Membeli nama domain sebagai langkah awal membuat blog

Kegiatan online saya beberapa hari belakangan ini mengunjungi website domain tool yang beralamat di http://www.whois.sc/. Ketika saya memutuskan membeli nama domain untuk blog ini tiga bulan yang lalu, saya juga mengunjungi website ini. Saya mendapatkan banyak informasi nama domain yang bagus yang belum dimiliki orang, nama domain yang sudah dimiliki orang namun tidak digunakan, sampai nama domain yang dijual kepada siapapun yang berminat dengan kisaran harga mulai puluhan dollar sampai harga ribuan dollar.

Membeli nama domain namun tidak digunakan bukan hal yang dilarang untuk saat ini, dan membeli nama domain untuk kelak menjualnya kembali setelah dianggap memiliki harga yang pantas boleh-boleh saja, apalagi kalau berharga mahal.

Membeli nama domain adalah langkah awal membuat blog.

Pada awalnya kita membeli nama domain untuk membuat blog cukup mengeluarkan uang Rp.100.000,-, untuk masa pakai satu tahun dan setelah berusia katakanlah tiga tahun maka blog tersebut anggaplah berharga Rp.2.000.000,-, berarti kita mendapatkan keuntungan sekitar Rp.1.700.000,- tanpa menghitung ongkos hosting. Cukup menggiurkan.

Memperkirakan harga jual kembali sebuah blog dapat kita lakukan dengan menggunakan website penghitung harga untuk blog dengan variabel-variabel tertentu, misalnya apakah desain blog yang kita miliki unik, berapakah jumlah posting yang berusia 3 bulan yang mendapatkan kunjungan 100 pengunjung perbulan. Lalu berapa dollar uang yang kita dapatkan dari blog perbulan dan berapa usia blog kita, dll.

Kriteria diatas saya rasa bukan suatu yang mutlak meskipun masuk akal, karena ada banyak faktor yang menentukan harga jual sebuah blog. Entah kenapa nilai pagerank tidak dimasukkan dalam kriteria. Itulah mengapa blog saya ini dihargai lebih mahal dari harga blog teman saya yang telah memiliki pagerank 3 dan berusia lebih dua tahun, sedangkan blog saya ini baru berumur 6 bulan dan memiliki PR.0.

Setelah menganalisa lebih dalam dengan menggunakan website sejenis lainnya, saya dapati sebabnya adalah karena blog teman saya tidak menggunakan nama domain sendiri melainkan subdomain dari blogspot.com.
Menggunakan subdomain blogspot.com memang tidak dikenakan biaya sedikitpun, namun rendahnya harga jual kembali sebuah blog dengan subdomain blogspot.com, meskipun blog tersebut ramai pengunjung, memiliki PR 3 dan juga menghasilkan uang perbulannya patut menjadi pertimbangan.

Bandingkan dengan blog yang meski sedikit mendapatkan kunjungan, memiliki PR. 0 dan tidak menghasilkan uang tiap bulannya dan berumur masih sangat muda, namun karena menggunakan nama domain sendiri dihargai lebih mahal.

Mempertimbangkan Kenyataan di atas, mungkin anda yang memiliki blog dengan sub domain blogspot.com akan segera putar haluan untuk segera membeli nama domain. Anda tidak rugi membeli nama domain sendiri, meskipun anda tidak mendapatkan uang sedikitpun dari blog anda nantinya, dan anda masih harus keluar uang tiap tahunnya untuk membayar sewa nama domain.

Membeli nama domain sendiri merupakan keputusan yang tepat untuk anda lakukan sekarang, Bahkan untuk anda yang baru akan memulai membuat blog saya sangat menyarankan agar anda memulai dengan terlebih dahulu membeli nama domain untuk blogspot di penyedia jasa webhosting dalam negeri. Anda juga bisa membeli nama domain di blogger.com asalkan anda memiliki kartu kredit yang dapat diterima.

Bila anda memiliki nama domain yang kelak adalah nama domain yang sangat ingin dibeli oleh orang lain atau sebuah organisasi, mungkin harga jual kembali nama domain anda sangat mahal.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon