Punya ide bisnis kecil, realisasikan dalam praktek bisnis nyata

Boleh jadi kita memiliki banyak ide bisnis kecil dalam kepala kita, dan apakah ide - ide bisnis kecil yang muncul di kepala kita realisasikan dalam praktek bisnis nyata ?. Lalu apa artinya memiliki banyak ide bisnis bila tetap tertinggal dalam kepala.

Kita mungkin memiliki ide bisnis kecil yang cemerlang, misalnya ide menciptakan produk skala usaha kecil, atau jenis layanan baru yang benar-benar baru. Kita telah mencoba mengkalkulasi dan kita yakin bahwa ide bisnis tersebut benar-benar dapat mendatangkan keuntungan materi untuk kita, lalu kenapa tidak direalisasikan ?.

Ada banyak jawaban yang mungkin kita katakan untuk hal diatas: tidak punya modal, tidak punya keahlian yang mendukung realisasi ide tersebut, tidak punya waktu, tidak ingin menanggung resiko merugi, dan banyak "tidak" lainnya.

Realisasikan ide bisnis kecil anda dalam praktek bisnis nyata.

Seorang teman saya pada awalnya tidak memiliki kemampuan yang cukup dalam  urusan mengoperasikan komputer, dan ia memiliki ide bisnis kecil yang dapat direalisasikan menggunakan komputer. Yang pertama ia lakukan adalah membeli komputer bekas pakai secara kredit, lalu dengan komputer seken itu ia belajar mengoperasikan komputer, kemudian  membeli sebuah printer "biasa" yang mendukung ide bisnisnya.

Lalu karena kekurangan modal, ia manfaatkan kamera handphone yang ia miliki, sebuah handphone dengan kualitas kamera menurut saya "ala kadarnya". Jadilah ia memiliki usaha bisnis kecil jasa cetak photo digital menggunakan komputer dan printer apa adanya.

Kemudian beberapa bulan yang lalu ia melihat sebuah aksesoris yang dikenakan oleh seorang remaja wanita, dan timbul ide bisnis dikepalanya untuk membuat produk sejenis, dan ternyata produk tersebut dapat ia buat dengan peralatan dan teknik sederhana memanfaatkan komputer dan printer apa adanya. Ia realisasikan ide bisnis kecil tersebut, dan hasilnya ia mendapatkan uang dari ide bisnis yang ia realisasikan tersebut.

Apa yang dapat saya petik dari pengalaman sang teman adalah realisasikan setiap ide bisnis kecil yang muncul di kepala, dan mulailah usaha bisnis kecil dengan "apa adanya".

Dalam bahasan artikel ini saya maksudkan adalah kita seringkali dibatasi oleh pemikiran "memulai dengan sesuatu yang lebih baik", peralatan dan perlengkapan yang lebih lengkap. Kita sering tidak bisa memanfaatkan apa yang sudah kita miliki.

Mungkin ada banyak ide bisnis kecil dalam kepala kita, seperti sang teman yang ingin membuat usaha kecil cetak photo digital dengan menggunakan printer seadanya. Kalau kita berpikir untuk cetak photo digital kita memerlukan sebuah printer yang "benar-benar bagus", lalu karena tidak punya uang untuk membeli printer yang "benar-benar bagus" kita jadi batal membuka usaha cetak photo digital?.

Sebenarnya ada jenis konsumen yang dapat kita penuhi kebutuhannya hanya dengan kualitas produk yang menurut kita "seadanya". Namun menurut konsumen "lebih dari cukup".

Intinya, realisasikan ide-ide bisnis kecil yang ada di kepala kita, mulailah dari "seadanya", setelah nanti modal usaha kita bertambah kita bisa melanjutkan dengan meningkatkan kualitas menjadi "benar-benar bagus". Jangan sampai ide bisnis yang muncul di kepala kita keburu direalisasikan orang lain.

Tinggalkan teori-teori bisnis rumit yang anda dapatkan di bangku kuliah, belajarlah dari para pebisnis kaki lima,  pebisnis kecil yang menjajakan dagangannya di lapak-lapak dan petak-petak kecil di pasar tradisional. 

Terima kasih, semoga artikel ini menjadi masukan bagi anda, dan menginspirasi anda agar bersemangat memulai usaha kecil dengan modal apa adanya.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Bunda
admin
26 Juni 2016 pukul 23.47 ×

Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
Tuhan memberkati Anda.

Reply
avatar
Unknown
admin
17 Juli 2016 pukul 15.04 ×

Dubril Bandan Kredit, menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
Email: dubrilloanfirm@gmail.com
Skype: dubrilloanfirm1

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon