Cara pemasaran produk untuk pebisnis pemula

Kebanyakan pebisnis pemula mempercayai bahwa semua apa yang mereka perlu lakukan dalam pemasaran produk adalah sign up akun twitter, akun facebook, menulis posting tentang sebuah penawaran khusus, dan menampilkan iklan, brosur dsb. 

Dengan hanya menjadikan produk dan layanan kita terlihat tidak menjamin siapapun akan peduli pada brand kita. Orang-orang sudah terlalu banyak dijejali dengan beragam pesan pemasaran setiap hari, yang hal itu tentu saja sulit bagi pemilik bisnis kecil menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk membeli. 

Dalam rangka agar bisnis kita sukses menarik konsumen, promosi dan taktik yang kita lakukan hendaklah kreatif, berupa pesan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen pada situasi dan kondisi yang tepat.

Berikut ini beberapa saran cara pemasaran produk untuk pebisnis pemula yang digunakan oleh banyak pebisnis sukses dalam meningkatkan penjualan dan membangun brand . 

1. Menjalin hubungan dengan pebisnis lain.


Kita perlu melakukan promosi bersama dengan pembuat produk lain.  Misal kita pembuat pakaian, bukankah pakaian pasti dikenakan bersama dengan aksesoris pendukung, misalnya kita perlu melakukan kerjasama dengan produsen sepatu, aksesoris yang dikenakan di tangan, dll. 

Kita perlu melakukan kampanye promosi untuk menyebarkan informasi tentang industri kita dan bekerja sama dengan bisnis lain untuk melakukan kerjasama promosi.

2. Apa yang konsumen kita butuhkan.


Kita tidak hanya perlu melakukan sebuah aktifitas bisnis yang monoton dalam berinteraksi degan klien kita misalnya, mungkin ada banyak konsumen atau klien yang membutuhkan rasa lain dalam interaksi dengan kita. Misalnya pendekatan dan perlakuan personal dll.

3. Ambil manfaat dari topik yang sedang populer.


Salah satu cara terbaik untuk sukses mempopulerkan bisnis kita adalah dengan mengambil manfaat dari sebuah topik, kasus, kejadian yang sedang populer dibicarakan di masyarakat. Misalnya disaat sebuah layanan dari sebuah produsen lain mengecewakan banyak konsumen, kita tampilkan produk dan layanan kita sebagai sebuah solusi memenuhi kebutuhan konsumen dengan nilai kepuasan lebih. 

Atau misalnya saat video lucu polisi Norman Kamaru sedang begitu populer, kita bisa membayarnya untuk menggunakan atau mengenakan produk kita dengan menonjolkan identitas atau brand yang melekat pada produk tersebut. Tanpa memberi kesan ia sebagai bintang iklan produk kita 

Ketimbang menjadikan publik figur sebagai bintang iklan di media massa, akan lebih efektif bila sebuah produk terlihat langsung dikenakan oleh sang fublik figur. Sehingga terkesan sang figur menggunakan produk kita bukan karena dibayar melainkan secara alami mereka adalah konsumen produk kita (iklan terselubung). 

4. Kekuatan video.


Sebuah video yang akhirnya populer akan memberi dampak yang besar untuk produk dan layanan kita. Kita bisa membuat sebuah video yang padanya kita melekatkan brand kita. 


5. Kontes dan Kompetisi.


Gunakan media sosial pertemanan misal twitter, facebook untuk mengadakan sebuah kontes untuk bisnis kita. Ajukan pertanyaan kepada pengunjung/konsumen, lalu undi jawaban-jawaban dari konsumen untuk mendapatkan pemenang. Bisa juga dengan mengadakan kompetisi menulis artikel tentang produk atau layanan kita. Pemenang mendapatkan hadiah atau diskon layanan kita. 

Dengan cara ini, kita memiliki ratusan orang-orang berbicara tentang merek kita kepada publik, tapi kita hanya perlu untuk menghargai sangat sedikit pemenang. Melakukan kontes mingguan dan / atau bulanan adalah cara yang bagus untuk menyebarkan merek kita secara konsisten dan terus menerus kepada masyarakat.

6. Kirim produk kepada publik figur yang berpengaruh.


Secepatnya kirim produk terbaru atau brand kita ke klien agar produk kita menjadi yang pertama yang mereka ketahui. Misalnya, jika kita menjual barang dapur, bersamaan dengan alat pembuat roti yang kita kirim sertakan juga roti yang masih segar hasil buatan menggunakan alat yang kita kirimkan.

7. Pasang iklan di tempat dan media yang memungkinkan dan berbiaya murah.


Pikirkan tentang berapa banyak kita mengemudi selama seminggu dan berapa banyak orang yang melihat kendaraan kita saat melintas dan berada di lampu merah. Tempelkan tulisan pada mobil kita yang berupa pesan iklan sehingga ia menjadi iklan berjalan yang akan terlihat oleh banyak orang. Bahkan jika itu hanya berupa alamat website atau blog kita. Orang akan segera merekam dalam ingatan mereka lalu akan mencari tahu tentang apa yang mereka lihat di body kendaraan kita.


Previous
Next Post »

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BAIK DAN BENAR. KOMENTAR MENGGUNAKAN KATA DENGAN EJAAN YANG TIDAK BAKU AKAN DIHAPUS. TERIMA KASIH ConversionConversion EmoticonEmoticon