Membuat blog sebagai langkah awal memulai bisnis online

Sangat sedikit persentase mereka yang surfing internet yang memiliki blog atau website, mungkin juga termasuk anda. Padahal membuat blog diperlukan sebagai langkah awal untuk memulai usaha bisnis sistem online.

Beberapa tahun yang lalu sebelum memiliki akses internet di rumah, saya menggunakan komputer di warnet untuk membuka website, dalam satu minggu setidaknya sepuluh jam saya habiskan waktu untuk membuka website apa saja. Mendatangi warnet, menghidupkan komputer lalu klik internet explorer atau mozilla firefox, dan mengetik di address bar browser web www. ....... com, lalu tekan enter.

Dan terbukalah sebuah atau beberapa buah website yang pernah saya buka hari-hari sebelumnya, hari-hari berikutnya begitu juga pola interaksi saya dengan warnet, saya tidak pernah menggunakan google untuk mencari informasi di internet.

Saya benar-benar tidak mengetahui apa itu google, setelah lama ngeblog saya baru mengetahui kalau saya harus sering-sering mengunjungi google. Begitulah kegiatan online yang saya lakukan sebelum saya memutuskan membuat sebuah blog.

Pertama kali saya membuat sebuah blog 15 bulan yang lalu ( sampai kini saya telah membuat sedikitnya 5 buah blog ). Saat itu saya benar-benar tidak mengetahui apa itu google sebagai mesin pencari, dan kenapa seorang blogger harus akrab dengan google, lalu apa itu SEO ?. Setelah beberapa bulan memiliki blog, saya mengetahui kalau SEO terkait erat dengan sang mesin pencari google.

Pada awalnya saya membuat blog adalah semata-mata untuk mengisi waktu luang, tanpa memiliki tujuan yang jelas. Karena sering mengunjungi blog orang lain dan karena teman saya memiliki blog, saya tertarik ingin juga memiliki sebuah blog.

Saya menulis posting blog tentang apa saja, misalnya hari ini saya menulis tentang berita kriminal di kota saya yang saya kutip dari koran, besoknya saya menulis tentang hasil pertandingan sepak bola, lalu hari berikutnya saya menulis tentang pemasaran. Pokoknya saya tidak tahu apapun tentang tema sebuah blog.

Seorang teman memberitahukan kepada saya tentang apa itu Google dan apa kegunaannya, seberapa penting posisi sang google untuk mencari informasi di dunia maya.

Sejak itu saya mulai menggunakan google untuk mencari informasi apapun di internet. Saya ketik kata "SEO" di kotak pencarian google, lalu, tampil begitu banyak judul, saya klik judul paling atas dan terbukalah sebuah website berbahasa inggris, beruntung sekali saya memiliki sedikit kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris, dan dari website itulah saya mulai mengenal apa itu SEO.

Tertarik mempelajari SEO lebih jauh, hari-hari berikutnya setiap kali surfing internet, saya pasti mengetik kata SEO di google untuk mencari tahu tentang SEO dengan membuka website lain. Kian hari saya kian paham kegunaan SEO, karena itu saya mulai mempraktekkan tips SEO yang saya dapati dari website-website luar negeri (dulu saya tidak tahu kalau website berbahasa Indonesia juga memiliki kwalitas isi yang tidak berbeda dibandingkan website yang berbahasa inggris. karena itulah saya selalu mencari informasi apapun di website berbahasa inggris).

Dari kegiatan surfing ke beberapa website tersebut, saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang SEO, google, wordpress, blogger, pagerank, alexa rank, ranking search engine, dll.

Sejalan dengan lamanya waktu yang telah saya lalui sejak mulai membuat blog pertama kalinya hingga kini, saya memutuskan akan serius menekuni bisnis online. Saya membuat blog ini sebagai langkah awal memulai bisnis online.

Saya sangat menyarankan bagi pengunjung yang sering surfing internet mencari peluang bisnis, untuk mulai membuat blog. Terlepas dari apakah kita dapat menghasilkan uang dengan blog yang kita miliki. Setidaknya memiliki sebuah blog berarti melangkah lebih jauh di pergaulan dunia online. Kita yang selama ini hanya tahu menghabiskan uang dengan membuka website sekedar menghibur diri, alangkah baiknya bila kita juga memulai menggauli dunia maya sebagai seorang pengelola blog. Terus terang ada banyak manfaat yang didapat bila memiliki blog, selain tentu saja kebanggaan menjadi seorang blogger.

Mengelola blog memberikan konsekwensi kepada kita untuk selalu rutin memperbarui konten blog, dan atas nama konsekwensi tersebut kita menjadi kian mahir menulis. Dan bila nanti blog yang kita miliki menjadi populer, peluang mendapatkan uang dari blog terbuka lebar.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon