Cara sukses mengelola bisnis online

Kata kunci yang paling menarik yang diketik pengunjung yang mendatangi situs ini salah satunya adalah seputar cara sukses mengelola blog bisnis online atau apa yang dibutuhkan agar sukses mengelola blog dan tips membuat sukses bisnis.  Dan pengunjung yang datang belum tentu diarahkan pada artikel yang benar-benar menjawab apa yang menjadi pertanyaan mereka.

Sebenarnya mungkin terlalu percaya diri menulis artikel tentang cara sukses bisnis online, sementara saya sendiri bukan blogger yang telah sukses menjadikan blog saya sebagai sumber pendapatan yang menopang kehidupan saya sehari-hari.  Kalau hanya sekedar untuk membantu membayar tagihan berlangganan internet memang sepertinya bisa terpenuhi.

Ukuran sukses itu relatif.


Saya berpendapat bahwa ukuran sukses itu relatif, dan sukses itu sendiri bisa ditetapkan pada level-level tertentu yang bisa kita buat sendiri.  Atau dengan kata lain sukses itu bisa diukur dari keberhasilan kita mencapai tujuan jangka pendek dan dalam kerangka waktu yang telah kita tetapkan.

Lalu pertanyaannya seberapa lama atau seberapa banyak waktu yang sewajarnya ada dalam kerangka yang kita tetapkan.  Jawabannya juga relatif tergantung realita pendukung yang ada pada diri kita masing-masing.  Ada yang cukup wajar menetapkan kerangka waktu 4 bulan misalnya, 6 bulan, satu tahun, atau bahkan 1 bulan.

Prinsipnya dalam menetapkan kerangka waktu pencapaian target adalah kita harus mampu mengetahui faktor-faktor pendukung sukses yang kita miliki, dan kekurangan pada diri kita yang bisa menjadi penghalang.  Faktor pendukung itu sendiri bisa berupa, mampu menulis lebih produktif, memiliki banyak waktu luang, memiliki dana untuk periklanan, baik periklanan offline maupun periklanan online, atau cukup uang untuk membeli sarana prasarana pendukung lainnya.  Kekurangan yang bisa menjadi penghambat adalah kebalikan dari kelebihan yang disebutkan tadi.

Sukses tidak selalu hanya bisa diukur dengan angka.


Bulan Maret 2011 lalu ranking alexa blog ini berada di angka 361.000.  Saya pernah menulis artikel tentang keinginan saya untuk mencapai ranking alexa dibawah angka 100.000 dalam waktu hingga akhir Juni 2011 lalu.  Faktanya bahkan hingga memasuki bulan september 2011 ini ranking alexa blog ini adalah 308.000, hanya meningkat rankingnya sedikit lebih dari 50.000 angka, jauh dari target yang saya canangkan.  Apakah itu berarti saya orang yang tidak "sukses mengelola blog "?.  Kalau ketidaksuksesan itu diukur dari gagalnya mencapai target ranking alexa seperti yang saya inginkan, jawabannya adalah benar saya tidak sukses mengelola blog.

Namun, bukan bermaksud membela diri melainkan hanya untuk membesarkan hati, saya meyakini ternyata bahwa kesuksesan itu sendiri tidak hanya bisa diukur dari materi dan angka-angka yang saya dapatkan, melainkan juga peningkatan kualitas sebagai blogger, kesadaran akan hakikat blogging, meningkatnya kepercayaan diri, kemampuan memanage kekecewaan dan hal-hal lain yang tidak terlihat oleh mata, dan tidak bisa dihitung dengan ilmu matematika.

Dan dari ketidaksuksesan tersebut saya sebenarnya telah mencapai kesuksesan lain setidaknya saya telah sukses memperoleh pengalaman menjalani proses dengan konsisten dan konsekwen.  Saya menjadi sadar bahwa saya memerlukan perbaikan strategi dan meninjau ulang target dan kerangka waktu pencapaian.

Jadi selagi kita telah membuat target yang hendak kita capai dan menetapkan kerangka waktu pencapaiannya, lalu kita konsisten dan konsekwen menjalani proses dengan menerapkan strategi pencapaian seperti yang kita ketahui, maka tidak tercapainya target dalam kerangka waktu yang kita tetapkan tidak harus menjadikan kita diponis telah gagal.

Kita hanya perlu meninjau ulang kelayakan waktu yang kita alokasikan lalu introspeksi diri dan terus menggali sumber pengetahuan untuk memperbaiki strategi, percayalah kesuksesan hanya menunggu waktu.

Benar seperti banyak pebisnis bilang bahwa memasang target yang wajar dalam kerangka waktu pencapaian yang masuk akal, lalu tetap konsisten dan konsekwen menjalani proses itulah kunci mencapai sukses dalam segala bidang.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon