Mengubah tampilan blog toko online menurunkan peringkat SERP

Sejak satu minggu lalu saya telah selesai membuat blog toko online saya, dan menggunakan nama domain sendiri untuk toko online tersebut.  Alhamdulillah peringkatnya sempat duduk di halaman pertama selama beberapa hari untuk kata kunci " toko fashion online " dari sekitar 40 juta hasil pencarian, namun tidak bertahan lama karena dua hari lalu peringkatnya merosot jatuh ke halaman tak terhingga, meskipun hari ini telah beranjak ke posisi yang lebih baik.

Merosotnya peringkat SERP terjadi setelah saya mengubah desainnya yang terlihat berantakan ketika dilihat di layar PC Tablet teman, padahal di layar 17 inchi komputer saya tampilan blog tersebut sudah nampak oke.

Tapi saya pikir Itu hanya salah satu penyebab merosotnya ranking SERP blog toko fashion online saya, selain banyak sebab lain yang tidak saya ketahui, apalagi blog tersebut baru berusia kurang dari dua bulan, dan sebagai bayi tentu saja hal biasa bila posisi SERP masih tidak stabil.

Dari pengalaman kecil tersebut saya mendapatkan pelajaran bahwa mengubah desain tampilan blog ketika posisi SERP untuk kata kunci utama sedang bagus akan beresiko jatuhnya peringkat SERP kata kunci tersebut. Karena itu kedepan saya akan lebih berhati-hati dengan kegiatan utak-atik tampilan blog.

Tidak masalah sebenarnya bila peringkat SERP blog tersebut tidak bagus ketika masih menggunakan subdomain blogspot.com, namun ketika telah menggunakan nama domain sendiri kejatuhan peringkat SERP yang semula bagus benar-benar membuat kecewa.

Sebenarnya sebelum menggunakan nama domain sendiri saya merasa tampilan blog toko fashion tersebut sudah nampak indah sesuai harapan, tapi ketika terlihat di layar Tablet PC teman saya tampilannya nampak berantakan, saya perkecil lebar main-wrapper, dan hasilnya tampilan di layar Tablet PC menjadi lebih baik.  Jadi kalau teman-teman ingin memperbaiki tampilan blog sebaiknya lakukan diawal pembuatan blog.

Kedua, dengan maksud memperindah tampilan blog saya menghiasi blog tersebut dengan slide layaknya website toko online professional, dan saya juga tergoda untuk menampilkan gambar resolusi tinggi berukuran cukup besar, dan konsekwensinya blog menjadi berat dan loading tidak begitu cepat meskipun tak bisa dibilang lambat.

Saran saya jangan mudah tergoda untuk menghiasi blog dengan banyak widget-widget yang indah, background yang semarak, karena umumnya tampilan yang terlihat indah seringkali konsekwensinya memperlama loading blog.

Ketiga, total berat gambar yang terpasang di homepage blog toko online tersebut nampak agak kebesaran. Saya gunakan gambar produk dengan ukuran byte kebesaran yang diperkecil skala ukurannya. Padahal semestinya saya gunakan ukuran gambar yang sebenarnya, bukan diperkecil skala tampilannya.  Namun karena alasan terlalu ribet harus merubah ukuran untuk demikian banyak gambar,  saat ini hal itu saya nomor duakan. Dan saya bermaksud kelak mengubahnya.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
12 Januari 2012 pukul 06.22 ×

Wah ngaruh toh gonta ganti tampilan situs/blog di serp. . Sip gan thanx infoe

Reply
avatar
abdul majid
admin
12 Januari 2012 pukul 23.34 ×

HORIZON FITNESS: Benar sekali, Sebainya lakukan perbaikan desain di awal-awal pembuatan blog. Dan berhati-hatilah ketika posisi SERP sudah bagus.

Reply
avatar
sprei murah
admin
31 Mei 2012 pukul 23.24 ×

lumayan juga s , saya juga bikin kok toko onlie model blog , untuk seo sih fine2 aja malah lebih bagus

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon