Bagaimana membangun merek yang sukses diterima pasar

Brand atau merek dagang membantu posisi produk di pasar, produk dengan merek yang sukses mudah diterima pasar. Karena itu sangat penting membangun merek atau brand.

Anda pasti kenal sharp, sony, yamaha, honda, dll. Kenapa Honda, yamaha, sharp, sony selalu laku terjual di Indonesia ?, jawabannya adalah karena merek sony, sharp, honda, yamaha, dikenal luas sebagai merek dengan kwalitas yang terpercaya.

Karena itu langkah pertama membangun merek adalah memperkenalkan brand atau merek dagang sebuah produk dan menanamkan sifat dan deskripsi unggul yang melekat pada brand atau merek dagang tersebut ke memori masyarakat.

Ada banyak cara membangun merek, diantaranya yang populer yang perlu anda pertimbangkan adalah seperti cara cara berikut ini:

Menjadi sponsor sebuah even.
Setiap even besar yang terkenal pastilah ada banyak perusahaan yang bersaing untuk menjadi sponsor, kenapa ?, even yang besar dan terkenal pasti akan dihadiri, dilihat atau ditonton oleh banyak orang, baik orang yang menonton secara langsung atau menonton melalui media seperti televisi. Ketenaran sebuah even akan ikut mendongkrak ketenaran sebuah merek yang menjadi sponsor.

Even terbesar sepak bola negara Asia Tenggara Tahun 2010  adalah AFF,  dan Suzuki menjadi sponsor utama even tersebut. Suzuki mengklaim salah satu sebab terjadi peningkatan penjualan produk otomotif suzuki yang drastis selama akhir tahun 2010 ini adalah karena menjadi sponsor pertandingan sepak bola terbesar Asia Tenggara.

Pada saat seluruh perhatian masyarakat Indonesia tertuju pada prestasi bagus Timnas Sepak bola pada  kejuaraan AFF Cup tahun 2010 ini, saat yang bersamaan juga perhatian masyarakat terbagi pada produk mobil merek Suzuki yang menjadi sponsor, untuk sesaat masyarakat ikut jatuh cinta pada mobil merek zuzuki.
Penonton yang menghadiri even atau menonton even tersebut sekaligus juga melihat dan menonton produk merek suzuki.

Tentu saja untuk menjadi sponsor sebuah even anda harus mempertimbangkan kemampuan keuangan perusahaan anda. Menjadi sponsor sebuah even membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Anda bisa memulai dengan ikut bergabung dengan sponsor lain mensponsori even-even kecil terlebih dahulu,  disesuaikan dengan kemampuan keuangan anda.

Memasang iklan di media massa. 
Anda perhatikan di media massa seperti televisi, nyaris separuh dari apa yang ditayangkan di televisi adalah iklan produk, itu juga usaha memperkenalkan merek produk ke masyarakat luas, terlepas apakan iklan yang ditayangkan tersebut akan berhasil meningkatkan penjualan, setidaknya anda sudah memperkenalkan merek produk anda ke masyarakat banyak.

Anda juga sebaiknya membangun merek anda melalui media online. Untuk itu anda memerlukan sebuah website atau blog. Anda harus menggunakan merek anda sebagai nama domain untuk blog.

Ketersediaan produk
Produk anda harus selalu tersedia kapanpun ada permintaan. Anda harus selalu bisa mendistribusikan produk tepat waktu,  dengan jumlah sesuai permintaan.

Memiliki show room yang representatif. 
Tentu saja mengikuti kemampuan keuangan anda, dalam hal ini anda perlu memperhatikan lingkungan, desain interior dan eksterior ruangan dimana produk anda di pajang.

Anda perhatikan KFC, KFC selalu di jual di tempat yang berkelas, restoran kfc memiliki tampilan yang menarik, berkelas, terkesan mewah, restoran kfc selalu hadir di mall, supermarket yang sering didatangi masyarakat kelas menengah keatas.

Pernahkah anda melihat kfc dijual di gerobak dorong, atau dipajang di warung tenda ?, atau pernahkah anda melihat restoran kfc jorok, mejanya reot, bangkunya tambalan, lantainya kotor menjijikkan.

Coba anda jualan kopi cappucino di cafe di sebuah mall, disaat yang sama anda juga jualan kopi cappucino di warung dalam lorong disamping kantor anda.  Lalu anda bandingkan, untuk satu cangkir caffucino ukuran kecil yang dijual di mall anda bisa menetapkan harga katakanlah RP. 5000,-, tetapi di warung dalam lorong samping kantor anda harga RP.3000,- sudah kemahalan. Kenapa, karena jualan di kedai dalam lorong identik dengan harga murah, dan kadang-kadang malah dianggap murahan.

Kemasan produk yang menarik
Anda harus memberikan sentuhan keindahan pada kemasan produk yang mengusung merek anda. Produk yang biasa-biasa saja akan bernilai lebih bila dikemas dengan baik.


Mempertahankan Kwalitas produk dan menjaga reputasi merek  
Setelah merek  anda dikenal oleh masyarakat selanjutnya anda harus terus mempertahankan kwalitas produk dengan merek tersebut, dan secara terus menerus menjaga persepsi baik masyarakat  terhadap produk anda.  Anda harus juga menjaga reputasi online merek anda.

Anda pasti mengetahui sepeda motor china, seperti beijing, jialing, tossa dll. Berapa banyakkah sepeda motor tersebut dikendarai di jalan raya bila dibandingkan sepeda motor jepang seperti Honda, yamaha, suzuki dan kawasaki. Kenapa sepeda motor produksi china tidak dapat bertahan eksis dan diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia, Kalau anda tanyakan pada kebanyakan pengguna sepeda motor di Indonesia, jawabannya adalah karena kwalitas sepeda  motor produk china dikenal kalah bersaing dengan sepeda  motor produk Jepang, sepeda motor china identik dengan kwalitas rendahan, cepat rusak, tidak irit bahan bakar, tidak dapat berlari kencang, dll. Deskripsi merek tersebut sudah tertanam dalam memori masyarakat Indonesia.

Sepeda motor china harganya murah, memang, apakah dengan harga murah sepeda motor china mampu bersaing dengan sepeda motor jepang yang berharga lebih mahal.

Untuk membangun merek yang sukses, produsen sepeda motor china harus membuat sebuah produk sepeda motor yang memiliki kwalitas yang dapat diadu dengan sepeda motor jepang, dan hasil uji dipublikasikan di media massa.  Hasil uji yang dipublikasikan di media massa akan mampu merubah persepsi masyarakat tentang merek.

Selama Produsen sepeda motor china tidak mampu membuat sepeda motor berkwalitas yang mampu bersaing dengan sepeda motor jepang untuk segment konsumen yang sama, maka merek atau brand sepeda motor china tidak akan sukses di pasaran Indonesia.  

Dan akhirnya yang sangat penting dalam membangun dan mengelola merek adalah memastikan setiap transaksi, aktifitas dan apapun yang terkait dengan merek anda selalu positif.

Semoga tulisan diatas bermanfaat menambah masukan untuk anda membangun merek yang sukses.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonim
admin
21 Februari 2011 pukul 08.11 ×

artikel yang menarik sekali mas, thanks for sharing

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon