Strategi membangun link

Kita perlu strategi membangun link, karena tanpa strategi yang tepat seringkali hasil yang didapat tidak memuaskan.  Artikel ini sebagian bersumber dari situs searchengineland.com.

Searchengineland.com menulis artikel berjudul : How Celebrity & Authority Change Link Building In SEO. Artikel tersebut menuliskan tentang apa yang disebut dengan nilai selebriti kita dan nilai authority yang mempengaruhi strategi kita dalam membangun link.

Selebriti

Adalah bagaimana kita atau brand kita dikenal orang. Apakah situs kita adalah perwakilan dari brand ternama yang sudah melekat di benak orang. Katakanlah kita seorang pemain TimNas Sepakbola, bintang film ternama atau blog kita perwakilan dari merek ternama semisal Sony, Samsung, Toshiba, dsb.

Terlepas dari apakah situs kita menulis konten yang berkualitas atau sembarangan, situs kita akan tetap mendapatkan kunjungan karena daya tarik nama atau brand kita yang sudah melekat dibenak orang.

Jadi boleh jadi konten situs kita tidak tampil di halaman awal google untuk kata kunci yang populer, namun nama atau brand kita akan tetap menjadi daya tarik yang mengundang link masuk.

Authority.

Ini terkait dengan bagaimana search engine memberikan posisi untuk website kita, seberapa baguskah posisi artikel yang kita tulis di halaman google untuk kata kunci populer.

Ukuran menentukan nilai authority bisa dengan melihat nilai PageRank, DomainRank dari SEOmoz dan banyak alat ukur lainnya.

Situs dengan authoriy domain yang tinggi akan lebih mudah menampilkan kontennya di halaman pertama google untuk sebuah kata kunci populer. Tapi tentu saja konten tersebut setidaknya harus memenuhi kriteria minimal sebagai konten yang berkualitas menurut google.

Terlepas dari apakah kita, situs kita memiliki nilai selebriti atau authority tinggi atau rendah,  kekuatan sebuah website sangat tercermin atau didukung oleh seberapa banyak situs lain membuat link menuju situs kita.

Beberapa kuadrant authority dan selebrity terkait strategi membangun link.

1. Authority tinggi, selebriti rendah.
Untuk situs jenis ini kita harus focus pada menumbuhkan pembaca setia. Hendaklah kita selalu menerbitkan konten yang menarik. Membuat hubungan dengan situs lain yang memiliki nilai authority tinggi, seperti menyumbang artikel atau tukar menukar promosi produk ebook dsb.

Cara populer yang biasanya dilakukan blogger adalah tukar menukar link, namun hendaknya gunakan teks link yang merupakan kata kunci utama kita.

2. Authority tinggi dan celebrity tinggi.
Ini posisi yang ideal. Apapun yang anda tulis dan anda tampilkan berpeluang sangat besar untuk mendatangkan link masuk. Pertahankan situs anda selalu online dan menerbitkan artikel secara teratur.

3. Authority rendah, celebrity rendah.
Ini jenis situs yang biasanya berusia muda dan dikelolah oleh blogger pemula. Butuh perjuangan panjang untuk mendapatkan authority yang tinggi apalagi selebriti tinggi.

Jalan terbaik adalah selalu menerbitkan artikel original yang berkualitas menurut google, dan menjalin hubungan dengan blog lain yang memiliki topik yang sama. Atau setidaknya sering-sering memberikan komentar di banyak blog ternama.

4. Authority rendah dan selebriti tinggi.
Cara terbaiknya adalah meng online kan keterkenalan kita di dunia nyata. Bisa dengan menerbitkan konten yang benar-benar dibutuhkan oleh orang, bisa juga dengan membuat halaman fans facebook untuk situs kita.

Misalnya anda seorang musisi, anda bisa menerbitkan konten musik karya anda yang bisa didownload dsb.

Kesimpulan.

Cari tahu berada di posis mana kita, ini akan bisa menentukan strategi yang tepat untuk membangun link situs kita.



Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
masyhury
admin
13 November 2011 pukul 08.31 ×

Keren dan menarik..
Tapi saya lebih suka jadi blogger apa adanya, gak pake selebrity segala.. :D

Reply
avatar
abdul majid
admin
13 November 2011 pukul 22.48 ×

Masyhury: Entar kalau kian terkenal nanti bisa jadi selebritinya blogger mas.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon