Cara membangun brand online untuk pebisnis pemula

Setiap orang ingin nama mereka dikenal secara online. Sebagai seorang usahawan, bagaimanapun juga, keberadaan secara online khususnya di media sosial merupakan hal yang penting. Keberadaan di media sosial memberikan kita kredibilitas untuk menarik klien, rekan dan investor dengan cara menjadikan diri kita ada dan selalu muncul sebagai individu yang berpengalaman.

Membangun brand online kita bukan pekerjaan yang mudah dan butuh pekerjaan ekstra dan waktu yang relatif lama. Namun dengan secara terus menerus berada di track yang tepat seiring dengan perjalanan waktu kita aktif secara online, bangunan brand kita akan kian nampak bentuknya. Ada beberapa tool yang tersedia yang bisa membawa kita pada track yang benar.

Berikut ini beberapa cara membangun brand online.


1. Tampil di Media online.


Dibicarakan orang di media online adalah cara terbaik yang memberikan keuntungan terhadap usaha membangun brand kita. Ada banyak cara yang dilakukan agar nama kita dibicarakan di dunia online, meskipun demikian ia butuh waktu dan usaha ekstra. Dan tentu saja harus dikenal dahulu dalam komunitas populer dan terlibat aktif dalam diskusi online. Bisa juga dikenal secara off line dalam sebuah kegiatan penting yang melibatkan masyarakat penggiat media online itupun cara yang sangat baik dalam usaha agar kita lebih di kenal secara online.

Dalam hal ini memiliki sebuah website atau blog merupakan langkah penting sebagai cara memberikan alamat online kita agar orang lebih mudah menemukan kita dan layanan kita secara online, sekaligus sebagai media kita untuk lebih mudah memperkenalkan diri melalui mendemonstrasikan kemampuan kita melalui tulisan dan gambar.

Atau cara lainnya adalah membayar untuk ditulis dalam sebuah artikel di sebuah website atau blog yang memiliki komunitas terbanyak dan terkenal secara online.
   

2. Miliki nama domain ( URL ) yang pendek.


Memiliki nama URL (uniform resource locator) atau nama domain yang pendek dan gampang dieja adalah keharusan dalam membangun brand online. Kita sebaiknya memilih nama domain yang memakai nama kita sendiri atau nama perusahaan kita.

Misalnya bila kita aktif dalam komunitas pergaulan di media sosial seperti facebook dan twitter, kita bisa memasukkan URL kita dalam teks percakapan kita di media sosial tersebut. Misalnya karena nama saya Abdul Majid, maka sebaiknya saya gunakan abdulmajid.com sebagai URL (nama ini tidak bisa saya gunakan karena sudah ada yang mendaftarkannya).

3. Memiliki akun di forum.


Sharing pengetahuan kita di situs Forum adalah juga cara yang baik untuk membangun kredibilitas kita di lingkungan online. Ada banyak situs yang bisa dipilih baik situs dalam bahasa Indonesia maupun situs dalam bahasa Inggris.

Atau barangkali tertarik untuk memiliki akun di website dalam negeri di mana kita bisa memposting artikel di situs tersebut dan bila tulisan kita menarik dan bernilai bisa jadi ia akan di rekomendasikan agar lebih banyak orang yang melihat tulisan kita.

4. Profile.


Disamping aktif di pergaulan media sosial dan memiliki website atau blog sebaiknya juga kita memasang widget atau tombol yang banyak disediakan oleh media sosial ternama semacam widget Facebook fans page, tombol Linkedin, google frofile (follower widget) dll. Tombol dan widget tersebut akan menjadi cara mudah kita menyebarkan informasi yang kita tulis di situs kita agar lebih mudah tersebar di media sosial online

5. Menambahkan tanda tangan atau footer di Email.


Buat tanda tangan di email yang kita kirim. Ini berguna bila kita sering berkirim email. Membuat link di email atau tulisan tertentu di footer email yang kita kirim akan memperindah penampilan email kita dan juga cara memperkenalkan bisnis atau website atau blog kita kepada orang yang kita kirimi email.

Tanda tangan di sini sama seperti kop surat dan berdampak sebagai iklan billboard mini.

Wisestamp adalah sebuah plugin pilihan yang bisa kita gunakan untuk membuat tanda tangan dengan icon media sosial, rssfeed dsb.

6. Guest Posting.


Menjadi guest posting atau menulis artikel di website atau blog orang lain. Pilih website atau blog yang terkenal dan memiliki komunitas yang banyak yang sesuai dengan bisnis kita. Penuhi persyaratan yang ditetapkan oleh admin situs tersebut. Ini juga cara yang memiliki efek yang sangat bagus terutama bila nantinya tulisan kita banyak dibaca pengunjung dan memperoleh banyak komentar.

Terus menerus monitor artikel tersebut dan settinglah agar setiap komentar yang masuk selalu kita ketahui sehingga akan membuat kita lebih cepat memberikan respon atas setiap komentar yang masuk.

7. Newsletter.


Mengirim newsletter setiap bulan kepada orang yang berlangganan di situs kita atau kepada orang yang menurut kita memiliki ketertarikan tertentu terhadap sebuah informasi, layanan, produk adalah cara yang juga memungkinkan. Tapi seringkali newsletter yang lebih bernada ajakan untuk membeli mungkin tidak begitu disukai. Karena itu lebih baik kirim newsletter yang informatif dan buat link menuju web atau blog kita, dan didalamnya nanti kita bisa menyisipkan iklan produk dan layanan kita.

Beberapa layanan untuk newsletter seperti:
Mailchimp: flatform newsletter yang gratis distribusi hingga 2000 pelanggan.
Tiny letter: flatform newsletter sederhana untuk membuat dan mendistribusikan newsletter.
Aweber: layanan newsletter dengan beberapa pilihan bentuk dan desain newsletter kita.

Demikianlah beberapa cara pebisnis pemula membangun brand online, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon