SEO on Page dan SEO off Page menurut searchengineland.com

Setelah minggu lalu saya menerbitkan artikel berjudul " faktor-faktor SEO yang mempengaruhi ranking di google " maka artikel kali ini mencoba memberi penjelasan tentang faktor-faktor SEO tersebut.

Gambar dari searchengineland.com yang saya tampilkan pada artikel tersebut ada dua buah yang berupa infografik masing-masing faktor SEO. Yaitu seperti yang kita kenal bahwa SEO itu terbagi dua kategori: SEO on Page dan SEO off Page.

SEO on Page adalah semua teknik yang kita lakukan pada blog atau pada artikel yang kita tulis berupa desain, tata letak, penggunaan kata kunci dsb. Atau singkatnya SEO on page adalah element yang bisa dikontrol oleh kita sebagai pemilik blog yang sama sekali tidak dipengaruhi oleh orang lain. Sedangkan SEO off Page sederhananya bisa dijelaskan sebagai elemen yang bisa dipengaruhi oleh pengunjung atau blog lain yang memiliki hubungan link dengan blog kita.

Faktor ranking SEO on page.

Faktor SEO on page terkait dengan bagaimana konten, html, dan arsitektur blog kita, yang dalam hal ini sama sekali tidak bisa dipengaruhi oleh orang lain.

Konten blog.
Apakah konten artikel yang kita tulis memenuhi starndar kriteria untuk disebut konten yang berkualitas dan relevan dengan topik bahasan.

Terkait dalam hal relevansi ini adalah penggunaan kata kunci yang populer yang membawa pengunjung mendatangi blog kita. Tidak hanya itu melainkan juga apakah konten kita relevan dengan informasi yang dicari pengunjung, sehingga pengunjung benar-benar menemukan informasi yang mereka inginkan.

Apakah artikel kita menarik sehingga pengunjung membaca artikel kita hingga selesai lalu membaca artikel lainnya. Karena ada juga pengunjung yang tidak benar-benar membaca artikel yang kita tulis hingga selesai dan keburu menutup halaman blog kita.

Faktor seo on page yang juga berpengaruh adalah selain blog kita memiliki konten berkualitas, adalah juga apakah secara rutin kita menerbitkan artikel lain yang baru dengan topik yang masih hangat.

HTML blog.
Apakah title artikel kita berisi kata kunci yang relevan dengan topik.
Apakah headline dan sub headline menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik artikel kita.

Arsitekture blog.
Apakah search engine bisa menelusuri dengan mudah konten blog kita.
Apakah situs kita cepat loading.
Apakah URL sesuai dengan topik halaman blog kita.

Faktor ranking SEO off page.

Termasuk dalam kategori SEO off page adalah: Link, sosial media, Popularitas blog, reputasi.

Link masuk.
Berapa banyak link masuk yang menuju ke halaman artikel kita.

Apakah link masuk berasal dari situs yang bereputasi baik, bereputasi baik bisa dijelaskan sebagai situs dengan nilai pagerank tinggi. Selain nilai pagerank situs bereputasi baik juga bisa dinilai berdasarkan seberapa baik posisi kata kunci utama situs tersebut di SERP, dan jumlah kunjungan yang banyak. Karena banyak juga blog dengan nilai pagerank tinggi namun sepi pengunjung.

Media Sosial.
Berapa banyak share yang konten kita terima.

Seberapa populer orang yang menshare konten kita di media sosial semacam facebook. Popularitas di media sosial bisa dilihat dari jumlah teman, jumlah like yang ia terima dsb.

Reputasi.
Ini terkait dengan nilai popularitas blog kita menurut alat ukur populer di internet. Popularitas sebuah blog bisa didapatkan seiring dengan peningkatan jumlah kunjungan. jumlah fans, jumlah member dsb.

Personal.
Ini kriteria yang agak subjektif seperti:
Asal negara pengunjung
Asal kota pengunjung
Apakah secara teratur seseorang mengunjungi blog kita.
Bagaimana pendapat orang tentang situs kita, Ini bisa dilihat dari seberapa banyak orang mereview situs kita.

Demikianlah penjelasan tentang faktor SEO yang mempengaruhi ranking di search engine.


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Jefry
admin
14 April 2012 pukul 20.24 ×

Saya kira seo itu lebih menitikberatkan mencari backlink ternyata faktor2 lainnya banyak ya, rumit juga ternyata
terima kasih atas ulasan di atas

Reply
avatar
abdul majid
admin
14 April 2012 pukul 21.50 ×

JEFRY: Tidak begitu rumit, teknik SEO itu semuanya terkait dengan sesuatu yang sesuai dengan logika.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon