Mengapa situs domain .co.cc hilang dari listing google

Musibah terbesar yang menimpa banyak blogger di Indonesia sejak Juli 2011 ini adalah hilangnya situs dengan domain .co.cc dari listing search engine google. Ada beberapa situs yang saya ketahui dan cukup populer di kalangan blogger Indonesia diantaranya masdoyok.co.cc dan blogernas.co.cc,  dan keduanya tidak lagi bisa ditemukan dalam hasil pencarian google sejak awal juli 2011 ini.

Situs yang sudah teroptimasi dengan baik, terkenal, populer berperingkat bagus di google dan ber PR yang cukup tinggi dengan jumlah kunjungan hingga ribuan perhari harus hilang atau dihilangkan dari hasil pencarian google, sebuah keheboan dan musibah yang menyesakkan dada.

Tapi khusus untuk saya karena saya tidak punya situs ber domain .co.cc maka musibah yang saya alami adalah sebuah blog (dot)net saya hilang dari halaman pertama atau kedua di hasil pencarian google untuk semua kata kunci yang selama in mendatangkan kunjungan. Dan hingga saat ini saya tidak tahu penyebab sebenarnya.

Matt Cutts berkata di situs jejaring sosial google+ tanggal 30 Juni 2011 "...but I wanted to mention that if we see a very large fraction of sites on a specific freehost be spammy or low-quality, we do reserve the right to take action on the freehost as a whole...." Jadi menurut pembesar google Matt Cutts bahwa hukuman sebenarnya dijatuhkan kepada penyedia hosting gratis yang menyediakan layanan hosting gratis untuk domain .co.cc yang kebetulan banyak website berdomain .co.cc adalah spammy dan berkwalitas rendah atau menyalahi aturan legalitas google. Maka semua situs berdomain .co.cc dan hosting di situs tersebut ikutan jadi korban.

Sama saja misalnya bila sebuah penyedia layanan hosting berbayar tidak bisa online selama beberapa jam maka semua situs yang menggunakan layanan hosting dari situs tersebut ikutan tidak bisa online, kira-kira begitu penjelasannya. Atau misalnya Yahoo.com menghukum blogger.com maka semua situs yang menggunakan hosting gratis blogger.com ikutan tidak tampil di hasil pencarian search engine yahoo, termasuk blog bisnis online saya ini. Tapi rasanya tidak adil kalau google harus memberikan perlakuan yang sama terhadap semua situs berdomain. co.cc karena setidaknya ada banyak juga situs berdomain .co.cc yang benar-benar memberi manfaat yang jelas kepada pengunjung, dan dioptimasi dengan cara yang legal.

Lagi pula google memiliki sistem algoritma perankingan google yang bisa dipakai untuk memilah dan memilih website mana saja yang harus dimusnahkan dan yang mana harus tetap di pertahankan. Dan setidaknya memberikan peringatan dini terhadap pemilik situs domain .co.cc.

Hilang dari listing google berarti kehilangan peluang mendapatkan kunjungan yang datang dari search engine google yang umumnya pencari informasi berdasarkan sebuah kata kunci, dan pastilah akan berdampak cukup signifikan terhadap penurunan jumlah kunjungan dan ujungnya nanti menurunkan angka PageRank dan bahkan mungkin menjadi PageRank 0.

Karena itu saya rasa tidak fair kalau sebuah situs yang baik dan di optimasi sesuai dengan aturan yang legal hanya karena berdomain .co.cc harus dihilangkan dari peredaran. Jadi besar kemungkinan ada alasan dan sebab lain.

Lalu apakah hanya itu alasannya, Pertanyaannya ada apa dengan domain ekstensi .co.cc, mungkin pengunjung bisa memberikan pendapatnya, dipersilahkan.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon