Mendesain blog bisnis online untuk usaha kecil

Memiliki blog bagi usaha kecil merupakan sebuah langkah strategis untuk mengonlinekan bisnis kita, dan trend kepemilikan blog atau website dikalangan usaha kecil semakin hari diyakini kian meningkat. Namun seringkali banyak orang membuat blog bisnis yang dibuat tidak memenuhi unsur kemudahan dan estetika yang maksimal yang bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk pengunjung.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam mendesain blog untuk bisnis online usaha kecil.

1. Memberikan deskripsi singkat produk dan petunjuk pembelian.

Berikan deskripsi singkat produk dan layanan pada halaman depan situs agar lebih mudah terlihat oleh pengunjung begitu pengunjung membuka blog atau website kita. Begitupula tampilkan petunjuk pembelian  di posisi yang mudah terlihat pengunjung. Atau setidaknya buat menu petunjuk pembelian berupa icon yang menyolok.

Sehingga konsumen tidak harus berputar mengklik beberapa halaman untuk menemukan informasi harga dan layanan serta petunjuk pembelian.

2. Pilih desain blog yang indah namun tidak mengalihkan pengunjung dari konten.

Desain yang indah merupakan daya tarik yang besar untuk menjadikan pengunjung betah berlama-lama di situs kita.

Meskipun kita bermaksud memperindah tampilan blog, kita harus mempertimbangkan besaran image yang memperindah tampilan sehingga tidak membuat blog lambat loading. Buatlah tampilan yang sederhana dengan perpaduan warna yang pas. Jangan sampai keindahan desain malah menjadikan konten situs kita nampak tidak menonjol.

Yang lebih penting lagi buatlah komposisi warna untuk gambar, teks dan background yang harmonis, jangan sampai teks yang ditampilkan sulit dibaca karena tidak tajam atau hurupnya terlalu kecil dengan warna yang samar.

3. Pastikan situs mudah dinavigasi.

Disamping terlihat menarik dan indah kita perlu membuat desain blog atau website yang mudah di telusuri pengunjung. Buatlah menu yang sederhana namun menuju langsung kesasaran

Untuk apa menumpuk sedemikian banyak menu yang belum tentu berguna untuk pengunjung situs bisnis kecil kita. Buatlah menu navigasi mudah terlihat dan menarik.

4. Libatkan pengunjung untuk berinteraksi terhadap konten situs.

Buatlah konten situs yang memberikan ajakan untuk menjadikan pengunjung terlibat dengan konten situs kita. Bisa berupa kotak komentar pengunjung, saran, menyediakan topik untuk didiskusikan dll. Buat juga kemudahan untuk pengunjung berkomunikasi dengan kita.

5. Tempatkan iklan layanan dan produk yang kita pasarkan di halaman depan.

Tonjolkan iklan layanan dan produk yang kita pasarkan di halaman pertama dan buat tampilannya mudah terlihat dengan diskripsi yang singkat, jelas.

Buat ia terlihat menarik dan menonjol namun tidak menutupi tampilan konten posting kita.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon