Manajemen Reputasi Online

Kabar baik cepat tersebar; kabar buruk tersebar lebih cepat. kasus-kasus pencemaran nama baik merajalela, dan kadang-kadang tak berdasar, publikasi online negatif telah mempengaruhi citra merek banyak perusahaan. Pada tahun 2005, sebuah tulisan seorang blogger yang mengkritik layanan dukungan Dell menurunkan reputasi perusahaan tersebut. Dunia bisnis menyadari akan pentingnya memainkan peran aktif dalam manajemen reputasi online.

Manajemen Reputasi Online (MRO) melibatkan tidak hanya menganalisa semua yang sedang ditulis tentang merek online anda, tetapi juga memperbaiki kerusakan yang ditemukan dan membangun citra positif. Kampanye MRO yang berhasil harus melibatkan hubungan masyarakat dan pemasaran mesin pencari. Anda harus memastikan bahwa hal-hal baik yang sedang berkata tentang bisnis anda di berbagai situs web dan situs-situs ini mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari (search engine).

Bagaimana memonitor / melacak reputasi online anda.

Pemantauan berkala terhadap media online akan membantu anda mengawasi persepsi umum tentang anda. Hal ini juga akan mengingatkan anda dalam kasus pelanggaran hak cipta, kampanye negative pesaing, dll

Ada banyak alat online dapat anda gunakan agar anda tetap berada satu langkah di depan dan segera mengambil tindakan untuk reputasi perusahaan anda. Google Alerts adalah alat monitor yang paling populer yang akan melacak dan memberitahukan anda jika nama merek perusahaan anda muncul dalam berita, feed, video, blog dan hasil web. Ada alat khusus pencarian blog seperti Technorati dan Feedster. Twitter, pencarian facebook dan pergaulan di media Sosial lainnya juga dapat membantu anda menangkap buzz tentang bisnis anda di situs jaringan sosial.

Bagaimana memperbaiki reputasi online anda.

Dengan pertumbuhan media user-generated seperti blog, Tweets dan facebook, kemungkinan menciptakan publisitas negatif juga meningkat. Langkah pertama untuk mengatasi komentar negatif adalah dengan kehadiran anda secara nyata di situs web populer yang dihasilkan konsumen. Menanggapi kritik terhadap perusahaan anda di situs tersebut akan membangun kepercayaan terhadap merek anda. Dalam kasus proyeksi yang tidak akurat, anda dapat meminta penulis komentar untuk menggarisbawahi posting mereka dengan memberikan bukti substansial.

Press release dapat diposting di situs pengiriman press release populer. Artikel para ahli yang berkaitan dengan industri Anda dapat disampaikan ke situs terkenal dengan back-link ke website Anda.

Anda juga dapat membeli domain dengan nama merek perusahaan anda (misalnya jika perusahaan anda disebut "tokobermutu", tokobermutu.com, tokobermutu.net atau tokobermutu.co.id adalah beberapa nama domain, dan anda dapat memesan domain tersebut) untuk mencegah orang memakai nama-nama tersebut dengan niat jahat mereka terhadap perusahaan anda.

Kadang-kadang, perbaikan dapat menjadi proses yang melelahkan. Perusahaan sering menggunakan teknik optimasi mesin pencari untuk menekan situs negatif dan meningkatkan visibilitas situs web dengan konten positif.

Bagaimana meningkatkan reputasi online anda.

Sebuah langkah penting dalam meningkatkan reputasi online adalah dengan penciptaan sentimen positif melalui berbagai flatform konten. Ini berarti anda harus sepenuhnya menggunakan aset online anda. Mulailah dengan mengoptimalkan situs web perusahaan anda sehingga mendapat peringkat teratas di mesin pencari.

Manfaatkan hubungan anda dengan mitra anda untuk meminta mereka memasukkan informasi tentang perusahaan anda di situs Web mereka. Mengatur dan memelihara blog yang menyoroti produk anda, testimonial pelanggan, layanan dan berita perusahaan yang terkait. Ide ini melibatkan banyak situs (yang berbicara positif untuk merek anda) yang ditampilkan pada halaman pertama oleh mesin pencari (search enggine). Dalam hal ini menggunakan mitra yang memiliki peringkat tinggi akan juga sangat membantu.

Manajemen reputasi online proaktif dalam membantu orang dan perusahaan-perusahaan. Itu salah satu alat terbaik untuk mengumpulkan umpan balik yang berguna dari pelanggan. Dalam kasus pengaduan, ia memberikan kesempatan untuk mengambil tindakan dini dan mencegah terjadinya krisis tiba-tiba. Di atas semua itu, apa yang membuat MRO strategi bisnis yang penting adalah dapat memainkan peran untuk mempengaruhi media online yang saat ini perkembangannya sangat pesat.

sumber : www.site-reference.com
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon