Cara memilih kata kunci pencarian google yang tepat ke dalam blog

Memilih kata kunci pencarian yang tepat sangat penting untuk keberhasilan setiap usaha SEO, karena teknik SEO semuanya terkait dengan kata-kata yang ada di situs, bukan gambar yang indah, bukan pula taburan animasi.  Apa kata yang pengunjung gunakan untuk datang ke situs kita, bagaimana menggunakan kata-kata tersebut, dan di mana menempatkannya di situs kita.

Namun, memilih kata kunci tersebut bukan pekerjaan yang sesederhana itu.  Ada banyak kata kunci yang kita targetkan malahan berbeda jauh dari kata yang pengunjung gunakan untuk datang ke situs kita.

Sebagai contoh, kata kunci yang kita targetkan di artikel yang kita tulis di blog misalnya "memperindah tampilan blog blogspot", namun ternyata pada akhirnya sebagian besar pengunjung yang membaca artikel tersebut datang dengan kata kunci "agar tampilan blog pertama di google".  Atau misalnya tema utama situs bisnis kita "Panduan blogging bisnis", tapi kebanyakan pengunjung potensial mencari "bisnis jualan blog."

Apa yang harus dilakukan jika pesan merek situs kita tidak selaras dengan kata yang sering digunakan pengunjung di search engine?.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kata kunci pencarian yang akan kita masukkan kedalam artikel di blog.


1.  Relevansi kata kunci dan volume pencarian.

Pertama, apakah kata kunci atau frase kata kunci tersebut menggambarkan bisnis atau produk/jasa kita, atau setidaknya apakah kata kunci tersebut selaras dengan tema utama blog kita?.  Apakah sangat relevan dengan bisnis kita?.  Jika ya, kata kunci atau prasa kata kunci tersebut harus dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam program SEO kita.

Kedua, melakukan penelitian untuk memastikan bahwa kata kunci atau frase kata kunci tersebut banyak digunakan?.  Kita harus melihat volume pencarian total, serta jumlah variasi kata kunci atau frasa kata kunci.  Jika volume pencarian tinggi, maka kata kunci atau frasa kata kunci tersebut kemungkinan besar sering digunakan oleh prospek dalam kaitannya dengan bisnis kita.

2.  Persaingan.

Selanjutnya yang perlu juga dipertimbangkan apakah kata kunci atau frasa kata kunci tersebut yang juga situs pesaing kita gunakan.  Jika mayoritas pesaing menggunakan kata-kata ini di situs Web mereka, maka kita perlu berhati-hati dengan penargetan kata kunci tersebut agar situs kita lebih relevan dengan kata kunci ketat persaingan tersebut.

3.  Relevansi kata kunci terhadap bisnis yang kita usung.

Kita perlu mengetahui apakah orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci atau frase kata kunci untuk mencari produk atau jasa yang ditawarkan?.  Atau barangkali kata kunci/frasa kata kunci tersebut memiliki berbagai makna ?.

Dalam rangka agar kata kunci menjadi elemen yang efektif dari kampanye SEO kita, maksud dari kata kunci pencarian harus untuk menemukan layanan yang tepat yang situs kita tawarkan.

4.  Posisi Pasar.

Faktor berikutnya untuk dipertimbangkan adalah posisi pasar.  Kita perlu berhati-hati agar tidak memasukkan kata kunci/frase kata kunci ke dalam situs blog kita yang tidak berdampak positif, atau malahan berdampak negatif terhadap posisi brand blog kita di "pasar"?.  Ini mungkin terjadi jika kata kunci tersebut hanya menjelaskan sebagian kecil dari apa yang kita tawarkan secara keseluruhan, atau tidak sepenuhnya mencerminkan topik utama yang kita usung di blog kita.  Lebih tidak bagus lagi bila pengunjung yang datang ke situs blog kita dengan kata kunci berpersepsi pornografi misalnya, padahal tema utama situs kita tentang bisnis online.

Meskipun kita mungkin tergoda untuk mendatangkan pengunjung melalui kata kunci super populer dengan persaingan yang sedikit, namun bila kata kunci tersebut tidak relevan dengan tema utama situs kita, itu tidak akan memperkuat blog kita sebagai sebuah bangunan brand.  Penggunaan kata kunci hendaknya akan selalu menciptakan persepsi positif terhadap blog atau website kita.

5.  Jargon Industri.

Kita mungkin akan tertarik menargetkan kata kunci yang terdengar bagus, keren, berkonotasi sangat baik sebagai kata kunci utama situs kita, namun kita juga harus mempertimbangkan popularitas dari kata kata kunci tersebut, khususnya popularitas jangka panjang.

Meskipun penting untuk memiliki proposisi penjualan yang unik, deskripsi yang bagus mungkin tidak sesuai dengan cara pengunjung yang kita targetkan akan menjelaskan produk atau layanan kita.

Banyak Pakar SEO mengatakan bahwa sukses teknik SEO tergantung pada intensitas penggunaan prasa kata kunci yang sama.  Untuk sukses meraih posisi yang bagus terhadap sebuah kata kunci kita perlu berhati-hati terhadap penggunaan kata kunci dan bangunan strategi SEO situs kita.  Kita perlu menargetkan kata kunci atau prasa kata kunci yang memiliki kecenderungan popularitas jangka panjang sebagai kata kunci utama di blog atau situs web kita.

Program SEO yang efektif mensyaratkan bahwa sebuah blog atau situs web selalu konsisten dengan penggunaan dan membangun link dengan semua kata kunci dan frase kata kunci yang ditargetkan.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon