Tips praktis menulis artikel yang disukai pembaca.

Menulis artikel yang disukai pembaca memang pekerjaan yang tidak sederhana bagi sebagian terbesar blogger.  Ia harus dimulai dengan adanya ide penulisan, lalu ketersediaan bahan tulisan.  Kemudian kemampuan merangkai kata menjadi kalimat yang membentuk sebuah cerita yang memiliki tema tertentu yang spesifik.

Karena tidak mudahnya menulis artikel inilah maka banyak blogger mengambil jalan pintas dengan menyalin tulisan yang diterbitkan di blog orang lain, lalu tanpa menghiraukan etika menerbitkan artikel copy paste tersebut di blog sendiri.

Namun meskipun semua kendala diatas bisa kita atasi, tidak cukup hanya berhasil menulis artikel original yang memiliki tema yang jelas dan informatif, kita juga harus memperhatikan tampilan tulisan agar enak dilihat mata, mudah di baca, mudah dipahami isinya dengan cepat, informatif.

Berikut ini beberapa tips praktis menulis artikel yang umumnya lebih disukai pembaca.


1. Konten yang user friendly.

Hendaklah apapun yang tampil di halaman blog kita mudah dibaca, enak dilihat, dengan tampilan warna yang menyegarkan.   Untuk menjadikan blog kita lebih user friendly kita harus berhasil memperindah tampilan blog yang dipadukan dengan menulis artikel yang berkualitas.

Kita hendaklah menulis artikel yang mudah dibaca.  Kita harus memperhatikan ukuran hurup, pewarnaan hurup, bentuk hurup agar artikel yang kita tulis mudah dan enak dibaca.  Kita harus menulis artikel yang mudah dipahami.  Hindarkan istilah atau kalimat yang terlalu teknis yang sulit dipahami oleh pengunjung blog kita yang awam, kecuali jika konten blog kita memang ditargetkan untuk jenis pengunjung ahli.

2. Tulis artikel yang pendek dan mudah ditelusuri pembaca untuk menemukan intisari artikel.

Tidak jarang artikel yang kita tulis sulit diambil intisarinya, ini bisa dikarenakan artikel tersebut sangat panjang dan tidak ada kalimat-kalimat penting yang kita tandai.  Karena itu untuk mendapatkan intisarinya pembaca "terpaksa" harus membaca secara keseluruhan artikel.  Padahal boleh jadi pengunjung blog kita adalah jenis pengunjung yang tidak mau meluangkan waktu membaca keseluruhan artikel apabila artikel yang kita tulis terlihat sangat panjang.  Karena itu kita sebaiknya menulis artikel yang cukup pendek namun informatif.

Dalam hal tujuan menarik perhatian pembaca, kata misalnya " seratus orang" akan lebih baik kita tulis dengan kata "100 orang", atau menebalkan, menulis cetak miring, menggaris bawahi kata dan kalimat penting, karena ini akan terlihat menyolok dan bisa menarik minat pembaca agar langsung membaca kalimat disekitar angka atau kata tersebut, dan kita bisa menampilkan kalimat penting disekitar angka atau kata tersebut, baik kalimat yang merupakan intisari artikel atau kalimat periklanan.

3. Bagi artikel panjang kedalam beberapa sub bagian.

Terkadang informasi yang hendak kita sampaikan sebenarnya bisa disampaikan dengan beberapa baris kalimat saja, namun untuk memperbanyak kata agar bisa memasukkan banyak kata kunci yang kita targetkan kedalam artikel, maka kita biasanya akan memanjangkan artikel.

Namun bila kita harus memanjangkan artikel sebaiknya bagilah artikel kedalam beberapa sub judul.  Sub judul artikel juga tempat yang bagus untuk menempatkan kata kunci yang kita targetkan.

Orang biasanya akan lebih menyukai melihat halaman blog dalam bentuk bagian-bagian bukan melihat secara keseluruhan.  Mereka akan melihat sekilas judul artikel kita, lalu subjudul, kutipan, kalimat-kalimat yang ditandai untuk segera menemukan informasi yang mereka cari ketimbang harus membaca keseluruhan artikel.

Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa sebuah artikel yang bagus itu biasanya menempatkan rangkaian informasi penting pada bagian paling atas artikel, selanjutnya detail informasi pendukung, terakhir informasi lainnya yang terkait.  Ketiga bagian tersebut bisa kita pisahkan dengan memberikan sub judul.

4. Buatlah teks hyperlink user friendly.

Kita perlu menggunakan kode tertentu pada HTML blog kita untuk menandai teks link yang sudah dikunjungi pembaca.  Dengan menuliskan kode ini akan membantu pembaca agar tidak perlu susah mengingat teks link yang telah mereka klik.  Karena mungkin pembaca sangat tertarik untuk membaca beragam judul artikel atau link di blog kita, sehingga ini akan memperbanyak jumlah page view blog kita

5. Gunakan gambar, grafik pada artikel.

Gambar bisa mewakili ratusan kata, gambar juga bisa mewarnai tampilan blog kita.  Sisipkan gambar yang menarik dan tajam agar enak dilihat.  Tentu saja gambar yang digunakan hendaklah relevan dengan artikel. Dan tampilkan gambar yang tajam dengan ukuran byte sekecil mungkin agar tidak memberatkan proses loading blog kita.

Demikianlah beberapa tips praktis menulis artikel yang disukai pembaca.

Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
abdul majid
admin
2 November 2011 pukul 11.18 ×

Obat tradisional: trima kasih juga telah berkunjung.

Reply
avatar
sweethy
admin
8 Februari 2012 pukul 12.23 ×

makasih atas informasinya.

langkah2nya sangat jelas.

Reply
avatar
abdul majid
admin
8 Februari 2012 pukul 23.17 ×

SWEETHY: Terima kasih juga telah berkunjung.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon