Fitur baru Google analytics melacak klik tombol share media sosial

fitur baru google analytics melacak klik tombol share media sosial
Google analytics baru saja mengumumkan 29 Juni 2011 ini bahwa google analytics telah menambahkan fitur baru berupa pelacakan konten blog, website yang dishare atau disukai pengunjung melalui klik tombol share dan tombol like media sosial.

Selama ini konten situs yang dishare atau dilike oleh pengunjung melalui klik tombol facebook share dan facebook like button tidak dilacak oleh google analytics. Dengan fitur baru ini kita bisa mengetahui konten blog kita yang dishare ke facebook atau twitter melalui klik tombol facebook share dan tombol share media sosial lainnya, dan sekaligus menghitung jumlah klik.

Penambahan fasilitas pelacakan baru dari google analytics ini sebagai pelengkap dari diterbitkannya google +1 yang diumumkan ahir maret 2011 lalu.

Laporan google analytics tentang ini bisa dilihat di bagian "pengunjung" pada menu google analytics. Untuk melihat laporan ini kita harus menggunakan tampilan google analytics versi baru, karena versi lama tidak menambahkan fitur baru ini.

Penambahan fitur baru berupa pelacakan klik media sosial ini sepertinya mengindikasikan bahwa google memberikan penilaian plus untuk blog kita yang dishare, dilike oleh pengunjung, dan mungkin faktor ini juga akan menjadi salah satu bagian algoritma penentuan ranking search engine google.

Fitur pelacakan baru ini akan secara otomatis bisa mendeteksi adanya klik tombol google +1 terhadap konten blog oleh pengunjung, dan sekaligus menghitung jumlah klik +1 untuk halaman website atau blog. Tentu saja kita harus memasang tombol google +1 di halaman blog kita.

Namun untuk melacak adanya klik pada konten blog kita melalui tombol share facebook atau facebook like atau tombol share media sosial lainnya kita masih harus menambahkan kode tertentu di html blog.

Untuk penjelasan teknis tentang fitur baru google analytics ini dan pengkodeannya silahkan klik artikel code situs .

Pengumuman lengkap tentang munculnya fitur baru google analytics ini termasuk penjelasan teknis dapat kita baca di http://analytics.blogspot.com/2011/06/1-reporting-in-google-webmaster-tools.html.


Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon