Ingin menang persaingan, berikan nilai tambah pada produk dan layanan anda


Sekarang ini kualitas dan harga produk dan layanan nyaris tidak ada bedanya antara sebuah produk dengan produk pesaing yang ada dipasaran. Yang membedakan adalah sentuhan kemasan, dan cara melayani pembeli. Itulah makanya tak jarang sebuah produk yang berkualitas sama dengan harga yang lebih mahal bahkan bisa lebih laku ketimbang produk pesaing yang berharga lebih murah.

Sentuhan keindahan pada kemasan, pelayanan yang mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam proses pembelian dan after sales service, dan karena itu inovasi dalam layanan dan nilai tambah yang dilekatkan pada sebuah produk dan layanan menjadi sangat penting dalam usaha memenangkan persaingan di pasar yang kian kompetitif sekarang ini. Hal ini umumnya diketahui benar oleh para manajer pemasaran dari korporasi besar.

Itulah sebabnya banyak muncul kreasi baru yang memberi nilai tambah pada sebuah produk. Misalnya: Kemarin seorang teman (wanita) dengan antusias membeli sebuah jam tangan, yang dikemas dalam sebuah wadah yang cantik, disertakan pula dalam paket pembelian tersebut beberapa tali jam, dan beberapa casing bagian atas yang nantinya bisa dipasang dengan mudah pada jam tersebut. Jadi bila bosan memakai jam tersebut dengan tali warna merah misalnya, konsumen dengan mudah mengganti tali jam dengan tali yang berwarna putih misalnya.

Memang kelihatan menarik sekali, karena itu banyak dari teman-teman yang membelinya, meskipun tidak bisa dikatakan jam yang bagus bila dinilai dari harganya yang "hanya" Rp.100.000,-.

Nilai tambah pada sebuah layanan sangat penting.


Contoh lainnya seperti ini: di dekat rumah saya ada dua buah warung yang sama-sama menjual air mineral galon besar. Tapi air mineral yang dijual di salah satu warung lebih laku dari yang lainnya, kenapa ?,. Ternyata nilai lebih dari warung tersebut adalah karena ia berani antar gratis kerumah untuk setiap galon berisi air minum yang konsumen beli.

Selanjutnya ada sebuah rumah makan yang sebernarnya enak masakannya, tapi malah rumah makan ini terlihat sepi pembeli yang makan ditempat, kenapa ?, karena ia terletak di pinggir jalan besar dan tidak memiliki area parkir mobil, bahkan untuk parkir motorpun susah.

Contoh-contoh diatas menunjukkan betapa inovasi atau saya menyebutnya nilai tambah sebuah produk menjadi sangat penting untuk memenangkan persaingan di pasar yang sangat kompetitif.

Sehubungan dengan nilai plus ini pula saya mencoba memberikan nilai tambah pada jasa yang saya tawarkan yaitu jasa pembuatan blog untuk jualan online, atau saya menyebutkan blog untuk jualan online. Apa yang saya tawarkan sebenarnya adalah produk yang sederhana, hanya sebuah blog sederhana yaitu blog toko online.

Ada banyak template blog untuk jualan yang bisa didownload gratis, tapi proses pemasangan template tersebut hingga siap digunakan untuk jualan malah ongkosnya lebih mahal. Kenapa lebih mahal. Untuk anda yang tidak terbiasa utak-atik template,  pastilah dalam proses mempersiapkan template tersebut hingga siap digunakan akan menghabiskan waktu yang lama. Itu artinya memerlukan kuata internet lebih banyak dan listirik lebih lama untuk menghidupkan komputer, belum lagi terlalu lama didepan komputer membuat mata anda menjadi lelah.

Belum lagi anda masih harus memberikan tampilan lain agar blog anda sedikit beda dari blog orang lain yang menggunakan template yang sama. Jadi anda juga butuh sedikit kemampuan olah gambar. Tapi untuk anda seperti juga saya yang suka utak-atik template, hitung-hitungan diatas tidak menjadi masalah.

Jadi jasa yang saya tawarkan lebih saya targetkan untuk konsumen yang tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan mengedit template blog untuk jualan. Bahkan saya menambahkan dalam paket pembuatan blog tersebut bantuan konsultasi seputar apapun terkait dengan pengelolaan blog tersebut. Itulah sebuah nilai tambah (kalau bisa disebut inovasi) yang saya tawarkan  untuk konsumen yang menggunakan jasa saya.

Tapi, konsekswensi dari layanan plus yang saya berikan adalah saya harus membatasi jumlah order pembuatan blog yang saya terima.

Demikianlah sedikit cerita tentang inovasi pada produk dan layanan, kalau teman-teman punya tambahan atau koreksi silahkan berikan melalui komentar.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Okto
admin
25 April 2012 pukul 16.01 ×

Setuju Mas,

Memang dalam menjalankan usaha perlu kreatifitas, salah satunya ya dengan memberikan nilai tambah atas produk yang ditawarkan

Reply
avatar
abdul majid
admin
25 April 2012 pukul 21.54 ×

OKTO: Terima kasih Okto kunjungan dan komentarnya.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon