MozRank salah satu jenis pemeringkatan situs web

Ada beberapa jenis pemeringkatan situs web yang kita kenal yaitu, PageRank, Alexa Rank, Compete Rank, dan mozRank. Dari beberapa jenis (sebutan atau apapun namanya ) pemeringkatan situs web tersebut dua diantaranya sudah sangat familiar dengan blogger yaitu PageRank dan Alexa Rank. Akan halnya dengan Compete Rank dan mozRank, keduanya kurang mendapatkan perhatian dari blogger, karena sangat sedikit tulisan tentang kedua jenis pemeringkatan tersebut.

Berikut ini saya menulis sedikit informasi tentang mozRank. Meskipun mozrank bukan sesuatu yang baru, karena trend di Indonesia adalah PageRank dan Alexa Rank, saya bermaksud memberikan sedikit penyegaran pengetahuan pembaca tentang mozRank.

Pengertian MozRank.

Mozrank adalah metrik popularitas link SEOmoz yang menunjukkan seberapa populer (dinilai berdasarkan link) sebuah halaman web di internet.

MozRank (mR) menunjukkan seberapa populer suatu halaman web tertentu di web. Halaman dengan skor mozRank (populer) tinggi cenderung berperingkat lebih baik di search engine.

Semakin banyak link ke suatu halaman tertentu, semakin halaman tersebut menjadi populer. Link dari halaman yang penting (seperti www.cnn.com atau www.irs.gov) lebih meningkatkan popularitas suatu halaman, dan juga peringkat mozRank, dari pada link dari website yang tidak begitu populer.

Peringkat MozRank sebuah halaman web dapat ditingkatkan dengan mendapatkan banyak link dari halaman semi-populer atau beberapa link dari halaman yang sangat populer.

MozRank secara umum mengacu kepada SEOmoz, logaritmis skala ukuran 10-poin  popularitas link global. MozRank sangat mirip dalam hal tujuan pengukuran nilai statis pentingnya sebuah halaman web (yang berarti nilai pentingnya dari query tertentu) yang digunakan oleh mesin pencari (sama halnya dengan Google PageRank atau FAST / AlltheWeb 's StaticRank).  Search engine sering memberi peringkat lebih baik untuk halaman dengan kwalitas global link lebih tinggi  dari pada untuk halaman dengan kwalltas global link yang lebih rendah. Karena ukuran nilai seperti mozRank bersifat global dan statis, kekuatan peringkat ini berlaku untuk berbagai kata kunci pencarian, dari pada pengoptimalan halaman secara khusus untuk kata kunci tertentu.

Intuisi di belakang mozRank adalah untuk menunjukkan sifat demokratis web. Setiap halaman memiliki satu suara dan halaman-halaman tersebut dapat memberikan suara  dengan menghubungkan ke halaman web lain. Setiap kali sebuah halaman membuat link keluar menuju suatu halaman tertentu maka semua link yang lain dari halaman tersebut sedikit terdilusi. Dengan demikian, halaman yang banyak membuat link ke banyak halaman lain  tidak mampu memberikan suara yang bernilai lebih baik dari suara dari halaman yang memiliki link hanya ke beberapa halaman lainnya. Jika satu halaman yang terhubung dengan halaman yang sama 1000 kali, tentu tidak adil bila hal itu akan membuat halaman tersebut berperingkat lebih tinggi.

Jadi bahwa suatu halaman web tertentu hanya memiliki jumlah link secara kuantitatif. Halaman yang menerima banyak link (suara) dianggap lebih berwibawa dan mampu memberikan nilai lebih bermutu untuk halaman lain melalui link yang ia berikan.


Eksternal mozRank.

Sementara mozRank mengukur kekuatan link, baik link internal dan eksternal, mozRank eksternal hanya mengukur jumlah mozRank yang datang dari link eksternal (link yang terletak pada domain yang berbeda). Karena link eksternal dapat memainkan peranan penting sebagai sebuah dukungan yang independen, mozRank eksternal merupakan metrik yang penting untuk memprediksi peringkat search engine.


Domain mozRank-Level (DMR).

MozRank (DMR) level domain mengkuantifikasi popularitas suatu domain yang diberikan dibandingkan dengan semua domain lainnya di web. DMR dihitung baik untuk subdomain dan root domain. Metrik ini menggunakan algoritma yang sama seperti mozRank, namun berlaku untuk "grafik link level domain" (Pandangan dari web yang hanya melihat pada domain secara keseluruhan dan mengabaikan pandangan untuk setiap halaman). 

Melihat  dengan perspektif domain menawarkan wawasan tambahan tentang otoritas nilai rujukan umum atau nilai dari sebuah domain. Sama seperti halaman dapat mendukung halaman lain, link yang melintasi batas-batas domain (misalnya, dari sebuah halaman di searchengineland.com ke halaman di www.seomoz.org) dapat dilihat sebagai dukungan oleh sebuah domain yang lain.

Demikianlah sedikit sharing tentang MozRank yang saya ambil dari Seomoz.org, sebuah situs rujukan penting tentang SEO. Ketertarikan saya menulis tentang mozRank karena sangat sedikit informasi tentang MozRank yang ditulis oleh blogger.

Sebagai tambahan bahwa biasanya nilai mozRank tidak berbeda jauh dengan nilai PageRank, akan tetapi dalam banyak kasus nilai pageRank akan berbeda jauh dengan mozRank khususnya dalam hal merosotnya nilai PageRank tidak mempengaruhi nilai mozRank. Dan situs blog panduan bisnis online ini baru memiliki peringkat mozRank 1,40 dan PageRank 0.  Situs terkenal www.about.com memiliki nilai pageRank 8 dan mozRank 7,04.

Demikianlah, silahkan pembaca berikan tambahan informasi tentang mozRank di kotak komentar. Terima kasih. 

Previous
Next Post »

9 comments

Click here for comments
Dian
admin
31 Maret 2011 pukul 22.04 ×

Nice info
Terimakasih.. saya jadi tauni..

Reply
avatar
16 Juli 2012 pukul 10.01 ×

Anda ga ya cara untuk melihat DmR suatu website?

Reply
avatar
16 Juli 2012 pukul 10.04 ×

Selain PR ada lagi ya untuk mengetahui suatu website terkenal atau tidak. thx infonya

Reply
avatar
abdul majid
admin
16 Juli 2012 pukul 19.17 ×

AMSTRONG INDONESIA: Coba cek di icon control browser google chrome anda, cari Mozbar di menu ekstensi mungkin sudah tersedia, lalu aktifkan. Kalau tidak ada di menu ekstensi silahkan kunjungi seomoz.org

Reply
avatar
abdul majid
admin
16 Juli 2012 pukul 19.24 ×

SECURITY SERVICE: Baik nilai PR ataupun nilai MozRank atau metrik lainnya hanyalah berupa nilai popularitas sebuah WEB atau blog menurut kriteria tertentu. Yang paling penting adalah bagaimana nilai popularitas tersebut membawa kita pada pencapaian tujuan.

Reply
avatar
12 April 2013 pukul 10.57 ×

terima kasih informasinya.

Mozrank saya 4.79.

Reply
avatar
abdul majid
admin
12 April 2013 pukul 18.16 ×

Terima kasih telah berkunjung. Selamat nilai MozRank situs anda cukup tinggi sekali.

Reply
avatar
27 Februari 2014 pukul 18.34 ×

Wah mozrank saya kok berbeda ada yang 2.56 ada juga 3.65 jadi bingung hehe

Reply
avatar
21 Maret 2018 pukul 11.19 ×

moz rank ane nol mulu gan dari dulu.. gimana ya gan biar ada angkanya?

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon