Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemasar online

Dunia Cyber telah membuka pintu baru untuk bisnis, yang memungkinkan kita mencapai audiens di seluruh dunia dan meningkatkan penjualan secara luar biasa. Mereka yang memutuskan untuk mengambil keuntungan dari bisnis online mengetahui pentingnya memiliki rencana pemasaran online yang sukses. Mereka juga menyadari bahwa bukan tugas yang mudah. Tak terhitung jumlah pelaku bisnis yang mencoba dan gagal karena kesalahan yang mereka buat dalam strategi pemasaran bisnis mereka.

Jika anda berencana untuk menggunakan web untuk memasarkan bisnis perusahaan anda, anda harus tahu perangkap ini dan bagaimana untuk menghindarinya. Berikut adalah beberapa kesalahan terbesar yang dibuat oleh pemasar online.

Jarang memperbarui konten.
Salah satu aturan paling penting dari bisnis online adalah menjaga konten website atau blog anda up to date. Untuk menarik perhatian pengunjung anda, pastikan apa yang anda sajikan kepada pengunjung adalah sesuatu yang fresh. Jika anda ingin menjadikan mereka pengunjung setia anda maka selalu publikasikan posting terbaru secara rutin.

Tidak mengikuti perkembangan teknologi
Dunia Internet berubah hampir setiap hari, jadi jika anda ingin kampanye pemasaran online anda sukses, anda harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan dan mengikutinya. Jika strategi anda tidak berkembang, bisnis anda kemungkinan akan tertinggal dan cepat dilupakan.

Meremehkan nilai viral marketing.
Salah satu aspek yang paling penting dari pemasaran offline adalah viral marketing. Pemasar yang melakukan pemasaran mereka secara online, bagaimanapun, sering lupa bahwa ini juga memainkan peran penting dalam strategi web. Biasanya disebut pemasaran viral, anda dapat menggunakan teknik seperti menawarkan dua produk untuk pembelian satu produk yang satunya harga promosi atau memberikan bonus kepada pelanggan yang mereferensikan teman. Ini adalah cara sederhana dan relatif murah agar bisnis anda menarik perhatian.

Membuat hal-hal yang terlalu rumit.
Menawarkan pilihan bagi pengunjung untuk memberikan alamat email mereka atau mendaftar untuk mendapatkan kiriman newsletter anda adalah taktik yang sangat bagus untuk mengumpulkan informasi mereka untuk peluang pemasaran online di masa mendatang.

Tetapi jika mereka harus menjawab banyak pertanyaan atau harus banyak mengklik (misalnya: halaman berbeda) untuk hal itu, lebih mungkin bahwa mereka akan menyerah dan meninggalkan nya sebelum memberikan informasi mereka. Pastikan agar membuatnya semudah dan sesederhana mungkin sehingga mereka juga akan online lebih lama.

Menyerah pada godaan untuk melakukan spam.
Godaan untuk mengambil jalan pintas dan tidak menggunakan teknik pemasaran yang sah, seperti membeli alamat email, dan kalau itu tidak etis itu pasti akan memukul balik anda sendiri dalam jangka panjang. Ingat - setelah anda menerima label 'spammer', itu akan menjadikan anda kesulitan melakukan pemasaran melalui email nantinya.

Membiarkan pengunjung yang tidak mengkonversi  pergi begitu saja.
Sebuah kampanye pemasaran online yang baik harus terdiri dari dua bagian - pertama mendapatkan pengunjung ke situs anda, dan kemudian mencari tahu orang-orang yang mengunjungi situs anda lalu pergi sebelum membeli.

Langkah kedua sering dilupakan oleh pemasar online. Karena itu kita perlu mengetahui metode untuk melacak pengunjung website atau blog kita. Dengan begitu setelahnya kita bisa memulai melakukan pemasaran ulang kepada mereka lagi dan  anda bisa mengingatkan mereka untuk datang kembali ketika mereka sudah siap untuk membeli.

Lupa untuk mengukur.
Anda mungkin telah menghabiskan banyak waktu dan uang mengembangkan rencana pemasaran yang canggih, tapi jika anda tidak teratur mengukur kinerjanya anda mungkin tidak mencapai hasil yang anda inginkan. Mengukur dan mengevaluasi hasil rencana anda akan membantu untuk memastikan bahwa apa yang anda lakukan berjalan dengan bagus dan menentukan di mana anda mungkin perlu membuat perubahan untuk mewujudkan hasil yang paling menguntungkan.

Mendapatkan ribuan pengunjung ke situs anda tidak selalu berarti rencana pemasaran anda bekerja dengan bagus. Yang anda cari adalah pelanggan, jadi pastikan anda tidak bingung antara ramainya kunjungan dengan hasil dari upaya pemasaran anda. Gunakan hasil analisis anda untuk men-tweak dan menyesuaikan strategi anda sampai anda mulai melihat konversi yang anda inginkan.

Percaya bahwa "satu teknik dan ukuran cocok untuk semua '.
Sebuah teknik pemasaran yang bekerja untuk satu perusahaan mungkin sama sekali tidak cocok untuk jenis usaha anda. Itulah mengapa sangat penting agar anda menyediakan waktu untuk menyesuaikan strategi pemasaran terbaik anda sesuai dengan bisnis anda dan yang paling efektif menjangkau audiens anda.

Takut meminta bantuan.
Tidak semua orang memiliki keahlian atau waktu untuk mengembangkan dan memelihara suatu rencana pemasaran yang efektif secara online.

Itulah mengapa ada perusahaan yang mengkhususkan diri dalam hal semacam ini, dan dapat membantu anda membangun sebuah rencana pemasaran yang disesuaikan yang akan mendapatkan hasil yang anda inginkan. Tidak ada yang salah dengan mengakui bahwa anda membutuhkan bantuan.

Dalam rangka untuk sukses dalam bisnis, khususnya dalam dunia teknologi internet, anda harus mampu mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran online yang baik. Dengan menghindari kesalahan yang diuraikan di atas semoga anda bisa sukses dalam bisnis online anda atau sukses dalam pemasaran online bisnis anda,

Demikianlah semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan atau telah memulai bisnis online

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Jay
admin
7 Oktober 2010 pukul 07.51 ×

Poin yang pertama "Jarang memperbarui konten" ini yang banyak terjadi ya Om... ini terjadi karena tidak semua orang bisa memikirkan Ide2 baru yang akan dipublikasikan.

Reply
avatar
Abdul Majid
admin
7 Oktober 2010 pukul 18.19 ×

Benar Jay, kita sering kehabisan ide untuk menulis, mungkin dengan menyimak berita terbaru di media masa, atau membaca posting di blog orang lain, akan muncul ide untuk mulai menulis, atau bila memungkinkan memintak orang lain menulis untuk dipublikasikan di blog kita. Trims komentarnya ya Jay.

Reply
avatar
Jay
admin
7 Oktober 2010 pukul 23.06 ×

iya om sama-sama. Wah bener juga ya Om... kenapa gak kepikiran ya.. meminta teman untuk sedikit menyumbangkan tulisan ke blog ...

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon