Google+ brand page alternatif selain facebook fans page

Garis pembatas antara optimasi mesin pencari dan media sosial saat ini kian menipis dan membentuk suatu upaya sinergis. Penting baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar untuk tetap up to date dengan peluang baru menyebarkan kesadaran merek dan menghubungkan nya langsung dengan konsumen mereka. Ketika Google membuat gebrakan dalam ruang pergaulan sosial online, penting untuk memperhatikan, memahami, dan mengidentifikasi bagaimana keberadaan media sosial produk google ini bisa membawa manfaat untuk bisnis kita.

Seperti halnya facebook fans page yang sudah sangat familiar di kalangan blogger pebisnis online, baru-baru ini google pun ikut mengeluarkan google+ page.

Berikut ini kutipan yang saya ambil dari Official blog google :

For businesses and brands, Google+ pages help you connect with the customers and fans who love you. Not only can they recommend you with a +1, or add you to a circle to listen long-term. They can actually spend time with your team, face-to-face-to-face. All you need to do is start sharing, and you'll soon find the super fans and loyal customers that want to say hello.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa keberadaan facebook fans page atau twitter yang melekat pada situs mereka sudah mencukupi, karena itu untuk apa lagi memanfaatkan keberadaan google+ brand page yang masih berusia muda, dan belum tentu membawa manfaat seperti yang diberikan oleh facebook fans page.

Ini adalah sebuah pertanyaan yang wajar mengingat jumlah waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk secara efektif mengelola saluran media sosial. Sepintas Google+ brand page mungkin tampak seperti sebuah saluran lain seperti facebook fans page dengan jumlah basis pengguna yang kecil. Namun, ada beberapa elemen yang unik yang mungkin bisa menjadi pertimbangan memanfaatkan saluran  google+ brand page.

Basis pengguna google+ kecil


Memang benar bahwa pengguna google+ masih sangat sedikit sekitar 5% dari total jumlah pengguna facebook yang kini telah mencapai sekitar 800 juta, namun itu tidak selalu berarti kita harus mengabaikannya dan memusatkan semua upaya kita di Facebook. Justru dengan jumlah pengguna masih sedikit akan juga lebih fokus.

Facebook dikemas penuh update dari semua hal yang terhubung dengan akun facebook, mulai dari update status teman, gambar photo, link video dan beragam update informasi apapun yang bahkan nampak campur aduk. Google +, karena ia baru dan dirancang sebagai sebuah bentuk media sosial yang menurut google jauh lebih baik dari sisi interaksi antar pengguna, tampaknya lebih didorong oleh isi dari cara-spesifik industri profesional, informasi. Karena itu, sebuah merek ( brand ) dapat menciptakan hubungan yang jauh lebih langsung dan pribadi dengan konsumen mereka.

Fungsionalitas google+ unik



Google + menawarkan fungsionalitas yang sangat unik dengan kemampuannya untuk host "Hangouts," atau live video / audio chating antara dirinya dan para pengguna terhubung. Hangouts memberikan kesempatan untuk secara langsung terlibat dalam diskusi, segera menerima umpan balik. Perusahaan pengguna google+ dapat memanfaatkan hangouts sebagai tempat untuk dukungan pelanggan dan penjualan bertatap muka dalam sebuah diskusi online.


Adanya Integrasi google+ dengan layanan google lainnya


Google terus berupaya untuk menyatukan semua produk dan layanananya, Google + sudah siap untuk integrasi lebih dalam dengan layanan seperti Google Places dan Peta google, pencarian Web dan Image, dan YouTube. Google telah memulai proses ini dalam beberapa cara. Salah satu yang paling terbaru adalah penambahan google +1 ke pencarian Google berdasarkan gambar.

Integrasi google+ dengan layanan google lainnya bisa menjadi bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas merek, sosialisasi dan melalui pencarian organik / gambar, di mana merek sering posting foto ke akun Google + brand page (seperti seniman atau fotografer yang menjual produk atau jasa), dan memiliki pengikut yang mungkin bisa berbagi konten.

Akhirnya terlepas dari apakah benar memanfaatkan google+ brand page bisa menjadi media yang lebih baik atau setidaknya bisa menyamai facebook fans page, yang perlu dipahami adalah bahwa google+ brand page adalah sebuah alternatif lain dari facebook fans page.

Tentu saja sebuah keputusan yang buruk untuk menghilangkan facebook fans page dari halaman blog anda bila jumlah penyuka facebook fans page anda sudah cukup banyak, lalu beralih sepenuhnya menggunakan google+ brand page,

Bolehlah anda coba gunakan untuk blog baru anda yang belum memiliki halaman fans facebook. Saya sendiri belum membuat satupun google+ brand page yang dintegrasikan dengan blog saya

Yang jelas karena google+ brand page adalah produknya google maka pastilah lebih google friendly ketimbang facebook fans page, dan artinya akan lebih mendukung SEO blog anda.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon