Google.com sumber panduan untuk bisnis online

google.com sumber panduan, layanan gratis untuk blogger, dan bisnis online
Kemarin saya surving menjelajah lebih dalam isi perut google.com. Sesuatu yang selama ini saya abaikan. Saya membaca beragam penjelasan tentang layanan google, panduan google untuk bisnis online, baik itu jenis-jenis layanan atau panduan dari google, panduan dan layanan dari partner bisnis google. Singkatnya apapun yang bisa saya baca tentang google, baik ia sebagai search engine maupun google sebagai sebuah bisnis.

Google menyediakan beragam layanan gratis.


Dan informasi yang saya dapatkan memenuhi isi kepala saya dengan asumsi bahwa sebenarnya google telah menyediakan beragam panduan, teknik, tips baik dari google itu sendiri maupun dari sumber yang layak (menurut google) untuk menjadi rujukan sebagain panduan bagi blogger, panduan webmaster, pebisnis kecil. Beragam informasi yang penting tersebut kebanyakan ditulis dalam bahasa inggris. Untuk anda yang bisa memahami bahasa inggris dengan baik tentu saja membaca beragam panduan, petunjuk, tips trik yang disajikan google ataupun partnernya google patut anda lakukan untuk memperluas wawasan pengetahuan seputar search engine, pemasaran online, bisnis, dsb.

Saya sebenarnya ingin sekali menerjemahkan beragam artikel tersebut lalu menerbitkannya di blog ini agar bisa dibaca oleh pengunjung yang tidak bisa berbahasa Inggris, namun takut oom google dan partnernya marah, lalu blog ini kena hukum. Tapi kelak saya akan coba pereteli sedikit demi sedikit informasi penting tersebut, baik berupa informasi panduan SEO, sukses bisnis kecil, marketing plan, dsb. Tapi tentu saja saya akan membuat link menuju sumber.

Bahwa sebenarnya ada banyak panduan, tips dan trik yang dapat kita baca di banyak blog dan website di dunia maya, dan masing-masing panduan, tips, trik, tersebut memiliki banyak kesamaan meskipun tidak benar-benar sama, setidaknya disajikan dengan cara, format yang berbeda menurut selera masing-masing.

Dan saya pikir sebuah panduan, teknik, tips, trik tidak musti merupakan hak milik seseorang. Misalnya panduan cara membuat blog blogspot, siapapun ia, bagaimanapun ia menulis, format apapun yang ia gunakan tetap saja inti dari panduan tersebut sama dengan panduan yang orang lain buat. Karena itu saya menganggap sesuatu yang sudah menjadi kebenaran umum tidak lagi menjadi sebuah rahasia atau hak milik seseorang.

Dan berlandaskan pada pemikiran tersebut saya selalu berusaha menyajikan informasi yang saya dapat dari website lain dengan tidak melanggar hak milik orang atau setidaknya menyediakan informasi dengan tidak melakukan penjiplakan susunan, pola, format yang merupakan milik orang lain, atau yang populer dengan sebutan copy paste.


Baca artikel panduan, layanan google dan ambil manfaat darinya.


Dan akhirnya inti dari tulisan ini adalah bahwa saya sharing pendapat tentang google,  bahwa google telah menyediakan jawaban atas banyak macam pertanyaan terkait dengan search engine dan SEO, dan google juga telah menyediakan panduan, tips, yang ditujukan untuk membantu pebisnis kecil, dan kita penerbit online agar sukses di dunia online, dan dunia off line. Google juga menyediakan layanan gratis yang bisa mempermudah aktifitas online kita, jadi saya pikir rugi bila kita tidak memanfaatkan atau mengabaikan beragam informasi, layanan - layanan penting tersebut.

Untuk anda blogger yang baru membuat blog dan selama ini sibuk mencari informasi, panduan, tips, trik dsb tidak ada salahnya dan malah sangat dianjurkan untuk menjelajah lebih dalam isi perut google, akan baik sekali membaca segala sesuatu informasi yang tersedia di google.com, blog google.com dsb yang ada google.com nya. Tapi tentu saja saya tidak menyarankan anda hanya membaca tulisan oom google dan partnernya, anda perlu juga sering-sering mengunjungi blog bisnis online saya ini.

Demikianlah sedikit sharing informasi semoga menjadi masukan yang bermanfaat.
Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon