Mengelola blog toko online yang dipercayai konsumen

Bulan ini saya menerbitkan blog untuk jualan produk fashion yang menjual baju wanita, baju pria, sepatu, dan sandal. Karena blog tersebut benar-benar blog yang masih berusia sangat muda makanya di artikel ini saya tidak percaya diri menuliskan URL nya. Blog blogspot tersebut masih memiliki peringkat alexa pada kisaran 4,000,000 an, sebuah posisi yang masih sangat jauh untuk bisa bersaing merebut perhatian pengunjung online.

membuat blog toko online
Namun perlahan-lahan dengan ketekunan mengoptimasi dan menerbitkan konten terbaru terus menerus target minimal ranking Alexa bisa dicapai, meskipun kurun waktu pencapaiannya tidak bisa saya targetkan dalam 5 bulan atau empat bulan, apalagi dua bulan. Saya enjoy saja menikmati peningkatan ranking blog tersebut yang berjalan lambat.

Satu opini yang tertanam dalam benak saya terkait pengelolaan blog jualan, bahwa sebagai seorang pemasar online pemula nama saya tidak memiliki nilai jual yang bisa membuat orang percaya dengan jualan saya. Percaya disini yang saya maksudkan adalah membuat orang tidak ragu bertransaksi dengan saya untuk membeli produk yang saya jual. Tidak menjadi masalah bila blog toko online saya misalnya sudah populer dan berperingkat bagus di google.

Sering saya mendengar cerita adanya penipuan melalui media internet, bahwa uang sudah terkirim tetapi pesanan tak kunjung sampai. Dalam situasi masih merebaknya ketidak percayaan masyarakat belanja online saya mencoba peruntungan dan mencari cara mengubah, yang dalam istilah kerennya  " menjadkan dunia online senyata dunia offline ",  setidaknya untuk saya sendiri agar saya dinilai sebagai individu blogger, internet marketer, penjual online yang bisa dipercayai konsumen online sebagai pribadi yang jujur.

Terkait dengan urusan kepercayaan ini keberuntungan berpihak pada situs yang sudah memiliki nama populer, dikenal, dan memiliki peringkat yang bagus di google, situs seperti ini lebih dianggap bisa dipercayai "kejujurannya". Pertanyaan terbesar adalah Bagaimana caranya membuat orang percaya belanja di situs jualan yang belum memiliki ranking yang bagus dan belum populer di jagat online.

Ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan diantaranya yaitu: Memiliki nama domain yang untuk memilikinya harus melalui verifikasi. Nama domain dengan ekstensi (dot)co(dot)id layak untuk digunakan. Namun proses pendafatarannya agak panjang dan ribet karena harus mempunyai SIUP. Pilihan lainnya adalah (dot)web(dot)id yang registrasinya bisa menggunakan KTP, tapi situs dengan nama domain ekstensi (dot)web(dot)id benar-benar tidak populer untuk jualan.

Solusi terbaik untuk nama domain yang tidak ribet dan ruwet tetap saja domain dengan ekstensi (dot)com atau (dot)net. Tapi karena nama domain ekstensi ini proses pendaftarannya tidak harus melalui verifikasi makanya jenis situs domain ini menjadi tidak bisa memberikan keyakinan kepada pengunjung online dalam hal sulitnya menemukan penanggung jawab blog.

Sempat terbetik keinginan besar dalam hati (hingga saat ini) seperti yang saya tulis pada artikel beberapa minggu lalu untuk membentuk sebuah wadah pendataan blogger yang berupa situs yang mengumpulkan data blogger pemilik blog atau website, yang data sang blogger diferivikasi menggunakan identitas offline semacam KTP atau SIM. Untuk memastikan kebenaran data sang pemilik blog yang blognya ingin diverifikasi kita harus mendatangi langsung kediaman sang blogger.

Langkah tersebut sebenarnya bagus disamping untuk memberikan perlindungan kepada kosumen online dari tipu menipu via internet, sekaligus juga wadah dan cara real silaturrahmi antara sesama blogger.

Selain dengan cara memiliki blog yang terverifikasi, sebenarnya ada banyak cara lain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen online terhadap ekstensi blog toko online kita yang jujur dan bisa dipercayai.

Mungkin teman-teman pengunjung bisa menuliskan pendapatnya di kotak komentar.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
nurul mahmud
admin
20 Februari 2012 pukul 00.05 ×

Saya kira jika kita bisa menjelaskan alamat pemilik blog yang jelas serta foto si pemilik blog kepercayaan akan terbangun dengan sendirinya
dan semua tergantung si pemilik karna jika berniat menipu dia akan menutup jalan rizkinya sendiri

Reply
avatar
abdul majid
admin
20 Februari 2012 pukul 09.16 ×

Nurul Mahmud: Benar sekali apa yang Nurul Mahmud katakan bahwa "jika berniat menipu dia akan menutup jalan rizkinya sendiri". Saya berharap apa yang Nurul Mahmud katakan juga apa yang ada dalam pikiran konsumen.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon