Menemukan mentor bisnis untuk membantu pemula mengelola usaha

Baik kita sebagai pengusaha kecil pemula yang baru memulai sebuah usaha kecil dengan modal jutaan rupiah, ataupun kita pebisnis pemula dengan modal usaha puluhan juta rupiah, termasuk juga kita yang baru terjun di dunia blogging bisnis online akan membutuhkan kehadiran mentor.

Mentor bisnis yang hebat dapat memiliki dampak besar pada tahap awal kita mengelola bisnis. Koneksi mereka dapat membuka pintu yang bisnis yang selama ini tertutup dan pengalaman mereka dapat menghindarkan pengusaha pemula dari membuat kesalahan yang sama yang mungkin pernah terjadi pada diri sang mentor ketika baru memulai bisnis.

Tapi menemukan mentor yang terbaik untuk bisnis kita bukan pekerjaan sederhana. Kita harus dapat mengenali apa yang membuat seorang mentor itu hebat, tahu bagaimana mendekati mereka dan lalu bagaimana memaksimalkan hubungan dengan mereka.

Berikut adalah tiga langkah dari David Cohen CEO techstars yang diterbtkan di entrepreuneur.com untuk menemukan mentor yang paling berpengalaman untuk membantu membawa ide awal bisnis kita ke tingkat berikutnya:

1. Kenali apa yang membuat seorang mentor hebat.
Menurut TechStars, mentor terbaik adalah mereka yang mengajukan banyak pertanyaan sulit dan menantang kita untuk mencapai tujuan melebihi yang kita targetkan. Dalam melakukannya, mereka harus berbagi pengalaman mereka sendiri dan membantu kita menemukan peluang baru.

Tapi mentor terbaik tidak harus memberitahu kita apa yang harus dilakukan. Mereka memahami peran mereka sebagai penasihat dan bukan manager usaha kita.. Mentor yang mengatakan kepada pengusaha pemula apa yang harus dilakukan, dan menjadi marah ketika instruksi mereka tidak diikuti, sering malah tidak baik untuk meningkatkan kemampuan bisnis kita.

Kadang-kadang mentor dapat meminta untuk diberi kompensasi atas bantuan dan saran yang mereka berikan.  Tapi mentor terbaik biasanya tidak akan pernah meminta kompensasi dan akan puas hanya dengan membantu kita menemukan jalan keluar.

Di Indonesia ini ada banyak institusi yang memberikan pelatihan memulai usaha. Bergabung dalam pelatihan tersebut kita akan menjadi bagian dari sebuah komunitas bisnis yang menyediakan mentor untuk membantu mengelola bisnis kita. Untuk berbagung dalam pelatihan ini biasanya kita akan dikenakan biaya.

2. Temukan mentor yang tepat.
Lebih baik dan lebih produktif untuk menganalisis jaringan sendiri dekat kita dan mencari mentor lokal yang kita hormati, yang memiliki pengalaman yang relevan dengan bisnis yang mulai kita jalani.

Pikirkan tentang mendekati para pendiri dan eksekutif kunci perusahaan dalam ruang lingkup bisnis kita yang kita kagumi.

Untuk membuat pertemuan pertama, kita dapat mencoba mengirim email singkat menjelaskan apa bisnis yang kita lakukan dan mengapa kita tertarik bisnis tersebut. Dan buatlah email yang selalu relevan dan mudah bagi calon mentor untuk membantu. Sering-sering membaca akun blog atau facebook orang tersebut, dan belajar tentang latar belakang nya sehingga kita dapat mempersonalisasikan catatan kita.

Membangun komunikasi email hingga pertemuan pertama dengan membentuk ritme komunikasi email yang menarik. Tunjukkan bahwa kita membuat kemajuan reguler pada produk kita hingga mentor tahu kita mendengarkan, menganalisis dan bereaksi. Ketika akhirnya kita bisa meminta untuk berbicara tatap muka, meminta pertemuan 15-menit di rumahnya atau kantornya.

Mendekati sejumlah kecil mentor yang memiliki koneksi yang relevan dengan bisnis kita atau pasar kita, dan pastikan mereka memahami bahwa komunikasi awal biasanya mengarah ke hubungan jangka panjang yang lebih baik antara mentor dan mentee tersebut.

3. Memaksimalkan hubungan mentor.
Setelah kita menjalin hubungan, dan ada interest dari kedua belah pihak, penting untuk tetap menjaga hubungan dari waktu ke waktu. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk memeriksa secara teratur melalui email. Mentor harus menyukai untuk melihat kemajuan kita dan bangga mengetahui bahwa masukan mereka telah membantu. Kirim email bulanan yang mengingatkan mereka tentang percakapan masa lalu kita dan informasikan kepada mereka tentang kemajuan usaha kita.

Ajukan satu pertanyaan baru dalam setiap email ini untuk memastikan percakapan terus berlanjut. Sangat penting untuk menjaga check-in email pendek dan to the point dan tidak meminta terlalu banyak pada suatu waktu. Misalnya, meminta panggilan telepon dua jam seminggu sekali mungkin akan menjadi permintaan yang tidak realistis. Melakukan pertemuan bersama di kantor mentor selama 30 menit setiap minggu misalnya akan dapat dipenuhi setelah kita telah membangun hubungan yang nyata.

Sementara mentor tidak harus meminta kompensasi finansial, jika mereka konsisten menghabiskan cukup banyak waktu untuk membantu usaha kita, kita mungkin mempertimbangkan memberi mereka sejumlah kecil "keuntungan".

Pebisnis besar memahami pentingnya peran mentor dalam memulai bisnis. Mereka mengakui bahwa pada tahap awal mengelola usaha itu sulit, tetapi menyadari bahwa sebuah tim yang hebat dipasangkan dengan kehadiran mentor berpengalaman dan terlibat dapat membuat perbedaan yang sangat besar, dan ini sering merupakan indikator kuat dari kesuksesan masa depan suatu usaha.



Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
wiliana
admin
20 Maret 2012 pukul 16.02 ×

terimakasih atas infonya

Reply
avatar
abdul majid
admin
20 Maret 2012 pukul 22.40 ×

WILIANA: Terima kasih juga telah berkunjung.

Reply
avatar
Unknown
admin
17 Juli 2016 pukul 15.04 ×

Dubril Bandan Kredit, menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
Email: dubrilloanfirm@gmail.com
Skype: dubrilloanfirm1

Reply
avatar
Susan bowman
admin
27 September 2017 pukul 01.21 ×

KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk mengenalkan diri dengan benar,
Nama saya adalah ibu SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

Susanbowmanloancompany@gmail.com

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon