Cara mengetahui kata kunci utama artikel anda

Apakah anda mengetahui kata kunci (keyword) utama untuk artikel anda?. Untuk mempermudah anda mengetahui kata kunci utama artikel anda ada sebuah tool dari SEOmoz yang bisa anda gunakan gratis untuk mengetahui kata kunci utama dalam artikel anda.

Menganalisa artikel yang telah anda terbitkan sangat penting sekali. Anda perlu mengetahui seberapa efektif artikel yang anda tulis di blog memenuhi kriteria sebagai artikel yang memiliki peluang untuk tampil di halaman pertama google. 

Terlepas dari seberapa bagus dan bernilai  artikel yang anda tulis, tanpa tampil di halaman pertama google jelas akan memperkecil peluang artikel anda dilihat banyak pengunjung. Kecuali tentu saja bila anda adalah penulis yang dikenal luas sebagai penulis ternama yang sering tampil di media massa. Sehingga orang akan mencari artikel apapun judulnya asalkan tulisan anda, meskipun artikel anda tidak tampil di halaman awal google.

Tapi kebanyakan blogger adalah penulis yang kurang berbakat atau bahkan tidak berbakat sama sekali dalam dunia tulis menulis artikel. Banyak artikel yang beredar di internet adalah artikel yang tidak berkualitas dan ditulis oleh penulis yang tidak berbakat tersebut,  namun karena memenuhi kriteria untuk ditampilkan di halaman pertama google, maka artikel tersebut tanpa peduli siapa penulisnya muncul di halaman awal google.

Apakah artikel kita berkualitas atau tidak yang paling penting bagi kita adalah bagaimana agar artikel yang kita tulis tampil di halaman pertama google untuk kata kunci populer yang kita targetkan. Untuk itu kita perlu menganalisa dan melakukan perbaikan terhadap artikel yang telah kita terbitkan agar artikel tersebut lebih search engine friendly sehingga berpeluang tampil di halaman pertama google.

Bagaimana cara mengetahui kata kunci utama artikel anda.


Ada satu tool yang disediakan gratis oleh seomoz.org yang dapat kita gunakan untuk menganalisa kata-kata yang paling optimal dalam artikel kita, sehingga kita dapat memperkirakan prasa kata kunci apa yang merupakan prasa kata kunci utama untuk artikel kita.

cara mengetahui kata kunci utama artikel

Tool ini dapat digunakan gratis, kita hanya perlu signup di situs www.SEOmoz.org, dan kemudian kita dapat menggunakan tool tersebut untuk menganalisa kata-kata yang ada dalam artikel kita.

Tool ini sangat bagus untuk mencari tahu kata kunci utama apa yang optimal untuk artikel kita.
alamatnya adalah http://www.seomoz.org/term-extractor

Kita cukup memasukkan URL halaman artikel kita dan keyword tool SEOmoz tersebut akan menganallisa artikel kita dan menampilkan kata-kata dalam artikel kita beserta persentase tampilnya di dalam artikel.

Pada contoh saya memasukkan URL: http://www.informasibisnis.net/2010/09/strategi-pemasaran-online.html untuk dianalisa dan hasilnya sbb:

Hasil analisa seomoz.org
TERM (Kata kunci)Posisi di HTMLNilai(Persentase)
Pemasaran onlineisi,meta discription, title tag, li, h356%
strategi pemasaranisi, title tag,li,h356%
bisnis onlinemeta description, img alt, li, h226%
membuat blogmeta description,li, h226%


SEOmoz.org menampilkan hasil analisa sampai lebih dari 90 prasa kata kunci untuk artikel tersebut. Disini saya hanya menampilkan empat kata kunci teratas saja.

Dari hasil analisa tersebut saya dapat mengetahui bahwa kata kunci atau prasa kata kunci utama untuk artikel saya tersebut adalah "Pemasaran online" dan "strategi pemasaran" karena kedua prasa kata kunci tersebut memiliki nilai persentase paling besar. Sedangkan kata kunci yang persentase tampilannya paling kecil adalah kata kunci atau prasa kata kunci yang tidak penting dalam artikel saya.

Hasil analisa itu juga memberitahukan kita di mana letak kata kunci atau prasa kata kunci dalam artikel tersebut.

Bila hasil analisa menunjukkan kata kunci yang kita targetkan bukan menjadi kata kunci utama untuk artikel kita maka kita dapat melakukan perbaikan pada artikel.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
abdul majid
admin
3 April 2012 pukul 23.09 ×

ISTANA: Terima kasih kembali Istana telah berkunjung.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon