Agar blog toko online tampil mengikuti ukuran layar

Bulan desember 2011 ini waktu saya benar-benar tersita untuk mendesain blog toko online untuk jualan.  Tampilan semula yang saya pikir telah nampak bagus selalu saja ada kekurangannya setelah dipelototi berjam-jam setiap hari.  Maunya saya menampilkan blog toko online saya terlihat sangat fresh, ringan dan mudah dibuka di semua jenis dan ukuran layar.  Dari layar komputer ukuran super lebar hingga layar handphone.

mendesain blog toko online
tampil normal
mendesain blog toko online
tampilan tertarik memanjang kesamping
Terkait dengan ukuran resolusi layar komputer yang pastilah tidak selalu sama untuk setiap orang, misalnya ukuran layar komputer saya disetel 1024 x 768 pixel, layar komputer di warnet dekat rumah saya berukuran 1600x1200 pixel, kemudian layar PC tablet teman saya kalau tidak salah berukuran 640 x 480 pixel.  Untuk tampil indah di setiap jenis ukuran layar tersebut saya bekerja keras menemukan caranya.

Semula template blog toko fashion online saya tidak kompatibel untuk resolusi diatas 1024 x 768 pixel, tampilan blog sisi paling kiri menempati sisi paling kiri layar, sedangkan tampilan sisi paling kanan menempel di sisi paling kanan layar, jadinya seperti saling menjauh yang menciptakan ruang kosong di bagian tengah. Ini terjadi bila ditampilkan di widescreen 1600 x 900 pixel .

Inilah yang saya harus benahi.  Sedikit terbiasa bergelut dengan kode program komputer dan tidak bosan mengutak atik template, akhirnya ditemukan juga cara agar tampilan blog jualan saya bisa tampil bagus mulai di layar ukuran 800 x 600 pixel, hingga ukuran 1600 x 980 pixel.  Jadi meskipun ditampilkan di layar ukuran super lebar tampilan  gambar produk di halaman blog tidak mengecil, sebaliknya tetap tampil normal seperti layaknya di layar ukuran yang jauh lebih kecil.

Lihat tampilan blog toko online di berbagai ukuran layar.


Umumnya kebanyakan blog tampil mengecil ketika ditampilkan di layar lebar, akibatnya gambar produk dan teks tidak terlihat jelas. Contoh teks di blog carabisnisonline.net saya terlihat mengecil ketika ditampilkan dilayar ukuran 1600 x 900 pixel, mereka yang berpenglihatan kurang tajam akan susah membaca artikel di blog tersebut.

Masalah tampilan yang saling menjauh antara sisi paling kanan dan sisi paling kiri blog sudah teratasi dan sudah pula berhasil menjadikan tampilan blog yang tidak mengecil meskipun ditampilkan di layar ukuran lebar, selanjutnya yang bikin pusing adalah tampilan produk yang ikut tertarik kesamping mengikuti ukuran layar ( seperti gambar sepatu yang memanjang tidak proporsional).

Solusinya sebisa mungkin saya perkecil ukuran panjang atau lebar produk, namun masih cukup wajar ketika ditampilkan di layar ukuran kecil.  Tapi saya belum lagi melihat tampilan blog jualan saya di layar PC tablet dan layar ukuran 3 inchi, 5 inchi, 10 inci dengan resolusi VGA.

Demikianlah sekedar berbagi pengalaman dalam utak-atik template.  Jadi dalam mendesain template blog atau memperindah blog jangan kita lupakan untuk melihat tampilan blog di berbagai ukuran layar.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
abdul majid
admin
18 Desember 2011 pukul 22.36 ×

Belajar bisnis: Terima kasih belajar bisnis telah memberikan penilaian untuk blog jualan saya, dan sepertinya apa yang belajar bisnis sarankan patut untuk dipertimbangkan. Terima kasih.

Reply
avatar
abdul majid
admin
6 Maret 2012 pukul 21.33 ×

AGUS MUNAWAR: Benar sekali melalui SMS lebih simpel. Terima kasih pujiannya. Segerah saya kunjungi

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon