Pertimbangan dalam mendesain website

Terlepas dari apakah anda akan menyewa desainer, gunakan perangkat lunak gratis seperti Wordpress atau pelajari perangkat lunak profesional seperti Adobe Dreamweaver untuk membuat situs anda, atau anda  membuat blog gratis di blogger.com, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda memutuskan tentang konstruksi situs baru anda.

Desain situs yang efektif mencakup banyak faktor dan ini bisa dibagi menjadi tiga kategori:

   1. Tujuan Situs (mengapa)
   2. Fungsi Situs (apa)
   3. Desain Situs (bagaimana)


Jadi, pertama anda perlu menjawab pertanyaan mengapa anda membuat situs. Lalu alat apa yang akan diperlukan untuk memenuhi tujuan dan akhirnya, bagaimana anda bisa mengikat potongan-potongan ini bersama-sama ke dalam desain yang menarik dan fungsional.

Tujuan anda membuat Website :

Sebuah website tanpa tujuan adalah seperti melakukan perjalanan tanpa tujuan. Bagaimana anda tahu kapan anda tiba? seperti kata pepata: "Jika Anda tidak tahu kemana anda akan pergi, jalan mana pun akan membuat anda di sana."

Memilih fungsi Situs Tertentu:

Jika anda telah sering menghabiskan banyak waktu untuk online, anda tahu bahwa jumlah fitur situs yang tersedia tidak terbatas. Beberapa fungsi yang menarik dan menyenangkan, mungkin dapat menambahkan sedikit manfaat untuk mencapai tujuan Anda.

Empat bagian Utama Desain Situs Web:

Dengan telah ditentukannya tujuan pembuatan situs dan fungsi situs, saatnya untuk anda merancangnya. Di sinilah kita mulai merencanakan seperti apa situs akan terlihat, desain keseluruhan, bagaimana konten akan diatur dan bagaimana menavigasi bagian  bagian situs.

Hosting Web

Setelah anda merancang dan membangun situs anda, anda harus memilih hosting web. Sepertinya tugas yang cukup sederhana: Pilih perusahaan Web hosting. Mungkin anda bisa mencari dengan kata kunci "web hosting" dan anda akan melihat hasil pencarian yang Google tampilkan sebanyak ... 193.000.000 hasil pencarian untuk "web host". bingung memilihnya?

Sebelum anda membuat pilihan, anda perlu menentukan dua hal:
  • Apa yang anda Butuhkan?. Anda dapat berbicara dengan desainer Web anda atau orang orang teknis lain dan menentukan apa yang anda butuhkan. Apakah anda memerlukan server Linux atau Windows? bagaimana mengenai situs statis, atau situs dinamis dengan fungsionalitas e-commerce?
  • Apa yang Paling Penting?. Dari daftar di bawah ini, putuskan dulu apa yang benar-benar anda butuhkan. Beberapa host Web menawarkan sesuatu yang unik. Ketahui apa yang pertama anda cari, dan itu akan mempermudah anda dalam menentukan pilihan ketika anda diahadapkan pada banyak pilihan dan banyak perusahaan bahkan malah membingungkan anda. Dengan daftar di tangan anda dan artikel di layar ini, anda akan dapat memilah-milah metodis pilihan berdasarkan kriteria spesifik anda.

Beberapa pemain besar di dunia adalah:

    * Network Solutions
    * Go Daddy
    * AN Hosting
    * Host Gator
    * Hosting Zoom
    * Rack Space

Namun anda bisa juga memilih jasa hosting dalam negeri yang cukup banyak tersedia, berkualitas dan layak anda gunakan.

Satu hal yang merupakan tujuan anda merancang dan membuat website anda, adalah untuk menciptakan bisnis online yang sukses.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
wega
admin
29 Juni 2010 pukul 14.12 ×

situs yg bagus salam kenal

Reply
avatar
29 Juni 2010 pukul 16.24 ×

sungguh bermamfaat pencerahannya, sebenarnya pengen sewa hosting dan domain di luar negeri seperti hostgator atau godaddy, tapi berhubung saya tidak mengerti tentang mendaftar paypal jadi sebuah kendala. Banyak tutorialnya tapi malah membingungkan, ada yang bilang bank A bisa tapi dilain pihak ada yang bilang bank A tidak bisa dan banyk cara2 mengaktifkan akun paypal yang saya baca namun malah membingungkan. mungkin saja saya terlalu awam sehingga tidak bisa mencerna.

Jalan satu-satunya terpaksa hosting di dalam negeri saja, walau bnyk yang mengatakan hosting di dalam negeri terdapat bnyk kekurangan dan resiko.

salam. komentar anda sungguh menarik di blog saya. :)

Reply
avatar
Abdul Majid
admin
2 Juli 2010 pukul 06.57 ×

Untuk memiliki akun di PayPal kita cukup sign up di situs PayPal.com, lalu kita ikuti saja tuntunan dari situs tersebut, di situs tersebut kita bisa melihat daftar bank di Indonesia yang bisa kita gunakan, saya menggunakan Bank BCA. thank komentarnya ya..Planetjingga

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon