Akibat Blogger.com tidak bisa diakses jumat 13 Mei 2011


blogger.com tidak bisa diakses 13 Mei 2011Blogger.com tidak bisa diakses selama lebih dari 16 jam benar-benar membuat saya kecewa. khususnya akibat error yang dialamai blogger.com terhadap blog ini.
Sejak jam 6:30 hari jumat 13 Mei 2011 saya sudah duduk didepan komputer untuk mengakses internet. 
Seperti biasa yang pertama saya lakukan adalah melihat data traffik kunjungan ke blog yang saya miliki. Lalu membuka blog bisnis online ini, ketika sebuah halaman blog ini terbuka saya melihat tulisan terpajang di kotak komentar seperti gambar disamping.

Blogger.com tidak bisa diakses saat ini silahkan klik "blogger status" untuk informasi lebih detail. Blogger.com menghilang dari internet berarti saya tidak bisa akses akun blogger saya, padahal ada sesuatu yang sangat penting yang harus saya lakukan dengan desain blog untuk bisnis, apa boleh buat.

Selama ngeblog dengan blogger.com baru kali ini saya benar-benar "dikecewakan". Tapi saya sadar saya toh tidak membayar apa-apa untuk menggunakan jasa blogger.com untuk membuat dan mengelola blog informasi bisnis ini, yang terus terang blog ini  dalam jangka panjang diproyeksikan sebagai media branding saya, sekaligus diharapkan menjadi sumber penghasilan tambahan.

Tapi dalam kasus ini saya tidak soroti perihal gratis yang karena itu saya tidak harus merasa "dikecewakan apalagi merasa dirugikan". Saya hanya membayangkan sebuah website sebesar blogger.com harus tidak bisa memberikan layanannya selama lebih dari 16 jam. Bagaimanakah lagi untuk website kecil?. Apa gerangan yang terjadi dengan blogger.com.

Berapa kerugian yang dialami webblog pengguna jasa hosting blog gratis blogger.com, lalu berapa pula kerugian yang dialami oleh blogger.com karena tidak bisa memberikan layanan berbayar selama belasan jam. Lalu berapa kerugian yang saya alami he.. he.... he2000x.
Karena sudah terlanjur nyetel dengan blogger.com saya tidak berencana untuk pindah hosting gratis ke wordpress.com misalnya. Akun wordpress.com saya sampai saat ini telah beberapa bulan tidak bisa diakses alias ditutup oleh wordpress.com, sehingga saya tidak bisa lagi mengelola blog wordpress saya. Kalau saya harus kecewa tentu kepada wordpress.com lah saya lebih dikecewakan.

Dari kejadian seperti ini saya sepertinya cenderung berpikir ulang tentang blogger.com sebagai sebuah hosting blog gratis dalam bubungannya dengan masa depan blog saya, dan karena itu saya memerlukan sebuah solusi antisipasi, solusinya saya namakan "blog cadangan". Jadi maksud saya begini, bila blog blogger.com saya tidak bisa diakses maksimal atau malah hilang dari peredaran, saya masih punya blog lain misalnya blog wordpress.com dengan materi yang juga mendukung "pembangunan" branding saya.

Karena itu saya kembali mempertimbangkan untuk membuat akun baru di wordpress.com, karena sepertinya akun lama saya tidak bisa lagi diakses. Meskipun sebenarnya mengelola blog blogspot lebih saya sukai karena kemudahan mengutak-atik kode HTML blog. Memodifikasi tampilan blog mengasyikkan sekali bagi saya, sesuatu yang tidak bisa saya lakukan untuk blog wordpress.

Lagi pula membuat blog wordpress berarti saya harus mulai lagi dari awal, dan butuh waktu yang panjang untuk bisa memiliki sebuah blog yang teroptimasi dengan baik.

Dan tepat jam 23:40 tanggal 13 Mei 2011 blogger.com kembali bisa diakses, namun saya keburu mengantuk sehingga artikel keluhan ini baru bisa diterbitkan jam 9 malam ini tgl 14 Mei 2011.

Meskipun blogger.com telah kembali online, tapi artikel terakhir yang saya terbitkan tanggal 11 Mei 2011 diberi aksesori tambahan oleh blogger.com, dan satu buah komentar berharga dari pengunjung blog ini belum sempat saya tanggapi keburu terhapus oleh blogger.com sebagai akibat terjadinya masalah ini. Saya mohon maaf karena belum sempat menanggapi pertanyaan dari pengunjung tersebut.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Darin
admin
15 Mei 2011 pukul 21.04 ×

Saya tahu berita ini juga dari teman2. Benar juga, sangat susah untuk migrasi bila sudah terlanjur teroptimasi ya?
Kalau menurut saya, jika ingin branding dalam jangka panjang, WP dengan self-hosted lah yang terbaik. Tapi memang selera masing2 narablog sih :)

Sukses selalu mas.

Reply
avatar
Abdul Majid
admin
15 Mei 2011 pukul 23.57 ×

Darin benar, saya juga mulai berpikir kearah sana, terima kasih kunjungan dan sarannya.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon