Gunakan google analytics untuk menganalisa pengunjung blog

Dua hari terakhir ini ada beberapa blog yang saya kunjungi bercerita tentang pentingnya menganalisa pengunjung blog atau website.

Kenapa penting ?. tidak lain untuk tujuan optimasi blog atau website. Menganalisa pengunjung dimaksudkan untuk mendapatkan detil informasi tentang sumber trafik pengunjung blog kita, seperti dari kota mana pengunjung berasal, artikel mana di blog kita yang diklik pengunjung, apa kata kunci yang digunakan pengunjung, berapa lama pengunjung berada di blog kita, lalu apa artikel kita yang paling banyak mendatangkan pengunjung dll.

Dari hasil analisa ini kita dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya yang akan kita lakukan baik untuk tujuan optimasi artikel tertentu, atau optimasi blog atau website kita secara keseluruhan.

Gunakan Google analytics untuk menganalisa pengunjung blog.


Akan halnya dengan blog ini, setelah melihat hasil analisa yang dilakukan oleh google analytics ( http://www.google.com/analytics/ )  saya bisa mengetahui artikel yang paling populer di blog bisnis online ini dengan persentase popularitas yang jauh melampau artikel saya yang lain, dan pengunjung yang berasal dari manakah yang terbanyak mengklik artikel populer tersebut.

Seperti untuk artikel dengan kata kunci "cara membuat kotak komentar di blog". Pada mulanya ketika saya baru membuat dua judul tentang membuat kotak komentar di blog, posisi teratas pada hasil pencarian google untuk kata kunci tersebut ditempati oleh artikel yang berjudul cara membuat kotak komentar facebook di blog..... dan setelah membuat artikel baru yang berjudul "cara membuat kotak komentar untuk semua jenis pengunjung..." maka posisi teratas untuk kata kunci tersebut ditempati oleh artikel yang baru, kenapa ?.

Ternyata setelah dianalisa melalui google analitic saya mengetahui bahwa artikel yang paling populer di blog bisnis online saya ini adalah artikel yang yang lama, karena itu artikel tersebut menjadi lebih bernilai dan memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan artikel-artikel saya yang lain. Dan karena saya menempatkan link dari artikel yang lama menuju artikel yang baru maka posisi hasil pencarian google untuk kata kunci diatas digantikan oleh artikel yang baru, meskipun artikel yang lama masih menduduki posisi sebagai artikel terpopuler.

Bukan itu saja ada banyak lagi data penting yang dapat kita temukan dari hasil analisa google analytics.

Jadi mulai sekarang saya mulai menempatkan google analytics sebagai salah satu dari sedikit rujukan utama dalam mengelola blog, menulis artikel, dan membangun link internal di blog saya ini.

Untuk anda yang baru memulai mengelola blog bisnis akan sangat baik bila anda sering-sering mengunjungi google analytics. Ada banyak yang perlu dipelajari dalam mengolah data yang dihasilkan oleh analisa google melalui  google analytics.

Karena artikel ini hanya menuliskan tentang alasan mengapa google analytics itu penting kita manfaatkan dan saya tidak memiliki cukup ruang dan tenaga untuk lebih detil menulis artikel tentang google analytics,  sebaiknya kunjungi langsung google analytics, dan pelajari, pahami. Setelah anda sering-sering menganalisa data kunjungan dengan google analytics, anda akan bisa mengelola data analisa kunjungan dengan lebih baik, yang pada ahirnya nanti akan sangat berguna untuk optimasi blog atau website anda untuk tujuan pemasaran online jasa dan produk anda.

Terus semangat ngbelog.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon