Update terbaru algoritma ranking google, hapus broken link dan artikel copy paste

Update algoritma ranking google selalu mengejutkan, kadang menyenangkan tak jarang pula malah bikin geregetan.  Sore kemarin seperti biasanya ketika buka internet yang pertama kali saya lakukan adalah melihat statistik kunjungan untuk blog-blog saya, dan saya dikejutkan dengan jumlah kunjungan yang diterima oleh situs tersebut, yang menunjukkan angka melebihi kunjungan yang diterima oleh situs blog tips dan trik seo ini.  Ini mengejutkan karena sejak update algoritma perankingan google bulan Juni 2011 lalu yang sukses menjungkalkan situs domain .co.cc beserta jutaan subdomainnya situs carabisnisonline.net ikutan terjungkal, dan saya tidak mengetahui pasti apa penyebabnya.

Sejak itu situs carabisnisonline.net kehilangan peringkat halaman pertama hasil pencarian untuk banyak kata kunci, bahkan boleh dikatakan hampir seluruh kata kunci yang mendatangkan kunjungan.  Hasilnya jumlah kunjungan nyaris mencapai 0 kunjungan setiap harinya.  Dan sore kemarin semua itu berubah, semua kata kunci yang semula menempati posisi halaman pertama kemudian tidak terlihat bahkan di halaman kesepuluh sejak update algoritma google akhir Juni 2011 lalu, kembali pada posisi terbaik sejak kemarin.  Dari angka 0 kunjungan menjadi 110 kunjungan bukanlah suatu yang biasa bagi saya, apalagi untuk blog yang dilalaikan dalam waktu lebih dari 3 bulan.  Apa gerangan yang dilakukan google ?.

Terus terang karena saya bukan seorang master SEO, saya hanya melakukan perbaikan sederhana untuk situs blog tersebut.  Perbaikan yang saya lakukan adalah: menghapus teks link yang merupakan link rusak (broken link), dan ssssttttt karena blog blogspot yang menggunakan nama domain carabisnisonline.net tersebut adalah blog lama, banyak dari artikel lamanya adalah artikel copy paste.  Artikel-artikel copas tersebut saya hapus semuanya, sehingga blog carabisnisonline.net bersih dari artikel copas.  Dan hasilnya barangkali seperti terlihat sejak kemarin.

Dari anugerah yang saya terima untuk situs blog tersebut saya berpikir barangkali kali ini google telah mengeluarkan update algoritma terbarunya, yang seperti saya tulis pada artikel terdahulu yang berjudul "update algoritma google panda menargetkn artikel copy paste", kali ini situs-situs yang memiliki banyak artikel copas akan terkena dampak penurunan peringkat hasil pencarian yang drastis.

Kemarin malam dan pagi ini saya mencoba mencari tahu di beberapa website dan blog yang menulis teknik SEO berbahasa inggris dan juga dari situs blog resmi milik google.com, namun saya tidak menemukan artikel yang membahas tentang update terbaru algoritma penentuan ranking google.  Entah karena kemarin hari sabtu dan mereka mulai libur akhir pekan jadi tidak menerbitkan artikel atau karena update terbaru ini dirahasiakan google.

Kembalinya peringkat search engine untuk banyak kata kunci yang mendatangkan kunjungan ke situs tersebut membuat saya harus kembali disibukkan dengan kegiatan menulis artikel untuk situs tersebut, yang sejak terjadi penurunan peringkat akhir Juni 2011 lalu blog tersebut saya lalaikan.  Sebenarnya saya juga memiliki situs blog yang lain (yang juga saya anggab penting untuk saya), blog tersebut berisikan artikel tentang opini saya seputar kehidupan, motivasi, dan tentang apa saja seputar hubungan dengan Tuhan dan mahluk tuhan.  Dan saya tidak rutin menerbitkan tulisan terbaru untuk blog tersebut.

Untuk anda yang baru terjun di dunia blogging saya sangat tidak menganjurkan memiliki banyak blog untuk anda kelola, karena akan menguras energi dan memeras kemampuan menulis artikel, kecuali kalau anda berniat menerbitkan artikel copy paste.  Saran saya agar situs anda tidak terkena dampak buruk anda harus melakukan penambahan atau perubahan struktur kata yang jumlahnya minimal separuh dari teks copas, sehingga nantinya artikel anda menjadi setengah copas, ha ha ha.  Jadi kalaupun terkena dampak algoritma terbaru google, blog anda hanya akan terkena setengah dampak, misal artikel anda semula tampil di halaman pertama kemudian menurun ke halaman satu setengah.

Tapi melakukan penambahan, atau perubahan struktur kata dalam sebuah artikel copas juga merupakan pekerjaan yang menguras energi otak.  Menurut saya menulis artikel original merupakan pilihan terbaik untuk ranking blog anda maupun proses peningkatan kemampuan menulis anda.  Blog yang berperingkat bagus dengan konten asli karya anda sendiri akan menjadi sebuah bangunan kokoh dan megah untuk kediaman anda di dunia online.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon