Cara mengelola reputasi online bisnis dan brand kita

Apakah kita mengelola sebuah brand bisnis atau diri kita sendiri, reputasi online yang baik itu sangat penting, khususnya bila kita serius membuat strategi melalui konten untuk menarik konsumen potensial.

Selain cerita yang tidak menyenangkan tentang kita, kita juga tidak bisa mengabaikan keuntungan yang akan kita peroleh akibat reputasi baik bisnis kita secara online dan yang menjadikan konsumen tertarik dengan konten yang terkait dengan diri kita atau bisnis kita.

Menggunakan media sosial digital selain untuk membuat banyak link menuju situs kita, kunjungan yang berkwalitas dan lebih banyak konten situs kita terindex mesin pencari. Ia juga akan memungkinkan membangun kepercayaan dan kredibilitas kita dimata konsumen, membangun hubungan dengan mereka yang akhirnya nanti meningkatkan profit usaha kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun dan mengelola brand online.

1. Cek posisi kata kunci utama di halaman hasil pencarian google.


Bagaimana posisi kita di halaman google. Kita bisa mulai dengan mengetikkan nama kita dengan diapit tanda kutip misalnya "abdul majid" di kotak searching google, dan lihat tampilannya di halaman pertama google hingga halaman 3. Disana kita bisa melihat apa dan bagaimana nama kita tampil di halaman-halaman tersebut.

Kita bisa mengetahui bagaimana artikel yang terkait dengan nama kita ditampilkan di website atau situs blog kita atau situs orang lain. Apakah nama kita dibicarakan positif ataukah negatif. Cek juga kata kunci terkait dengan bisnis kita, brand kita.

Namun perlu diingat hasil pencarian google akan berbeda saat kita sedang login di akun google kita dan saat kita tidak login di akun google. Karena itu pastikan kita logout dari semua akun online.

2. Buat sebanyak mungkin profile online.


Kita berkeinginan agar sebanyak mungkin nama kita, bisnis kita, brand kita tampil di halaman pertama search engine, dan ia dibicarakan positif. 

Kita perlu mempertimbangkan untuk mendaftarkan nama kita, atau website kita untuk membuat profile kita dan bisnis kita di sebanyak mungkin website populer, baik website jaringan sosial, situs bookmark dsb.

Diantaranya adalah :
Linkedin 
Google Profile
SlideShare
YouTube
Facebook (buat facebook fans page di situs kita).
Flickr
Twitter
BlogCatalog dll.

Buatlah keyword yang berhubungan di setiap teks link yang menuju situs kita dari situs-situs diatas.

Selalu update profile - profile tersebut. Buatlah profile yang menarik dengan tampilan gambar kita yang bagus dan memberikan gambaran positif.

3. Selalu monitor.


Buatlah Google Alerts untuk nama kita, nama perusahaan kita, atau url website kita, kata kunci utama kita untuk secepat mungkin mengetahui informasi terbaru terkait dengan pemberitaan positif dan negatif yang terkait dengan nama, brand, bisnis kita secara online.

Segera respon setiap pemberitaan positif dan negatif tersebut guna menjadikannya tersebar luas atau menjadikan berita negatif tidak kian menyebar.

Periksa setiap komentar yang pernah kita berikan di website lain khususnya website atau blog populer untuk melihat kemungkinan adanya tanggapan terhadap komentar kita. Dan pastikan nama kita, URL kita tidak digunakan oleh orang lain yang bertujuan menjatuhkan reputasi kita. 

Segera tanggapi setiap komentar pada artikel di website dan blog kita. Berikan jawaban dan solusi atas setiap pertanyaan.

4. Selalu evaluasi website atau blog bisnis kita.


Kita perlu menganalisa trafik kunjungan ke situs web atau blog kita. Bagaimana peningkatan jumlah kunjungan dan apa-apa kata kunci yang banyak mendatangkan kunjungan ke blog kita. 

Apakah konten blog atau website kita menggambarkan atau relevan dengan bisnis kita. Dan apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan terkait dengan konten dan tampilan blog kita. dsb.

5. Antisipasi kemungkinan terburuk.


Masih hangat dalam ingatan kita bagaimana google membuang situs .co.cc dan sub domainnya yang berjumlah jutaan dari halaman hasil pencarian google. Sehingga kunjungan ke situs dan blog - blog tersebut merosot drastis. Kejadiaan ini membuat jutaan pemilik situs subdomain .co.cc prustrasi dan kecewa berat. 

Begitupun dengan situs blog saya yang lain kehilangan posisi halaman pertama dari semua kata kunci yang mendatangkan kunjungan. 

Semua itu memperjelas perlunya antisipasi atau menyiapkan langkah dini bila kejadian seperti itu menimpa kita. 

Kita perlu menganalisa penyebab hal-hal tersebut terjadi dan menyiapkan langkah antisipasi segera. Kita juga harus memperkecil kemungkinan terjadinya hal-hal buruk menimpa web atau blog kita.

Dalam hal hilangnya situs .co.cc dan subdomainnya dari index google kita perlu melihat dan mematuhi TOS nya google, meskipun terkait dengan TOS ini banyak orang bilang google tidak sepenuhnya selalu berlaku adil.  

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun dan mengelolah brand online



Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon