Blog bisnis online ini kembali menggunakan kotak komentar blogger.com

Akhirnya blog bisnis online ini telah kembali menggunakan kotak komentar standar blogger.com, setelah enam bulan bersama kotak komentar dari intensedebate.com yang tidak memberikan kontribusi yang lebih baik, selain membebani loading blog.

Komentar yang telah diberikan teman-teman pengunjung di blog ini termasuk komentar yang diberikan melalui kotak komentar intensedebate.com amat bernilai bagi saya, karena itu saya tetap menampilkannya.

Menampilkan komentar-komentar tersebut cukup menyita waktu karena saya lakukan secara manual. Maunya saya sebenarnya hanya tidak menampilkan form kotak komentar intensedebate dan teks komentar tetap ditampilkan secara otomatis, seperti yang saya lakukan pada komentar standar blogspot.  Namun karena menghilangkan form intensedebate sekaligus juga tidak bisa menampilkan teks komentar teman-teman, maka komentar teman pengunjung saya tuliskan sebagai bagian dari artikel, dan saya letakkan dibagian paling bawah artikel.

Belum seluruh komentar saya masukkan sebagai bagian dari artikel dikarenakan jumlah komentar cukup banyak, tapi untunglah tidak ada satupun artikel yang memiliki komentar dengan link melewati angka 30, sebab kalau terlalu banyak bisa-bisa blog ini dianggap obral link dan pada akhirnya menurunkan peringkat search engine artikel tersebut.

Ada juga komentar yang tidak bisa lagi saya tampilkan dikarenakan komentar tersebut hanya berupa link, dan kalaupun ada teks itupun hanya sebuah kata misalnya: "good", "trims" dsb.  Komentar seperti itu kesannya sang pemberi komentar " tidak benar-benar bermaksud ingin memberikan komentar ".  Komentar lainnya yang tidak saya tampilkan adalah komentar yang mengandung broken link atau link rusak.

Sebenarnya terlalu banyak membuat link eksternal akan bisa berdampak positif dan juga negatif.  Negatifnya adalah dikarenakan kita akan lebih terbebani oleh keharusan secara berkala memeriksa status link yang kita buat.  Ini untuk mengetahui apakah status link tersebut masih baik atau telah menjadi link rusak (broken link). Link yang rusak harus dihapus, karena akan berpengaruh buruk untuk peringkat halaman blog kita di google.

Positifnya, membuat link ekternal menuju situs yang bereputasi amat bagus akan menjadi nilai tambah untuk artikel yang kita tulis.  Menurut pengalaman saya semua artikel yang menyisipkan link ekternal menuju situs bereputasi sangat bagus selalu berperingkat lebih baik, setidaknya bisa berada di halaman pertama google atau halaman kedua untuk kata kunci yang ditargetkan, tetapi tentu saja link ekternal yang dibuat harus relevan dengan isi artikel.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon