Menulis artikel yang berkualitas dan bernilai tambah di blog

Beruntunglah anda yang yang memiliki keahlian tertentu dan memiliki kemampuan menulis yang baik, karena keahlian anda dan kemampuan menulis  yang baik, sangat mendukung kegiatan anda di dunia online khususnya blog. 

Memiliki blog yang bernilai berarti anda memiliki kewajiban secara rutin menulis untuk mengisi konten blog anda. Dengan secara rutin menulis artikel baru maka search engine akan menganggap blog anda  berkwalitas dan bernilai tambah.

Bagi anda yang tidak memiliki kemampuan yang baik dalam aktifitas tulis-menulis anda akan merasakan "terbebani" oleh keharusan secara rutin menerbitkan artikel di blog anda

Apa yang kita tulis harus memberikan manfaat kepada pembaca.

Ada banyak blogger yang merasa tidak pandai menulis artikel dan barangkali banyak juga diantaranya mempertimbangkan untuk memakai jasa orang lain untuk menulis di blog mereka. Karena itu kelak jasa penulisan posting blog akan menjadi cara mendapatkan uang yang menjadi populer. Seperti halnya tulisan di media cetak, tulisan di blog juga haruslah berkwalitas atau setidaknya memiliki nilai tambah untuk memberikan manfaat langsung kepada pembaca.

Namun bila anda sekedar hanya untuk mengisi blog anda dengan artikel terbaru secara rutin mungkin terbetik dalam hati untuk mengcopy paste tulisan orang lain dengan sedikit melakukan perubahan disana-sini agar tidak benar-benar mirip dengan tulisan aslinya. Atau anda boleh juga menulis hanya sekedar menerbitkan artikel untuk secara rutin memperbarui konten blog anda, tanpa memperdulikan nilai tambah yang ada pada artikel tulisan anda, semuanya terserah anda.

Asalkan anda rutin menerbitkan artikel dan menerapkan teknik SEO yang benar kesempatan untuk artikel anda tampil di halaman pertama google dan berperingkat yang baik terbuka lebar, terlepas dari ada atau tidaknya nilai tambah pada artikel anda.

Apapun yang anda lakukan baik dengan mengisi sendiri konten blog anda, ataupun menggunakan jasa orang lain untuk mengisi konten blog anda, satu hal yang harus dipertimbangkan adalah kwalitas tulisan.

Disinilah tanggung jawab kita sebagai blogger, menerbitkan konten yang memberi nilai tambah, menulis sesuatu berdasarkan fakta dan melalui analisa.


Apakah artikel di halaman pertama google benar-benar berkualitas.

Kita rasanya sepakat kalau sebenarnya kita tidak benar-benar yakin bahwa setiap artikel yang tampil di halaman pertama adalah artikel yang paling bernilai, kenapa, ada banyak situs yang online di jagat internet, dan puluhan ribu diantaranya  menuliskan artikel yang bertema sama.

Sulit untuk meyakini bahwa google telah memberikan hasil yang berkwalitas, kecuali bila google mengetahui yang mana dari satu juta hasil pencarian yang benar menurut pengetahuan google. Itu artinya google harus memiliki pengetahuan yang luas tentang segala hal, atau google mengetahui segalanya lebih tahu dari siapapun penulis di bumi ini.

Saya pikir bahwa google sebenarnya menilai suatu tulisan itu layak berada di halaman pertama berdasarkan letak, jumlah, dan ditulis di blog mana. Bukan berdasarkan makna dari keseluruhan artikel. Jadi meskipun artikel anda sebenarnya asal-asalan atau cerita bohongan, menipu, tidak berdasarkan pakta tapi bila anda dapat meletakkan kata kunci pada tempat yang tepat dalam artikel, dengan jumlah kata kunci yang memadai, dan blog anda sudah berusia tua, dan katakanlah memiliki ranking alexa 10, artikel asal-asalan anda akan duduk di posisi nomor pertama di halaman pertama.

Lalu kalau begitu apakah pengunjung internet kini layak mengandalkan google untuk mencari informasi yang benar-benar diharapkan hanya berdasarkan ranking search engine suatu artikel.

Meskipun anda seorang profesor yang diakui kepakaran anda, belum tentu artikel yang anda tulis akan tampil di halaman pertama, bila artikel anda ditulis dengan tidak menerapkan teknik SEO yang benar, dan ditulis pula di blog yang baru berusia dua bulan. Artinya pembaca akan sangat kesulitan menemukan tulisan anda yang sangat bernilai tersebut.

Sampai disini timbul di pikiran saya barangkali kelak akan ada lagi perbaikan algoritma penentuan ranking situs web dengan memasukkan kriteria siapa penulis artikel sehingga google akan benar-benar menyajikan artikel yang sangat berkwalitas di halaman hasil pencariannya.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon