Brand dan strategi membangun brand

Branding adalah seni dan ilmu mengkomunikasikan merek anda melalui segala sesuatu yang anda lakukan dan katakan.  Brand anda adalah inti anda, esensi anda, janji anda kepada pelanggan.  Anda membangun reputasi anda di pasar sehingga orang dapat menempatkan anda atau brand anda di memori mereka.  Apakah brand atau merek anda diasosiasikan sebagai sesuatu yang high-end, sesuatu yang halus, sesuatu yang unik, atau sesuatu yang murah, seuatu yang dapat diandalkan, sesuatu yang kuat dan tahan lama, user friendly, dsb.

Apapun yang menjadi ciri khas brand anda atau apapun yang diasosiasikan untuk brand anda ada pasar untuknya.  Anda hanya perlu tahu apa yang hendak anda asosiasikan untuk merek anda untuk menarik konsumen yang ditargetkan pada waktu yang tepat.

Bisnis kecil atau bisnis online perlu membangun brand.


Kapan saja manusia harus membuat pilihan tentang sesuatu, mereka membutuhkan informasi.   Mereka perlu membandingkan sesuatu dengan lainnya, yang pada akhirnya mereka akan menentukan pilihan yang sesuai dengan kriteria pilihan mereka.   Jika anda peduli tentang reputasi dan apa yang orang-orang asosiasikan dengan produk usaha anda misalnya: dengan (harga rendah, pelayanan memuaskan, produk tahan lama, produk buatan tangan dsb) maka anda perlu untuk peduli membangun merek.

Terkait dengan sebuah brand atau merek produk dan layanan, dalam benak setiap pelanggan akan muncul pertanyaan, "Apakah ini sesuai untuk saya? Kapan saya membutuhkannya? Apa yang dikatakan tentang saya terkait dengan bila saya menggunakan produk ini ?.   Dan sebuah merek yang kuat membuat konsumen memilih merek anda dibandingkan sekian banyak pesaing anda di pasar.

Sebuah strategi membangun brand yang baik membantu memberikan kejelasan kepada anda tentang melakukan investasi yang tepat, dan juga menghindarkan anda dari melakukan yang salah.   Brand atau Merek yang tepat akan menarik pelanggan yang tepat,  karena akan memungkinkan anda untuk berfokus pada kebutuhan dan keinginan mereka.   Dan merek yang kuat membantu membedakan merek anda dalam pasar yang penuh persaingan, sehingga anda bisa meningkatkan keuntungan dan menciptakan produk yang diinginkan atau jasa yang penting untuk anda menarik pelanggan.

Anda bisa membangun reputasi merek anda sebagai sesuatu yang high-end, misalnya, dan biaya premium, anda setidaknya perlu membuat investasi di sebuah website yang baik, desain, dan pesan yang menarik bagi orang-orang dan menunjukkan seperti apa yang anda katakan tentang reputasi merek anda yang high-end.  Anda juga bisa saja mengasosiasikan merek anda sebagai sesuatu yang murah untuk konsumen kelas bawah, yang penting anda harus konsisten dalam mengkomunikasikan merek anda sehingga orang tidak bingung.

Tidak selalu membangun branding sebagai sesuatu aktifitas yang menghabiskan banyak uang.  Anda bisa saja menggunakan strategi membangun merek dengan biaya puluhan juta atau ratusan juta rupiah namun hasilnya tidak seberapa.  Branding yang efektif adalah tentang berkomunikasi dengan jelas dan konsisten dengan orang yang tepat, dengan pesan yang tepat, dengan segala sesuatu yang anda lakukan sehingga orang mengingat anda atau merek anda dan memahami siapa yang anda atau merek anda layani.   Hal ini dapat dilakukan dengan anggaran berapapun, melalui cara gratis atau murah serta cara mahal.  Yang penting adalah secara konsisten mengkomunikasikan merek anda kepada masyarakat.   Anda perlu juga bangun reputasi online anda  melalui konten blog atau web yang berkualitas.

Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon