Keterampilan yang dibutuhkan untuk pembuatan konten situs

Untuk menjadikan sebuah blog atau website menjadi media pemasaran yang baik maka blog tersebut hendaklah tampil indah dan menarik, juga selalu memiliki konten yang terus menerus baru. Disamping untuk menjaga peringkat yang baik di search engine untuk banyak kata kunci, juga bagus di mata pengunjung karena selalu menyajikan konten yang fresh dan memberi informasi yang membawa manfaat langsung kepada mereka.

Namun pertanyaannya siapa dan bagaimana harus mengisi konten. Mengisi konten blog atau website bukan sebuah pekerjaan mudah. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan membuat konten isi website atau blog. Baik berupa konten tulisan, gambar, maupun bentuk lainnya.

Sebuah perusahaan yang memiliki website atau blog sebagai media pemasaran produk dan jasa membutuhkan pekerja, konsultan, freelancer, agensi, atau kombinasi dari semua itu guna memenuhi kebutuhan pembuatan konten situs.

Beberapa  keterampilan profesional yang dibutuhkan untuk membuat konten situs.


1. Periset.

Pengembangan konten memerlukan hasil analisa yang terus menerus guna mendapatkan informasi yang terbaru berkaitan dengan bisnis kita. Terkait dalam hal ini adalah link, sumber, trend bisnis, persaingan dsb. Karena itu sebuah bisnis yang baik pastilah membutuhkan periset atau analis yang handal.

2. Ahli SEO

Sebagus apapun artikel yang ditulis di blog atau website jika tidak banyak mendatangkan pembaca akan tidak besar artinya bagi tujuan pembuatan situs. Karena itu setiap artikel yang ditulis, gambar yang ditampilkan haruslah tampil di halaman pertama search engine populer seperti google untuk kata - kata kunci populer yang dimaksudkan untuk mendatangkan pengunjung yang menjadi target. 

Untuk tujuan ini keahlian SEO sangat dibutuhkan.

3. Editor

Sebuah artikel yang ditulis, gambar dan video yang dibuat sebelum di terbitkan harus terlebih dahulu diteliti, diperiksa susunan kata dalam artikel, penggunaan kata yang benar, indah dsb. Mungkin ukuran byte gambar dan video harus dikurangi atau ditambah. Dan bagaimana semua itu ditampilkan dalam halaman situs. 

Ini bagian dari pekerjaan editor.

4. Penulis

Salah satu konten utama dan terpenting dalam sebuah situs adalah konten teks. Penulis harus mampu menulis artikel yang baik, posting blog, ebook dsb dalam jumlah karakter yang mencukupi yang terkait dengan kata - kata kunci yang ditargetkan sesuai dengan tema, topik dalam sebuah situs. Termasuk juga teks link internal dan link eksternal 

5. Photographer dan videographer

Selain artikel teks kita juga pastilah akan menampilkan gambar dan video dalam sebuah halaman situs, baik untuk mendukung penampilan artikel maupun ia berdiri sendiri. Hendaklah gambar dan video tampil menarik dan mengundang rasa ingin tahu pengunjung. Kita juga sebaiknya melekatkan brand kita pada gambar dan video.

6. Bintang media sosial.

Orang yang berpengaruh di media baik media off line maupun media online tentu saja lebih baik. Ia yang aktif bergaul dalam pergaulan di media sosial, dan mampu mengelola dan mengambil manfaat pergaulan media sosial untuk tujuan bisnis kita.

7. Desainer grafis.

Keahlian yang dipokuskan untuk memperindah tampilan blog dan website. Tampilan yang indah yang menggambarkan tema dan topik situs.

8. Manajer proyek.

Ia yang bertanggung jawab memanage dan memonitor semua kegiatan pengelolaan dan pembuatan konten hingga konten diterbitkan. Ia juga yang menghubungkan orang yang berbeda - beda dan sumber daya baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan.

Jadi jelasnya pemasaran melalui konten membutuhkan orang dengan beragam keterampilan yang berguna untuk pencapaian tujuan bisnis melalui kreasi konten. Untuk sebuah perusahaan mungkin memiliki dana yang cukup untuk membayar pekerja ahli diatas. Bagi kita pebisnis kecil-kecilan yang tidak mampu membayar orang untuk pekerjaan pembuatan konten, berusaha untuk memiliki semua keterampilan diatas tentu sebuah keharusan.


Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon