

Saya pikir Mas Muhammad Hidayatullah terlambat membangun brand online dengan brand masdoyok.com yang menurut saya lebih bagus ketimbang themasdoyok.com.  Ini terjadi barangkali karena masdoyok selama ini untuk urusan branding online merasa sudah difasilitasi oleh situs masdoyok.co.cc.  Dan memang benar domain masdoyok.co.cc telah sukses menghantarkan beliau sebagai blogger master.  Tetapi penggunaan nama domain masdoyok.com yang diawali kata "the" yang didukung oleh title "majalah blogger" nampak sebagai sebuah kombinasi yang saling memperkuat, seperti halnya situs terkenal washingtonpost.com yang diberi titel "the washington post".

Terkait dengan branding ini saya rasa langkah lain yang masdoyok lakukan adalah memiliki nama domain muhammaddoel.com, yang digunakan sebagai URL untuk blognya yang lain, yang lagi-lagi tetap setia dengan software dan hosting milik blogger.com.  Ini nampaknya langkah strategis masdoyok untuk sebuah bangunan branding yang baru.

Lalu kenapa masdoyok tidak menggunakan nama aslinya yang Muhammad hidayatullah sebagai nama domain ?.  Saya mencoba mencari jawabannya dengan mengetikkan URL muhammadhidayatullah.com di address bar chrome saya, dan saya dibawa mengunjungi sebuah situs berbahasa inggris yang tidak "berisi".

Pemilihan nama domain muhammaddoel.com yang masdoyok lakukan mengilhami saya untuk mempertimbangkan pembelian nama domain doelmajid.com.  Domain doelmajid.com saya rasa cukup unik sehingga mempermudah proses pembangunan branding.

Selamat untuk Mas Muhammad Hidayatullah (masdoyok) atas kembali (dan tetap) hadir didunia blogger dengan kendaraan lain yang tampil elegant dan profesional.

Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
sukague.com
admin
2 Februari 2012 pukul 14.14 ×

hebat sekali ya masdoyok

Reply
avatar
kusuma189
admin
15 April 2012 pukul 22.17 ×

benar-benar salut sama mas doyok.... ^_^

Reply
avatar
abdul majid
admin
15 April 2012 pukul 23.37 ×

SUKAGUE: Mas doyok patut ditiru.

Reply
avatar
abdul majid
admin
15 April 2012 pukul 23.42 ×

KUSUMA189: Saya juga salut sehingga menulis artikel ini.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon