Etika menerbitkan artikel copy paste dan pengaruhnya terhadap eksistensi online anda

Hari ini semangat menulis saya dinyalakan oleh fakta bahwa beberapa artikel yang saya tulis di blog ini telah dicopy paste dan diterbitkan di beberapa blog lain. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya khusus kepada anda yang telah menerbitkan artikel saya di blog anda dengan membuat beberapa link menuju blog bisnis online saya ini.

Dan khusus kepada anda yang juga telah mengkopy paste namun tidak menampilkan satupun link balik menuju blok ini, meskipun anda menuliskan sumber artikel saya juga mengucapkan terima kasih yang biasa.

Selanjutnya untuk peng copy paste yang tidak menampilkan link sumber menuju blog saya ini, dan malahan artikel saya yang anda terbitkan anda ganti judulnya, sehingga menduduki posisi atas untuk kata kunci yang anda targetkan saya juga ucapkan terima kasih yang sekecil-kecilnya.

Untuk yang terakhir ini anda yang mengcopy paste artikel dan menampilkan link yang malahan menuju blog pengkopy paste artikel saya, saya menyarankan agar anda meneliti lebih lanjut untuk menemukan sumber sebenarnya dari artikel yang anda copy paste sebelum anda terbitkan.

Meng copy paste artikel hasil copy paste akan merusak nilai eksistensi online anda dan memberi nilai buruk untuk blog anda dimata orang yang mengetahui setidaknya dimata saya. Dan umumnya anda pengkopy paste artikel yang tidak membuat link sumber biasanya tidak menampilkan identitas diri baik alamat email, no.handphone, photo, bahkan alamat akun blogger.

Menerbitkan artikel asli karya sendiri jauh lebih baik dari artikel copy paste.
Sebenarnya saya merasa tersanjung karena anda telah copy paste artikel saya, itu menunjukkan artikel saya bernilai menurut anda. Namun bila anda tidak menuliskan sumber artikel, itu akan merugikan anda kelak dikemudian hari.  Ngeblog adalah media atau cara melatih kemampuan kita dalam menulis artikel dan media penyiaran ide dan pemikiran kita kepada masyarakat online.

Tidak ada satupun blogger yang sudah lama ngeblog khususnya blogger senior yang sukses mengelola blog dan membangun brand dengan artikel copy paste. Karena itu mereka tidak akan menertawakan atau merendahkan anda yang menulis artikel asli karya anda sendiri, meskipun menurut anda tulisan yang anda terbitkan tidak menarik, tidak bernilai, tidak memiliki struktur kata dan kalimat yang baik. Dimata mereka anda adalah blogger yang terhormat dan aset berharga dunia online masa depan.

Menerbitkan artikel karya anda sendiri akan berdampak sangat baik untuk anda sendiri kelak dikemudian hari setelah anda lama ngeblog. Coba anda bayangkan bagaimana perasaan bangga, senang, haru pada saatnya nanti anda menghitung jumlah artikel karya anda yang ratusan judul atau bahkan ribuan judul. Lalu dari tulisan pertama hingga tulisan yang terakhir anda terbitkan anda bisa menelusuri jejak-jejak pemikiran anda yang tertuang dalam tulisan. Bukan itu saja, bila sejak awal anda membiasakan diri menulis karya sendiri sebenarnya anda telah membangun merek ( brand ) sendiri.

Link sumber menuju blog ini adalah sumbangan anda yang sangat berharga.
Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada anda yang telah menerbitkan ulang artikel saya di blog anda, dan menampilkan link menuju blog ini, apa yang anda lakukan saya nilai sebagai sebuah sumbangan yang sangat berharga untuk memotivasi saya agar terus menulis.

Karena itu saya sangat tidak keberatan anda copy paste artikel saya, asalkan anda menuliskan sumber dan  menampilkan dua buah link saja menuju blog ini. Tapi jangan semua artikel saya dicopy paste yaa, satu judul saja dalam satu bulan. Saya menyarankan anda membatasi jumlah artikel saya di blog anda, tujuannya agar anda lebih kreatif.

Dan sebaiknya batasi jumlah link menuju blog ini untuk setiap artikel saya yang anda terbitkan di blog anda, dua link sudah mencukupi.

Terima kasih dan terus semangat ngeblog.


Komentar untuk artikel ini :

Bunga : http://www.karangan-bungapapan.com
Bener Mas, boleh mencopy paste harus minta izin ama yang punya, jangan asal colong aja harus punya etika.

Petuah bisnis online : http://petuahbisnis.blogspot.com/
copy paste tapi sekedar referensi....saya menulis blog seperti buku.

Rizdan : http://www.rizdancreative.com/
Saya setuju copy paste memang harus ada etikanya tidak hanya asal comot, minta ijin atau paling tidak menyertakan tautan balik


Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon