Mengapa peringkat artikel blog saya di hasil pencarian google menurun drastis.

Selain melakukan update pageRank akhir Juni 2011 lalu, google juga telah melakukan update besar-besaran terhadap peringkat situs di search engine google, yang berakibat peringkat artikel blog saya yang lain di hasil pencarian google menurun drastis. Selain itu jutaan pemilik website dan blog subdomain dari .co.cc menjerit mencaci maki google karena kebijakan google menghapus situs domain dan subdomain .co.cc dari hasil pencarian google.

Disamping terbuangnya jutaan website dan blog yang ber domain dan subdomain .co.cc ada banyak pula situs yang merosot drastis peringkat hasil pencariannya di google, salah satunya adalah situs blog .net saya. Situs Carabisnisonline.net yang semula memiliki jumlah kunjungan lebih dari 70 kunjungan perhari harus rela terjatuh ke peringkat bawah hasil pencarian search engine google untuk banyak kata kunci yang selama ini tampil di halaman pertama.

Hingga saat ini saya masih terus mencari penyebab terlemparnya situs blog saya tersebut dari halaman pertama google atau halaman kedua untuk kata kunci yang selama ini mendatangkan kunjungan.

Blog tersebut sempat membuat hati saya sangat senang karena meskipun usia nama domain masih sangat mudah karena nama domain carabisnisonline.net baru saja saya gunakan bulan Maret 2011 lalu untuk blog blogspot saya yang berusia hampir dua tahun yang saya terlantarkan lebih dari satu tahun.

Dan untuk kata kunci " cara bisnis online " selama setidaknya dua bulan terakhir sebelum juli 2011 blog tersebut berada di posisi lima besar halaman pertama google, begitupula untuk banyak kata kunci lainnya. Lalu setelah update pagerank google dan peristiwa dijungkalkannya situs berdomain .co.cc blog carabisnisonline.net saya kehilangan peringkat halaman pertama untuk kata kunci tersebut dan kata kunci lainnya yang selama ini mendatangkan kunjungan.

Lalu apa gerangan penyebabnya ?. Inilah pertanyaan yang membebani kepala saya. Andai saja google memberitahu saya alasan mereka menggusur blog tersebut pastilah saya tidak harus menebak sebabnya.

Namun ada kejadian penting yang menimpa salah satu artikel blog tersebut yaitu hilangnya isi posting. Maksudnya begini, meskipun judul artikel tersebut muncul di halaman pertama namun setelah diklik ia hanya akan menampilkan judul dan baris kosong ompong hingga akhir artikel. Meskipun saya telah edit tetap saja teks isi posting tidak bisa tampil. Kejadian ini akibat error yang terjadi pada blogger.com beberapa hari sebelumnya.

Merasa bila tetap mempertahankan keberadaan artikel tersebut seperti menipu pengunjung, artikel tersebut saya hapus dari daftar entry posting blog saya. Dan itulah kesalahan patal yang saya lakukan. Karena ternyata ketika orang mengetikkan kata kunci tertentu google akan tetap menampilkan judul artikel yang saya hapus tersebut di hasil pencarian google, dan lalu setelah diklik blogger.com menampilkan penjelasan bahwa halaman yang dituju tidak ada.

Kemudian akhir juni 2011 google melakukan update besar-besaran untuk pagerank situs dan sekaligus update peringkat search engine. Akibatnya bisa ditebak, blog saya tersebut dinilai google memiliki broken link yang memberi pengaruh besar terhadap peringkat google. Dan kesalahan lainnya adalah saya telah menempatkan link menuju artikel tersebut di beberapa artikel saya yang lain, tanpa sempat saya hapus, bertambah pula jumlah broken link di blog tersebut.

Kata-kata Matt Cutts di situs google+ sehubungan dengan dibuangnya situs .co.cc dan subdomainnya dari index google karena situs domain .co.cc dan sub domainnya dinilai banyak spammy dan sangat banyak yang berkwalitas rendah. Lalu apakah tidak mungkin situs blog carabisnisonline.net saya juga dianggap sebagai situs blog yang melakukan praktek spam dan atau berkwalitas rendah.

Pertanyaan ini sulit saya jawab karena saya tidak pernah melakukan praktek spam untuk carabisnisonline.net. Barangkali karena situs blog saya URL nya ada kata "cara bisnis online", judul blog tersebut juga memuat kata "cara bisnis online" dan salah satu artikelnya juga berjudul "cara bisnis online", begitu pula ada banyak kata "cara" yang saya gunakan sebagai judul posting artikel,  lalu semua itu termasuk kategori spam ?.

Mungkin pengunjung bekenan memberikan pendapatnya, dipersilahkan. 
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon