Membuat dokumen, download, upload dan menyimpan dokumen secara online dengan Google Docs

membuat dokumen, menyimpan dokumen secara online dengan google docs
Beberapa bulan terakhir ini saya mulai berpikir mencari solusi menyimpan dokumen secara online untuk data penting yang ada di komputer saya. Sebuah tempat penyimpanan dokumen yang memungkinkan untuk bisa diakses dari manapun dan kapanpun saya mau.

Dokumen penting yang saya maksudkan salah satunya adalah sebuah file berisi semua username dan password yang saya gunakan untuk login ke semua akun online saya. Mengingat pengalaman masa lalu dimana beberapa file dokumen yang sangat penting yang tersimpan di harddisk komputer saya tidak bisa dibuka dikarenakan terjadi kerusakan harddisk yang sangat parah, saya mulai memikirkan untuk menggunakan tempat lain menyimpan dokumen.

Buat, edit dan simpan dokumen anda secara online.

Penyimpanan data secara online juga dimaksudkan agar saya bisa membuka  data tersebut tanpa harus membukannya di komputer di rumah saya atau dalam sebuah laptop yang dijinjing kemana-mana, sehingga kapanpun dan dimanapun saya bisa akses internet sang data bisa saya baca.

Penyimpanan dokumen secara online ini juga saya maksudkan untuk antisipasi atas kemungkinan rusaknya harddisk di komputer saya yang bisa berakibat buruk berupa hilangnya semua dokumen penting.

Saya teringat dahulu ketika masih senang-senangnya mengutak atik program FoxPro membuat beberapa aplikasi sederhana, dan juga beberapa darinya aplikasi yang dibuat dalam waktu yang cukup lama yaitu lebih dari 6 bulan. Beberapa bulan berikutnya sang harddisk rusak parah dan sang program berserta source kodenya yang tersimpan dalam harddisk yang dibuat dengan susah payah akhirnya ikut pergi bersama harddisk yang rusak.

Kerugian yang sangat besar saya alami, bayangkan saya bukan ahli dalam otak atik kode program komputer, hanya karena ingin membuat sebuah karya aplikasi komputer, saya rela berjam-jam setiap hari selama lebih 6 bulan memelototi layar komputer bergelut dengan kode program komputer yang bikin kepala pusing dan mata merah. Lalu ketika sang aplikasi selesai dibuat saya harus kehilangan dokumen yang berisi source kode yang amat sangat penting tersebut.

Google Docs solusi penyimpanan dokumen secara online.

Pengalaman tersebut cukup menjadi pelajaran bagi saya untuk mulai menggunakan cara lain menyimpan dokumen penting. Dan pilihan saya jatuh pada Google Docs. Google Docs adalah sebuah fasilitas online google yang populer yang telah lama ada, dan kali ini saya gunakan untuk menyimpan data dokumen secara online.

Jadi untuk anda yang belum mengetahui betapa sebuah solusi penyimpanan dokumen secara online adalah suatu hal yang sangat penting, mulailah berpikir membackup data di komputer anda secara online. Dan Google Docs patut anda jadikan pilihan pertama.

Anda memang bisa membackup data di komputer anda dengan menyimpannya di sebuah flash disk atau dalam sebuah keping dvd writer misalnya. Namun tidak ada salahnya dan bahkan sebaiknya anda menggunakan solusi lain untuk penyimpanan dokumen. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga bila flash disk atau dvd disk tempat anda menyimpan data hilang atau terjatuh di dalam laut misalnya he he he...

Menyimpan data atau dokumen secara online ini juga didasari pada kenyataan bahwa saya tidak akan bisa mengingat username dan password yang saya gunakan untuk login di beberapa akun online saya yang jumlahnya lebih dari 20 buah. Saya sengaja membuat username dan password dengan kombinasi angka dan hurup yang berbeda untuk setiap akun online, tujuannya sekedar berjaga-jaga bila sang password keburu diketahui orang yang tak berhak, akun online lain tidak keburu ikut juga diakses orang.

Jadi mulai sekarang sebaiknya anda mulai memanfaatkan google docs, sebuah fasilitas pendukung dari google yang populer untuk kegiatan online, sebuah fasilitas gratis dari google untuk menyimpan, mengedit, membuat dokumen, dan membagikannya secara online.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Bahrudin
admin
9 Desember 2012 pukul 14.34 ×

Bagaimana Caranya Gan? Saya juga punya Dokumen agar bisa di download oleh pengunjung.

Reply
avatar
abdul majid
admin
27 Desember 2012 pukul 17.01 ×

Bahrudin: Coba Bahrudin ikuti panduan diatas, menggunakan google docs tidak sulit. Sekarang ini namanya berganti menjadi google drive. link google drive biasanya terlihat di halaman pencarian google.

Reply
avatar

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon