Cara SEO Blog gratis untuk menghemat pengeluaran

Ketika masih berada pada beberapa bulan pertama mengelola blog saya sangat mempercayai perusahaan SEO sebagai satu-satunya cara agar blog memiliki peringkat yang bagus di Google. Saya sering mencari informasi perusahaan jasa seo yang paling terkenal dan setelah mengetahui ternyata untuk sebuah jasa SEO kita harus membayar cukup mahal, saya mundur teratur. Sementara terbetik di hati sebuah pertanyaan apakah Cara SEO dari perusahaan jasa SEO akan berhasil sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Seiring dengan berjalannya waktu dan ketekunan mencari informasi gratisan saya sedikit terkejut setelah mengetahui betapa memungkinkannya menghemat uang dengan cara melakukan sendiri usaha seo untuk blog. Meskipun bukan blog yang benar-benar teroptimasi dengan baik, tapi setidaknya blog bisnis online ini sudah cukup memenuhi sebagian harapan saya terkait dengan peringkatnya di search engine google.

Ada 4 bagian dari cara SEO yang kita bisa lakukan sendiri untuk menghemat pengeluaran kita dalam mengelola blog bisnis online.

Analisa keyword.

Ketika kita menggunakan perusahaan SEO, kita harus membayar kepada perusahaan tersebut sejumlah uang yang berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah sebulan, hanya untuk analisa keyword.

Bila melihat pengalaman banyak blogger miskin nampak sekali hal itu adalah sebuah pemborosan. khususnya bila mempertimbangkan ada banyak sekali informasi dan tool analisa yang bisa kita gunakan gratis untuk analisa keyword, seperti google keyword's tool, sebuah tool yang berguna untuk SEO.

Menggunakan tool tersebut relatif mudah bahkan untuk kita yang baru pertama kali mengguanakannya.

Misal kita ketik kata "bisnis online" di google keyword tool, kita akan melihat banyak prasa yang didalamnya termasuk kata "bisnis online" dan kita juga akan melihat prasa yang paling ramai diketik di search engine google. Dari hasil analisa tersebut kita bisa mengetahui kata kunci populer untuk prasa "bisnis online"

Analisa persaingan.

Analisa persaingan adalah sebuah layanan yang kebanyakan perusahaan seo sediakan yang menyediakan kita laporan tentang seberapa bagus ranking kompetitor kita untuk kata kunci yang kita targetkan.

Ada banyak tool gratis untuk tujuan analisa tersebut seperti SEO Quake, yang merupakan plugin untuk firefox yang bisa kita gunakan untuk secara mudah dan praktis melihat statistik kompetisi. Plugin ini akan menampilkan nilai pagerank sebuah website, jumlah halaman yang terindex di sejumlah search engine utama, ranking alexa, jumlah link masuk, dan bahkan juga usia website.

Bisa juga menggunakan compete.com untuk analisa tersebut. Kita bisa melihat seberapa banyak kunjungan yang datang ke sebuah website tiap bulan. Meskipun demikian hasil analisa dari beberapa website diatas tidak mutlak benar, setidaknya sebuah perkiraan yang mendekati kebenaran.

Konten blog atau website.

Salah satu bagian yang terpenting dari strategi SEO adalah kreasi konten. Kebanyakan perusahaan SEO atau jasa pembuatan konten akan meminta bayaran yang cukup besar untuk pembuatan sebuah artikel yang ditargetkan untuk kata kunci tertentu yang sesuai untuk mengisi konten blog atau website kita. Namun akan lebih baik kita sendiri yang mengisi konten blog kita, karena hanya kita yang paling tahu kata kunci apa yang menjadi target utama blog kita.

Kita bisa fokuskan pada kata kunci yang kita targetkan pada artikel yang kita tulis. Gunakan tiga hingga empat kata kunci yang kita targetkan pada artikel yang kita tulis dan buat ia sebagai teks link menuju halaman atau artikel yang relevan di situs kita.

Membangun link atau Link Building.

Ketika dikaitkan dengan SEO, ada dua faktor yang paling penting yaitu: konten yang bagus dan link yang kuat. Konten situs bisa kita buat sendiri sesuai dengan kemampuan kita dengan berusaha menerbitkan konten karya kita sendiri.

Kemudian ketika membuat link atau membuat tautan berupa teks penghubung antara satu website ke website lain, atau dari sebuah artikel ke artikel lain dalam sebuah website hendaklah mematuhi kriteria link building yang baik menurut google.

Kita mungkin tidak mendapatkan informasi yang benar tentang bagaiman perusahaan jasa SEO membangun link untuk website atau blog kita. Apakah tidak mungkin sebuah tautan yang terhubung ke situs kita berasal dari website yang dikenal sebagai link farm, bila itu terjadi tidak tertutup kemungkinan situs kita akan turun peringkat atau bahkan hilang dari index google.

Situs SEObook telah menulis sebuah artikel yang sangat bermanfaat sekali berupa 101 taktik membangun link. Kita yang ingin mendapatkan taktik membangun link yang benar bisa mendapatkan masukan yang berguna dengan membaca artikel tersebut.

Bagaimanapun juga link building atau membangun link untuk blog atau website kita bukan pekerjaan yang satu kali buat dan tidak lama kemudian langsung berdampak, dan tidak pula sebuah link yang semula membawa dampak positif selamanya tetap akan berdampak positif. Siapa tahu kelak website atau blog yang membuat link menuju blog kita pada akhirnya mendapatkan stempel sebagai website atau blog yang bernilai buruk dan efeknya link yang berasal dari website tersebut menurun nilainya. Atau yang lebih parah lagi bila kita membuat link menuju sebuah halaman di website lain, dan ternyata pada akhirnya website yang kita link hilang dari peredaran, atau halaman yang kita link sudah tidak online lagi, blog kita akan memiliki broken link yang jelas akan memiliki dampak buruk untuk peringkat search engine blog kita.

Karena itu setelah membuat link kita perlu memeriksa secara rutin status link tersebut, dan bila ternyata berubah menjadi broken link segera hapus. Begitu pula jangan buat link dan hapus link menuju website atau blog yang akhirnya berpredikat buruk di google.

Hanya kita yang mengetahui dengan benar bisnis kita, pengunjung blog kita yang mungkin akan menjadi konsumen kita, dan keywords utama website atau blog kita. Jadi dengan sedikit bersusah paya dan untuk menghemat uang lebih baik mencoba sendiri SEO untuk situs blog kita.


Komentar untuk artikel ini :

beehandmade  http://beehandmade.multiply.com/
thanks infonya.

Laptop Reviews  http://laptop-rev.blogspot.com/
kalo ane pake long tail keyword aja sob, coz masih pemula n belum bisa bersaing dgn keyword utama punya para master..hehe :D


Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon