Cara pembayaran menggunakan ponsel teknologi Near field communication.

cara pembayaran menggunakan ponsel teknologi near field communication
Near field communication (NFC) sebuah teknologi yang memungkinkan cara pembayaran menggunakan ponsel dengan lebih mudah telah lama dikenal, dan nampaknya kini kembali menjadi topik menarik untuk dibicarakan. Perusahaan Global, bagaimanapun, menyambut gembira tentang potensi teknologi ini setidaknya sejak tahun 2004 - ketika Nokia, Sony dan Royal Philips Electronics mendirikan NFC forum. Samsung, Motorola, Microsoft dan lebih banyak lagi perusahaan global lainnya semua segera ikut bergabung.

Saat ini Forum NFC telah memiliki 150 member yang terdiri dari Perusahaan global, perusahaan pengembang aplikasi, institusi keuangan, dll. Forum ini berkepentingan mempromosikan penggunaan teknologi NFC dalam perangkat elektronik, ponsel, PC dll

Teknologi NFC memberikan kemungkinan sebuah perangkat, biasanya telepon selular, untuk menerima dan memberi data dari perangkat lain atau tag NFC dalam jarak dekat. Dalam banyak hal, NFC seperti kartu pembayaran contactless yang terintegrasi dalam ponsel. Mirip dengan Bluetooth, tapi perangkat yang terintegrasi dengan NFC bahkan lebih simpel untuk dapat terkoneksi dengan perangkat NFC lainnya, hanya dengan "one simple touch".

Mengapa dan untuk keperluan apa NFC dapat digunakan?.


Transportasi: NFC bekerja dengan kebanyakan smart card dan alat pembaca nir kontak, yang berarti dengan mudah dapat diintegrasikan ke dalam sistem pembayaran angkutan umum di kota-kota negara maju yang sudah menggunakan alat pembayaran dengan hanya cukup menggesek kartu pintar pada sebuah alat yang misalnya terpasang di sebuah angkutan umum. 

Kemudahan Penggunaan: Tidak seperti Bluetooth, perangkat yang terintegrasi dengan NFC tidak perlu pengaturan khusus untuk terkoneksi dengan perangkat terintegrasi NFC lainnya. Mereka dapat terhubung dengan lebih mudah. Jika ponsel yang tertanam NFC nantinya populer , kita mungkin akan dapat mencetak foto dalam ponsel hanya dengan menyentuh ponsel kita ke printer yang juga tertanam teknologi NFC. 

Smart Objek: NFC dapat memiliki aplikasi yang serupa seperti barcode yang populer seperti sekarang ini. Kita dapat menempelkan satu stiker barcode disebuah tembok pinggir jalan misalnya dan pejalan kaki bisa men scan dengan ponsel mereka untuk mendapatkan informasi dari stiker barcode tersebut. 

Media Sosial: Sebuah perusahaan Jerman bernama Servtag membuat konsep serupa untuk telepon yang terintegrasi NFC yang disebut Friendticker. Perusahaan ini menempatkan lebih dari 250 stiker terintegrasi NFC atau sebuah alat terintergrasi NFC di berbagai lokasi di Berlin yang memungkinkan pengguna bisa "menggesek" ponsel mereka untuk tujuan membuktikan kepada teman-teman mereka bahwa mereka pernah "singgah" di lokasi itu. 

Bagaimana dengan mobile payment.


Media massa sekarang ini lebih sering membahas NFC yang dikaitkan dengan pembayaran mobile atau "dompet digital." Tidak seperti banyak teknologi nirkabel lainnya, NFC memiliki koneksi jarak pendek sekitar beberapa centimeter saja. Hal ini menjadikannya alat untuk transaksi yang lebih aman, seperti pembayaran kartu kredit nir-kontak. 

Perusahaan kartu kredit, penyedia jaringan mobile dan organisasi bisnis lainnya akan berpacu untuk memfasilitasi transaksi digital ketika ponsel terintegrasi teknologi NFC menjadi populer nantinya. 

Pemain Utama dunia yang memanfaatkan teknologi NFC.


Google: Pada bulan Mei lalu, Google mengeluarkan sistem pembayaran wireless disebut Google Wallet. Citi, MasterCard, Sprint dan First Data bermitra pada upaya untuk membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan pembayaran mobile dan kartu loyalitas menggunakan NFC. 

Amazon: Situs Bloomberg.com memberitakan bahwa Amazon juga menjajaki sistem pembayaran mobile teknologi NFC.

Apple: Salah satu rumor yang paling populer bahwa iPhone 5 akan tertanam teknologi NFC. Namun setelah menelusuri informasi di situs Apple.com saya tidak menemukan feature terkait teknologi NFC di iPhone 5 yang katanya akan segera rilis.

Microsoft: Mengekor yang lainnya agar tak tertinggal, Microsoft juga dikabarkan akan merencanakan mengintegrasikan teknologi NFC untuk rilis ponsel berikutnya. 

PayPal: Perusahaan ini telah bermitra dengan Bling Nation, yang telah menginstal terminal pembayaran contactless di merchant lokal sejak 2008. Ketika pengguna melakukan kontak ponsel mereka dengan alat terpasang NFC, mereka bisa menggesek ponsel mereka untuk melakukan pembayaran. Sebelumnya, pengguna Bling Nation membayar dari rekening mereka di bank mitra. Sejak musim panas lalu, mereka juga memiliki pilihan untuk membayar menggunakan account PayPal. 

Perusahaan kartu kredit: stasiun pembayaran yang menggunakan kartu nirkontak dapat dengan mudah menerima pembayaran yang menggunakan teknologi NFC ini. Jadi, hampir semua perusahaan kartu kredit utama yang telah memulai proses penyebaran stasiun pembayaran yang menyediakan cara pembayaran menggunakan kartu juga tertarik untuk menerapkan cara pembayaran dengan teknologi NFC. 

Provider telekomunikasi: Verizon, AT & T dan T-Mobile juga menjalin kemitraan untuk meluncurkan jaringan pembayaran contactless NFC yang disebut Isis tahun lalu. 

Bagaimana dengan sistem mobile payment di Indonesia.


Telkomsel telah sejak lama mengaplikasikan pembayaran mobile menggunakan ponsel yang dikenal dengan T-Cash, kemudian Indosat dengan dompetku, lalu xl dengan Xl Tunai. Kesemua cara pembayaran mobile menggunakan ponsel tersebut masih menggunakan cara pembayaran via sms.

Dan saat ini pastilah setiap perusahaan bisnis khususnya penyedia layanan telekomunikasi tanpa kabel menanti jumlah ponsel yang terintegrasi teknologi NFC menjadi populer dan dukungan berbagai pihak terkait penerapan cara pembayaran mobile ini.

Namun seperti halnya pembayaran mobile menggunakan ponsel yang diusung operator telekomunikasi saat ini yang tidak berkembang dan tidak didukung oleh banyak mall dan supermarket utama di kota besar.
   
Akankah penerapan teknologi NFC untuk pembayaran mobile kelak juga tidak mendapat dukungan ?. Bagaimana menurut pendapat anda?.

Sebagian tulisan bersumber dari Mashable.com dan NFC forum.


Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon