Ranking alexa blog menurun drastis semangat menulis tetap terjaga

Akhirnya peringkat alexa blog ini menurun juga mengikuti menurunnya banyak peringkat alexa blog-blog teman yang saya sering kunjungi selama ini.  Peringkat alexa blog bisnis online ini seperti peringkat 6 bulan yang lalu yaitu 362.000 an. Jauh dari harapan yang saya inginkan saat ini yaitu berada di posisi sekitar 100.000 an.

Meskipun peringkat alexa merosot jumlah kunjungan tidak mengalami penurunan, meskipun tidak terjadi peningkatan yang berarti.   Sebenarnya mengecewakan sekali karena saya tidak berhasil mencapai target. Tapi alhamdulillah ini tak sampai membuat saya hilang semangat ngeblog.

Sekitar 1 bulan yang lalu saya sempat melihat di statistik blogpulse.com ada sekitar 168 juta lebih blog teridentifikasi dan hari ini Blogpulse.com mencatat ada 174.324.347 blog yang online.   Ini berarti kian hari kian meningkat jumlah blog yang hadir di jagat internet.  Dari sekian juta blog yang tercatat oleh blogpulse.com barangkali ada banyak yang semula diabaikan kini dikelola dengan sungguh-sungguh. Barangkali telah bermunculan banyak blog baru yang mendapatkan kunjungan dengan jumlah pengunjung yang signifikan, sehingga otomatis terjadi persaingan yang sengit di dunia per blog an.

Blog-blog yang tidak populer seperti blog saya ini akhirnya ikut kalah bersaing.   Jadi saya ambil sisi positif sajalah bahwa penurunan peringkat ini menunjukkan dunia blogging kian semarak dengan hadirnya banyak blogger tangguh yang serius mengelola blog, ini barangkali dikarenakan banyak dari mereka telah melihat manfaat nyata dari aktifitas blogging.

Terkait dengan hal manfaat nyata blogging, seorang teman bertanya kepada saya berapa hasil uang yang saya dapatkan dari kegiatan saya tetap termotivasi mengelola blog ?, dengan penuh semangat saya menjawab cukup untuk membayar tagihan internet bulanan.  Ya, hanya sebegitu yang saya hasilkan, namun karena blogging tidak semata saya tujukan untuk mendapatkan uang maka semangat ngeblog saya tidak mudah pupus.

Ngeblog adalah cara saya belajar menulis, dan sekaligus dengan sering menulis di blog saya menyakini pengetahuan dan wawasan saya akan kian berkembang, atau setidaknya saya melatih mengungkapkan ide, pemikiran saya kepada banyak orang.

Untuk maksud melatih kemampuan menulis saya berusaha semaksimal mungkin menulis konten yang original benar-benar buah pikiran saya, kalaupun karena tidak memiliki ide penulisan saya berusaha tidak menyalin tulisan orang lain, meskipun tidak jarang sumber penulisan saya berasal dari situs orang.   Saya hanya membaca tulisan orang lain lalu kemudian menulisnya kembali dengan format dan gaya penulisan saya sendiri.

Meningkatkan ranking alexa blog.

Kembali ke ranking alexa saya yang merosot lebih 100.000 peringkat.  Alexa.com menetapkan ranking berdasarkan nilai kombinasi jumlah kunjungan harian rata-rata dan pageviews.  Alexa mencatat jumlah pengunjung yang hanya melihat satu halaman saja (satu pageview) di blog ini sekitar 42%.  Kemudian pengunjung yang datang dari search engine sekitar 57%, menurun dari yang semula 62%, saya rasa blog ini masih cukup search engine friendly.

Jadi saya pikir untuk meningkatkan ranking alexa blog bisnis online ini saya harus meningkatkan jumlah kunjungan dengan persentase pengunjung yang datang membaca lebih dari satu judul artikel.

Mengapa banyak pengunjung hanya membaca satu judul saja di blog ini ?, pengunjunglah yang lebih mengetahui.  Saya terbiasa menulis artikel yang cukup panjang, barangkali ini menjadikan pembaca kecapekan setelah membaca satu judul artikel saya, lalu kemudian keluar dari blog saya untuk beristirahat, ha ha ha ah.

Menulis artikel yang panjang adalah salah satu teknik SEO yang saya lakukan, karena menurut pendapat banyak master SEO bahwa artikel yang panjang salah satu yang bernilai lebih dimata mesin pencari google, dan memang benar terbukti.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon