Bagaimana menentukan apakah sebuah situs layak dipercaya

Jumlah situs online sudah demikian banyak karena itu menentukan apakah sebuah situs yang kita kunjungi layak dipercaya kualitas dan legalitas kepemilikannya menjadi sangat penting.  Menurut data yang terlihat di blogpulse hingga saat ini ada lebih dari 170.000.000 blog yang terdata.  Termasuk dalam daftar tersebut adalah blog yang dimiliki oleh perusahaan ternama, orang-orang ternama, blogger ternama, tokoh-tokoh terkenal, artis, blog atau situs porno, situs bisnis, situs olahraga, dsb.

Jumlah diatas belum termasuk website, karena menurut blogpulse.com kata "blog" diartikan khusus dan dibedakan dengan kata "website".  Tapi di artikel ini baik website atau blog saya sebut dengan nama situs internet atau situs.

Dari sekian ratus juta situs internet yang online banyak darinya adalah situs yang dikelola dengan tujuan buruk, penipuan dan tujuan ilegal lainnya.  Namun demikian banyak pula darinya adalah situs yang dikelola dengan benar dan bertujuan mulia, membantu sesama atas dasar kemanusiaan dsb.  Pendek kata tak semua situs yang online bisa dipercayai, tanpa pandai memilah dan memilih pengunjung akan tersesat di jagat maya.

Lalu bagaimana cara memilah, memilih, memastikan sebuah situs yang kita kunjungi layak dipercayai baik karena isinya yang bermutu, penulisnya orang yang bertanggung jawab dan nyata (bukan hantu).  Memastikan kelayakan sebuah situs untuk bisa dipercayai bukan perkara mudah, khususnya untuk pengunjung online yang awam.

Kalau anda mengunjungi situs yang berserakan didunia maya hanya untuk surving dengan tujuan menghibur diri barangkali anda tidak perlu dipusingkan dengan bertebarannya situs tak berkualitas dan dikelola dengan tujuan yang tak jelas.  Tapi bagi kita yang berkunjung untuk mencari informasi yang benar dan bermutu atau tujuan bisnis yang ujungnya akan melakukan transaksi dengan pengelola situs, pastilah kita harus merasa yakin dan percaya terlebih dahulu kepada situs atau pemilik situs yang kita kunjungi.

Beberapa cara memastikan sebuah situs yang kita kunjungi layak dipercayai baik legalitas kepemilikannya maupun kapabilitas penulisnya.


1. Menggunakan nama domain berupa kata yang sama dengan perusahaan ternama yang anda kenal di dunia offline.

Anda pasti mengenal bank mandiri, bank BNI, Bank BCA, Telkomsel, dan brand terkenal lainnya.  Lalu bila anda menemukan sebuah situs misalnya dengan nama www.bankbni.com, anda pastilah akan menebak bahwa situs tersebut resmi milik Bank BNI yang anda memiliki rekening tabungan di bank tersebut.

Lalu apakah www.bankbni.com adalah situs resmi milik Bank BNI ?, untuk memastikannya anda sebaiknya bertanya langsung ke kantor Bank BNI tempat anda menabung.

2. Terkait dengan kapabilitas penulis konten situs.

Kalau anda seorang tenaga pemasaran produk sebuah perusahaan, lalu ketika online anda menemukan situs www.Hermawankartajaya.com, otak anda barangkali akan memunculkan sebuah nama terkenal di bidang pemasaran bernama Hermawan Kartajaya.  Lalu anda akan langsung menebak bahwa situs yang sedang anda buka pastilah milik sang maestro pemasaran tersebut, yang tentu saja konten yang tertulis di situs tersebut layak anda percayai kualitasnya.

Tapi anda juga masih harus memastikan bahwa situs tersebut benar-benar milik atau kontennya ditulis oleh Hermawan kartajaya seperti yang anda kenal.  Anda bisa mencari informasi tentang situs yang dimiliki oleh Hermawan kartajaya di majalah, di koran ternama, dan dimana saja sumber yang terpercaya atau di situs informasibisnis.net ini misalnya he he he.

3. Nama tidak dikenal dan dimiliki oleh orang tak terkenal.

Ini bagian tersulit.  Memastikan lembaga, organisasi atau siapa individu pemilik situs jenis ini sulit dilakukan. Beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah:

Apakah anda melihat tanda pengenal pemilik situs ditampilkan di situs yang sedang anda buka ?.
Apakah ada gambar sang pemilik situs, adakah alamat email dicantumkan, pastikan sebuah nomor telephone atau handphone dituliskan (nomor cantik lebih meyakinkan) dan bisa dihubungi, atau barangkali alamat rumah yang lengkap, alamat kantor sang penulis beserta nomor telephone kantor, titel sarjana sang penulis, riwayat hidup sang penulis atau pemilik situs.

Anda juga bila memungkinkan bisa bertanya langsung kepada Pak Camat, Pak Lurah, kemudian Pak RT, atau pejabat berwenang di wilayah sang penulis berdomisili, setidaknya untuk memastikan bahwa sang penulis atau pemilik situs benar-benar berdomisili di wilayah tersebut.  Tentu saja hal ini memungkinkan bila domain situs, nama pemilik atau penulis situs terdata di kantor pemerintahan setempat.

Referensi orang, organisasi atau situs terkenal.  Terkait dengan referensi orang terkenal, saya lima tahun mengenal dan dikenal dan bergaul di lingkungan seorang pejabat puncak Propinsi Sumatera Selatan dan keluarga beliau (sekarang beliau sudah menjadi mantan pejabat).  Meskipun saya bukan mereka kenal sebagai seorang blogger, bukan pula penulis, tidak juga seorang pembicara, apalagi pengusaha emperan sekalipun, atau sebutan membanggakan lainnya.  Saya hanya dikenal sebagai orang biasa.  Disini saya bermaksud mengatakan bahwa setidaknya melalui sebuah referensi dari seorang tokoh masyarakat kita bisa lebih mudah menjelaskan sisi-sisi tertentu dari pribadi kita yang mungkin sebuah nilai plus.

4. Blog informasibisnis.net yang sedang anda kunjungi ini.

Saya Abdul Majid, pemilik, pengelola dan penulis konten blog ini bukan orang ternama, bukan pula seorang yang ahli di bidang pemasaran meskipun artikel di blog ini banyak menulis tips pemasaran.  Bukan pula blogger populer yang kapabilitasnya diakui dikalangan blogger senior, dan kecil kemungkinan nama saya dan nama situs ini mereka kenal.  Saya hanya seorang mantan mahasiswa ekonomi manajemen yang tidak bergelar sarjana karena tidak sempat menyelesaikan skripsi, dan seorang yang sudah merasa kenyang duduk di bangku dengan tangan diatas meja menghadap papan tulis melihat dan mendengar guru, instruktur, dosen bicara.

Tapi setidaknya siapapun saya, dan bagaimanapun pengakuan orang tentang saya, saya hanya menuliskan apa yang saya ketahui yang barangkali bermanfaat untuk menambah masukan untuk memberi warna wawasan pengetahuan anda.

Terkait dengan identitas saya sang pemilik, admin blog informasibisnis.net ini saya telah menampilkan gambar asli saya (meskipun gambar lama, dan saya akan menampilkan gambar terbaru). Nomor handphone saya juga ditampilkan (nomor resmi terdaftar di database telkomsel dengan data sesuai KTP).

5. Tanpa tanda pengenal.

Situs jenis ini layak untuk diragukan dalam hal kepemilikan, tujuan dan misi situs, dan kapabilitas penulis konten situs.  Akan ada suatu saat seorang pengunjung ingin mengetahui identitas penulis atau pemilik situs, baik untuk tujuan memberikan peluang untung atau meminta pertanggungjawaban.

Akhirnya artikel ini saya tulis sebagai cara saya bertransfaransi ria dan mari kita menjadi blogger transfaran, yang bisa dimintai pertanggungjawaban atas isi konten blog yang kita tulis.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon