Menilai isi konten blog dari tampilan di tembolok google

Artikel ini sekedar menceritakan bagaimana menilai konten blog ini dari tampilan di tembolog google.   Ini juga menjadi lanjutan dari artikel yang berjudul " sepi pengunjung adakah yang salah dengan bangunan situs kita", dan kali ini saya memberikan cerita yang lebih detail.

Saya mulai saja dengan mengetikkan kalimat "cara membuat kotak komentar facebook" dan google menampilkan hasil pencarian berikut ini :

menilai isi konten blog dari tampilan di tembolog google

Di sisi kanan ada kata "tembolok" yang ditulis dengan warna biru.

Kalau kita klik "tembolok" google akan menampilkan gambar jepretan laman seperti apa yang ditampilkan pada tampilan normal, hanya saja karena kata kunci yang saya ketik di kotak searching google adalah "cara membuat kotak komentar facebook" maka semua kata-kata dari kalimat "cara membuat kotak komentar facebook" akan ditampilkan dengan diberi warna untuk backgroundnya di bagian manapun pada halaman tersebut, baik kata-kata tersebut terdapat di judul artikel, teks artikel, sidebar halaman, footer blog dan sbg.

tampilan blog di tembolog google

Dan itu menunjukkan kata-kata tersebut terindex oleh google dan memberikan nilai tertentu yang menjadi salah satu pertimbangan google menentukan peringkat SERP untuk artikel tersebut.

Pada kasus yang terjadi pada artikel saya yang berjudul "cara membuat kotak komentar facebook di blog..." ini komentar pengunjung yang diberikan melalui kotak komentar dari intensedebate.com tidak ditampilkan, padahal ada banyak komentar yang diberikan pengunjung melalui kotak komentar intensedebate.com yang saya pasang di blog ini.

Lalu kenapa ?, apa artinya ?. Ini menjelaskan bahwa komentar yang diberikan melalui kotak komentar dari intensedebate.com tidak dibaca oleh robot search engine google dan artinya tidak menambah nilai SEO untuk artikel saya tersebut. Sekaligus link yang ada di komentar tersebut tidak ditelusuri google dan tidak memberikan backlink kepada pemberi komentar. Mungkin anda bertanya mengapa kotak komentar tersebut tetap saya gunakan, tidak lain ini semata-mata hanyalah sebuah selera.

Kembali pada gambar kedua !.

Untuk lebih jelasnya apa saja yang dibaca oleh google di halaman blog kita mari kita klik "versi hanya teks". Google hanya menampilkan apapun yang terindex oleh google. Sedangkan teks, gambar, video, animasi atau apapun yang tidak diindex oleh mesin google tidak ditampilkan.

Jadi kita bisa bandingkan halaman blog saya untuk artikel yang berjudul "cara membuat kotak komentar facebook..." yang tampil normal, lalu yang ditampilkan oleh webcache.googleusercontent.com atau tembolok google versi full, kemudian lihat pula "versi hanya teks"

Jadi sebagai masukan untuk pengunjung yang baru terjun di dunia perblogan bahwa apapun yang tidak ditampilkan oleh tembolok google "versi hanya teks" tidak bernilai untuk menjadi pertimbangan google dalam menentukan peringkat SERP sebuah blog.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon