Memasang gadget google search box di blog

Memasang gadget google search box dan daftar posting terbaru sangat penting bagi saya. Kenapa?. Sebenarnya bila pengunjung berada di homepage blog ini, pengunjung akan dapat dengan mudah menelusuri sepuluh posting terakhir yang saya terbitkan, karena desain homepage blog ini memungkinkannya, jadi keberadaan daftar posting terbaru tidak begitu diperlukan. Keberadaan daftar posting terbaru hanya berguna bila pengunjung sudah berada di halaman posting.

google search box
Bagaimana dengan Gadget google search box, nah, ini yang sangat penting menurut saya. Gadget search box membantu pengunjung mencari artikel tertentu yang ada di blog ini, artikel di blog dan website yang saya buat link nya di blog ini, dan artikel yang ada di website lain diluar keduanya. Terkadang kita ingin mencari artikel tertentu dengan mengetik kata kunci tertentu di search box, tanpa harus mengunjungi langsung blognya, gadget search box dapat diandalkan untuk tujuan tersebut.

Mungkin anda jarang memanfaatkan gadget search box yang biasanya tampil di sudut kanan atas blog atau website. Bila blog anda memiliki daftar blog teman yang tukaran link dengan blog anda, maka sebaiknya anda memasang search box.

cara memasang kotak pencarian google
Meskipun sangat bermanfaat, memasang search box di blog sangat mudah. Anda login ke blogger.com dan setelah berada di Dashboard anda klik Design, page elements, lalu klik Add a gadget. Pilih gadget search box dan letakkan di blog anda pada posisi yang anda sukai.

Template asli blog ini sebenarnya telah menyediakan form pencari artikel yang ada di sudut kanan atas, namun form tersebut hanya bisa menampilkan hasil pencarian artikel yang ditulis di blog ini, tidak dari blog teman yang di link dari sini, karena itu saya lebih memilih menggunakan google search box.

Itulah makanya saya sangat kecewa karena gadget search box tidak bisa tampil pada blog ini, padahal saya sudah memeriksa baris demi baris html blog, dan saya tidak menemukan listing kode yang salah. Meskipun pada hasil preview, gadget search box dapat ditampilkan, gadget search box tidak bisa ditampilkan ketika saya view blog ini.  Karena itulah form pencarian yang telah disediakan pada template asli blog ini, saya gunakan kembali.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
tas branded
admin
2 Februari 2012 pukul 20.25 ×

kok gak dikasih screenshot step by step sih?

Reply
avatar
abdul majid
admin
2 Februari 2012 pukul 21.33 ×

TAS BRANDED: Kalau yang dimaksud TAS BRANDED adalah langkah memasang google search box, di paragraf ke 5 telah saya tuliskan langkahnya. Saya tidak pasang srcreenshot step by step nya karena cara memasang google search box sangat mudah.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon